tips agar tidak salah dalam memilih jasa arsitek

3 Tips Agar Tak Salah Pilih Arsitek Dalam Membangun Rumah Impian Anda

Posted on

Membangun sebuah rumah bukanlah sekedar sebagai tempat berlindung saja. Mengingat hunian merupakan investasi jangka panjang tentunya dan Anda harus memikirkan banyak aspek untuk mewujudkannya, seperti fungsi yang terarah, estetika yang sesuai selera Anda serta kualitas bangunannya yang memenuhi tingkat standar keamanan. Nah untuk mewujudkan hunian yang sedemikian rupa tersebut haruslah didukung dan dibantu oleh tenaga ahli yang professional dalam bidangnya, dalam hal ini adalah profesi arsitek.

Mengapa memakai jasa arsitek sangat lah penting? Pasalnya untuk mengerjakan desain bangunan rumah dengan coretan Anda sendiri, dikhawatirkan konsep dan tata letak ruang yang Anda buat akan amburadul dan tidak cocok dengan struktur yang seharusnya. Belum lagi waktu dan anggaran akan membengkak karena desainnya kurang efisien dan memiliki dimensi dan bentangan yang tidak semestinya. Supaya hunian idaman Anda itu dapat tertangani oleh arsitek professional, berikut penulis terangkan 3 tips agar tak salah pilih arsitek yang wajib Anda ketahui.

3 Kiat Agar Tak Salah Pilih Arsitek

1. Melihat Portofolio Arsitek

Banyaknya portopolio yang dimiliki seorang arsitek maka kancahnya di dunia arsitektur bisa dibilang sangat berpengalaman dalam memegang proyek pembangunan. Hasil portofolio dari arsitek professional biasanya akan memiliki kualitas gambar yang bagus dan terlihat halus serta mirip dengan aslinya. Nah melalui identifikasi portofolio yang dimiliki arsitek tersebut, Anda sudah dapat menentukan kualitas serta kuantitasnya jasa yang diberikannya.

Penulis sendiri dulu pernah memiliki pengalaman dalam memakai jasa arsitek sewaktu penulis membangun rumah bersama suami yang bisa penulis share disini. Waktu itu penulis memakai konsultan arsitektur dari Arsitek Online (alamat webnya bisa Anda sambangi di sini Arsitek). Menurut apa yang penulis dapatkan dengan konsultan arsitek ini, cukup memuaskan karena desain rumah yang penulis inginkan bisa diwujudkan secara tepat dan sesuai dengan keinginan. Kalau dilihat dari kualitas gambar yang dihasilkan, cukup diatas rata-rata dan sangat cantik. Lalu mengenai biaya desainnya juga cukup murah dan sesuai dengan budget yang telah kami siapkan.

Trik Jitu Agar Tidak Salah Dalam Memilih Arsitek Saat Membangun Rumah Impian Anda

trik memilih arsitek

2. Memiliki Brand dan Alamat Jelas

Trik agar tak salah pilih arsitek selanjutnya adalah dengan memilih jasa arsitek yang memiliki brand dengan alamat yang jelas. Pasalnya arsitek yang sudah memiliki brand tidak diragukan lagi kualitasnya dalam menggarap sebuah proyek pembangunan berskala besar maupun kecil. Pastikan pula bahwa arsitek yang Anda rekrut untuk membantu proses pembangunan atau renovasi rumah Anda memiliki alamat yang jelas dan juga memiliki alamat email yang bukan dari email gratisan seperti gmail ataupun yahoo, tapi memiliki alamat email yang mengarah ke website si arsitek itu seperti info@namaarsitek dot com.

3. Melihat Kepribadiannya

Selain melihat hasil kerjanya, Anda juga harus mengenal pribadi arsitek tersebut untuk memudahkan berkomunikasi. Pilihlah arsitek yang memiliki kepribadian sesuai keinginan Anda, sebab proyek ini akan berjalan dalam kurun waktu yang relatif lama. Dengan mengetahui kepribadian arsitek Anda juga mudah berkomunikasi untuk mengutarakan keinginan dengan jelas. Caranya dengan melihat cara mereka membalas chat Anda, baik di WA maupun sms. Arsitek yang berkepribadian baik akan membalas chat Anda dengan kalimat yang tertata rapi dan sopan. Selain fast response, juga tetap membalas WA Anda walaupun di luar jam kantor.

Itulah tadi 3 tips agar tidak salah pilih arsitek yang bisa penulis bagikan kepada seluruh pembaca pada kesempatan kali ini. Meski tak sulit mencari jasa arsitek, namun arsitek yang mengerti keinginan dan mampu merealisasikan desain dan gambar rencana rumah impian Anda dengan sempurna tidak mudah untuk dicari. Selamat mencoba, terima kasih.