Umum di Masyarakat, Inilah Pengertian dan Jenis-Jenis Koperasi Simpan Pinjam

Posted on

Istilah koperasi tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Hal ini karena transaksi kredit melalui koperasi sudah sangat umum dilakukan oleh masyarakat. Baik berupa dana ataupun barang.

Lalu apa itu koperasi? Koperasi simpan pinjam uang atau koperasi kredit adalah salah satu lembaga keuangan yang bukan bank dengan kegiatan usaha yang akan menyediakan atau meneriman simpanan dan meminjamkan dana kepada anggotanya dengan suku bunga yang serendah-rendahnya.

Adapun modal koperasi sendiri berasal dari modal kredit yaitu modal yang didapat dari himpunan anggota, koperasi lain, dan atau anggotanya, bank atau lembaga keuangan lainnya. Selain itu didapat pula dari modal sendiri yang berasal dari anggota koperasi tersebut.

Adapun jenis-jenis simpanan yang ada pada  koperasi kredit ini adalah sebagai berikut.

– Simpanan pokok, merupakan simpanan yang telah diwajibkan kepada anggota koperasi saat orang tersebut  pertama kali bergabung sebagai anggota.

– Simpanan wajib, merupakan simpanan yang telah diwajibkan kepada setiap anggota untuk periode tertentu dan jumlah anggaran yang telah ditentukan.

– Simpanan bebas atau sukarela, merupakan simpanan yang secara sukarela sukarela diberikan oleh anggota koperasi kepada pengurus tanpa batasan atau ketentuan waktu. Simpanan ini pun dapat diambil kapan saja.

Modal yang telah dikumpulkan sesuai dengan yang telah dijabarkan diatas, kemudian akan di kelola dengan dipinjamkan kembali kepada para anggota. Pada umumnya, untuk pinjaman uang akan diberikan dengan alasan yang jelas. Hal ini tentu menghindari penyalah gunaan dana hasil peminjaman kepada koperasi.

Namun terkadang boleh digunakan pula untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari. Tentunya peminjaman harus dilakukan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi si peminjam.

Adapun bidang usaha koperasi kredit ini meliputi hal-hal seperti pengumpulan dana secara penuh dan semaksimal mungkin berupa simpanan ataupun tabungan para anggota. Kemudian koperasi kredit juga meliputi kegiatan penyaluran bantuan peminjaman kepada para anggota untuk suatu keperluan yang mendesak.

Disamping itu, koperasi kredit pun bergerak untuk memberikan tambahan modal usaha berupa biaya perluasan usaha dan hal-hal terkait. Tidak hanya peminjaman, koperasi kredit pun melayani pembelian maupun penjualan barang yang dibayar secara berangsur atau kredit.

Itulah sepintas penjelasan soal koperasi simpan pinjam yang mungkin dapat menjadi pengetahuan bagi Anda. Semoga bermanfaat.