Solusi Kredit Tanpa Agunan, Inilah Keunggulan dan Kekurangan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Posted on

Kredit tanpa agunan merupakan produk layanan bank yang diberikan untuk meminjamkan dana pada nasabah tanpa meminta agunan ataupun jaminan dari debitur.

Adapun keunggulan dari kredit tanpa agunan adalah sebagai berikut.

 Syarat Lebih Mudah Dibanding Kredit Multiguna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kredit tanpa agunan diberikan kepada calon debitur tanpa harus adanya syarat pengajuan agunan. Hal tersebut tentu saja sangat membantu terhadap Anda yang tidak memiliki aset seperti rumah atau mobil ataupun yang lainnya.

Cukup dengan fotokopi KTP, kartu keluarga serta catatan pembayaran kartu kredit dari bulan yang terakhir kali dibayar serta formulir sebagai kelengkapan dokumen. Pun untuk pengisian formulir terkadang bisa secara online dalam website bank tertentu, sehingga Anda tidak perlu ke bank.

Masa Pencairan Cepat, Bisa Kurang Dari 3 Hari

Keunggulan lainnya dari pinjam dana melalui KTA yaitu dapat digunakan sebagai dana darurat atau dalam situasi mendesak lainnya. Pencarian dapat keluar dalam 2 sampai 3 hari setelah persyaratan terpenuhi.

(Gambar KTA)

Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan

Saat ini sangat banyak bank yang menyediakan layanan ini, sehingga Anda pun tidak akan bingung mencari produk KTA ini. 

Disamping adanya keunggulan, pasti ada kelemahan. Adapun kelemahan dari KTA adalah sebagai berikut.

Bunga KTA Relatif Tinggi

Penyebab bunga yang tinggi pada produk layanan ini adalah karena tidak adanya syarat atau agunan yang diajukan kepada calon debitur. Demikianlah bunga menjadi banyak dibebankan pada debitur. 

Harus Punya Kartu Kredit Lebih Dulu

Banyak orang yang gagal dalam melakukan pinjaman ini adalah syarat bahwa sang calon debitur harus memiliki kartu kredit selama setahun. Atau paling tidak dengan menggunakan layanan payroll dari bank tersebut.

 

Limit Kecil, Sehingga Masa Tenor Relatif Pendek

Limit yang disediakan hanya sampai 200 juta rupiah, sehingga tidak dapat menyesuaikan dengan harga agunan. Limit yang diberikan akan disesuaikan dengan limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur. Demikian pula masa tenor menjadi relatif singkat.

Itulah keunggulan dan kelemahan dari pinjam dana melalui kredit tanpa agunan. Akan lebih baik jika Anda lebih teliti sebelum mengambil keputusan.