Sektor Yang Terbantu Dengan Perkembangan IT

Posted on

Sektor Yang Terbantu Dengan Perkembangan IT – ObaT-ObaT tradisional di zaman dahulu umumnya diramu oleh seorang tabib yang merangkap filsuf. Pasalnya, saat itu penyakit dianggap sebagai terganggunya keseimbangan manusia dengan alam. Ada banyak filosofi kehidupan dan alam yang saat itu menjadi dasar pengembangan obat. Ketika zaman makin modern, tentu pengembangan obat juga mengalami berbagai kemajuan dan sentuhan teknologi.

Pengembangan obat di zaman modern banyak melibatkan penelitian ilmiah dan tak jarang melibatkan berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Teknologi kini banyak dilibatkan dalam pengembangan obat, security, game, termasuk tentunya TI alias teknologi informasi. TI banyak dimanfaatkan antara lain untuk melakukan simulasi dan prediksi perilaku/pergerakan obat di dalam tubuh atau untuk mencari komposisi bahan aktif paling ideal. Keuntungan yang didapat antara lain adalah efisiensi biaya dan waktu karena mengurangi penggunaan kelinci percobaan di laboratorium. Berikut ini adalah lima sektor dalam pengembangan obat yang sangat terbantu dengan adanya TI.

Toksisitas
Toksisitas merupakan kemampuan suatu bahan untuk menimbulkan kerusakan apabila dikonsumsi atau digunakan pada kulit. Saat dimanfaatkan dengan dosis tertentu, sebuah bahan bisa berfungsi sebagai obat, tetapi jika berlebihan bisa saja beracun. Saat pengembangan obat baru atau penyempurnaan yang telah ada, akan lebih aman jika tingkat toksisitas ini bisa diprediksi melalui aplikasi komputer daripada diujikan ke hewan. Alat bantu berbasis TI yang bisa digunakan antara lain adalah bahasa pemrograman OpenTox, Bioclipse, Pro-Tox-II, dan Lazar. Umumnya, aplikasi tersebut akan membandingkan sebuah bahan yang diuji dengan basis data yang dimiliki. Selanjutnya, aplikasi itu akan mengalkulasi tingkat toksisitasnya.

Penambatan Molekuler
Penambatan molekuler merupakan salah satu metode untuk melakukan prediksi terhadap interaksi antarmolekul. Molekul yang diuji dapat berupa protein (termasuk enzim), DNA, karbohidrat, dan lemak. Dalam penambatan molekuler dilakukan simulasi terhadap sebuah molekul obat (disebut dengan ligan) yang ditambatkan dengan reseptor. Reseptor adalah bagian tubuh yang menjadi target obat. Dari hasil simulasi akan diketahui bagaimana interaksi antara ligan dengan reseptor, sehingga dapat diprediksi aktivitasnya. Hasil simulasi ini akan mempermudah pengembangan obat-obatan baru. Ada cukup banyak peranti lunak untuk penambatan molekuler seperti AutoDock, Blaster, CABS-Dock, dan MOLS.

Sistem Keamanan Elektronik
Kini banyak sekali sistem keamanan berbasis perangkat elektronik yang sangat terbantu dengan perkembangan IT. Contohnya saja kamera CCTV. Untuk memantu CCTV tidak hanya melalui layar televisi saja, melalui perangkat ponsel yang terkoneksi dengan internet kita bisa memantu CCTV. Hal ini lebih praktis dan mudah dalam memantu apa yang disorot CCTV.

Absorpsi Perkutan
SaLah SaTu jenis obat yang sering digunakan adalah obat luar atau disebut juga obat topikal, misalnya salep, gel, atau balsam. Meskipun dioleskan ke kulit dan tidak masuk ke dalam tubuh, tetapi sebenarnya tetap ada obat yang meresap masuk. Proses meresapnya obat luar ke dalam tubuh ini yang disebut dengan absorbsi perkutan. Kecepatan absorbsi ini perlu dihitung dengan akurat untuk menentukan dosis obat yang akan dipergunakan. Selain itu, perlu juga disimulasikan model absorbsinya. Nah, perhitungan dan simulasi itu bisa dilakukan menggunakan program komputer. Peranti lunak yang sering digunakan dalam simulasi proses absorbsi perkutan adalah Sampa dan Skin-CAD.

Game
Bandingkan grafis game di tahun 97 dengan tahun sekarang, pasti game tahun sekarang terlihat lebih bagus, lebih menarik dan lebih nyata. Semua itu berkat perkembangan IT yang kian canggih sehingga dapat diciptakanlah sebuah game yang lebih baik dari versi sebelumnya. Perusahaan poker online terbaik adalah salah satu vendor game yang selalu memanfaatkan teknologi IT dalam pengembangan game ciptaanya.

Desain Eksperimen
pengembangan obat, diperlukan adanya desain eksperimen, misalnya saja untuk menentukan komposisi bahan terbaik jika ada tiga senyawa yang akan digunakan sebagai bahan aktif penyusun obat. Salah satu aplikasi desain eksperimen yang relatif sering digunakan adalah Design-Expert dari Stat-Ease. Design-Expert sejatinya merupakan aplikasi pengolah statistik yang memiliki kelebihan dalam hal kemampuan desain eksperimen. Pendekatan olah statistik DesignExpert berbeda dengan peranti lunak pengolah statistik lain seperti SPSS. Dengan Design-Expert, bisa dihitung efek yang dihasilkan untuk berbagai komposisi senyawa sehingga ditemukan komposisi yang tepat untuk dijadikan obat.