Tips Mengelola Uang Pinjaman Agar Tepat Sasaran

Posted on

Sebuah proses peminjaman uang atau kredit selalu mampu menjadi bantuan yang sangat berharga baik dari segi bisnis maupun personal. Akan tetapi jika Anda tidak mampu mengelola uang tersebut dengan baik dan bijak, justru malah akan menyeret Anda ke dalam situasi berbahaya. Bisa saja Anda mengalami kebangkrutan dan permasalahan finansial lainnya. Anda harus pandai mengelola keuangan termasuk uang kredit tersebut.

 

Berikut ini beberapa tips bijak mengelola uang kredit agar tepat sasaran. 

 

Memahami Tujuan Kredit

Saat Anda membutuhkan uang pada waktu yang mendesak, Anda bisa mengandalkan pinjaman cepat. Namun, sebelumnya Anda perlu memahami tujuan ketika meminjam uang. Uang tersebut khusus untuk tujuan awal yang direncanakan. Kemudian, tentukan juga tenor waktu yang dibutuhkan dalam pinjaman tersebut. Perkirakan berapa lama waktu yang Anda butuhkan agar mampu melunasi pinjaman tersebut.

 

Lakukan Perhitungan

Sebelum meminjam uang, Anda perlu melakukan perhitungan menyeluruh agar segala kebutuhan yang harus dipenuhi selama prosesnya bisa tepat sasaran. Contohnya pinjaman untuk kepentingan pengembangan bisnis. Hitunglah berapa dana yang dibutuhkan untuk memperluas inventori, untuk membangun gudang baru, menyewa karyawan, kebutuhan logistik lain, dan sebagainya.

 

Pisahkan Dana Pinjaman dengan Budget Pribadi

Pisahkan budget antara untuk pinjaman serta untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Sesuaikan dengan perhitungan dan alokasi masing-masing. Dengan begitu maka uang tersebut bisa semakin tepat sasaran dan budget lain tidak terganggu dalam prosesnya. Selain itu Anda juga akan lebih mudah dalam mengatur cashflow, sehingga dana yang tersedia bisa digunakan untuk kepentingannya masing-masing sesuai rencana keuangan Anda.

 

Catat Seluruh Arus Kas Anda 

Berikutnya Anda perlu mencatat berapa jumlah total dana hasil peminjaman tersebut, berapa bunganya, berapa yang harus Anda bayar setiap bulan, berapa pendapatan Anda, hingga pengeluaran per bulan. Bila perlu buatlah pembukuan khusus agar setiap uang termasuk uang hasil kredit bisa terkontrol dengan baik dan rapih. 

 

Itulah beberapa tips mengelola uang hasil pinjaman agar bisa tepat sasaran dan sesuai tujuan. Intinya Anda harus pandai mengelolanya mulai dari sebelum melakukan kredit sampai kredit tersebut selesai.