Ramadan: Bulan Paling Favorit

Posted on

Ramadhan ada di sini, dan ini adalah bulan yang paling ditunggu untuk hampir semua Muslim! Umumnya dikenal sebagai bulan puasa dan bulan memberi. Singkatnya, Ramadhan adalah sebulan jika dilakukan dengan benar oleh seorang Muslim, akan membantu untuk memurnikan jiwanya dan membawanya lebih dekat kepada Allah (SWT).

Al-Qur’an juga menyebutkan tentang kemuliaan Ramadhan: –

“Bulan Ramadhan [adalah bahwa] di mana diturunkan Al-Qur’an, pedoman bagi orang-orang dan bukti yang jelas dari pedoman dan kriteria. Jadi siapa pun yang melihat [bulan baru] bulan, biarkan dia berpuasa; dan siapa pun yang sakit atau dalam perjalanan – maka jumlah yang sama dari hari-hari lain. Allah ingin Anda lebih tenang dan tidak ingin Anda mengalami kesulitan dan [ingin] agar Anda menyelesaikan periode itu dan memuliakan Allah untuk [yang] yang telah Dia tunjuki kepada Anda; dan mungkin Anda akan berterima kasih . ” (Al Quran 2: 185)

Ramadan juga secara signifikan dikenal sebagai bulan di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi (SAW) sebagai pedoman bagi umat manusia. Namun terlepas dari ini, ada juga beberapa alasan lain yang membuat seorang Muslim sangat jatuh cinta pada bulan ini!

Laylatul Qadr

Ayat pertama Quran diturunkan pada malam Laylatyul Qadr (Malam keputusan). Itu jatuh di salah satu malam aneh di sepuluh hari terakhir Ramadhan. Malam Laylatul Qadr dikenal lebih baik dari seribu bulan; perbuatan baik yang dilakukan dalam satu malam ini lebih baik daripada yang dilakukan lebih dari seribu bulan. Dengan itu, sangat dianjurkan untuk meningkatkan pengabdian dan doa selama malam khusus ini.

“Sayyidatina Aisha  (ra) melaporkan: Dengan dimulainya sepuluh hari terakhir Ramadhan, Nabi  (saw) biasa mengencangkan ikat pinggangnya (yaitu bekerja lebih keras) dan digunakan untuk berdoa sepanjang malam, dan digunakan untuk membuat keluarganya tetap terjaga. untuk doa-doa. ” Bukhari )

Mengampuni Dosa dan Meningkatkan Pahala

Tidak makan dan minum dari fajar hingga senja demi Allah (SWT) membuat umat Islam lebih kuat dalam iman mereka dan membawa mereka lebih dekat kepada Allah (SWT). Sebagaimana Allah (SWT) telah berjanji dalam Al Qur’an bahwa,

“Hai kamu, yang beriman, memutuskan kamu berpuasa seperti yang ditentukan pada orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi benar”   (Al Quran 2: 183)

Ramdan bulan Global Shadaqah

Ada hadis yang mendorong umat Islam untuk berpuasa dengan iman sehingga semua dosa masa lalu mereka dapat diampuni dan mereka dihargai sangat.

Dikisahkan Abu Huraira (ra): Rasulullah (saw) mengatakan: “… siapa pun yang berpuasa selama bulan Ramadhan karena iman yang tulus dan berharap untuk mendapatkan pahala Allah, maka semua dosa masa lalunya akan diampuni.” (Bukhari).

Ramadan: Bulan Paling Favorit

Rasulullah (saw) mengatakan: “Siapa pun yang membaca surat dari Kitab Allah akan menerima hasanah (perbuatan baik) darinya (yaitu pembacaannya), dan hasanah dikalikan dengan sepuluh. Saya tidak mengatakan bahwa Alif-Laam-Meem adalah (dianggap sebagai) sebuah surat, melainkan Alif adalah sebuah surat, Laam adalah sebuah surat, dan Meem adalah sebuah surat. ” (Tirmidzi)

 

Menyingkirkan Kebiasaan Buruk

Mukjizat Ramadhan adalah bahwa ia tidak hanya menyucikan jiwa tetapi juga tubuh fisik orang-orang beriman. Bulan ini tidak hanya untuk berpantang makanan, minum dll. Pada siang hari tetapi juga dianjurkan bagi orang percaya untuk menghabiskan lebih banyak waktu mengabdikan diri kepada Allah (SWT) melalui doa dan melakukan perbuatan baik. Juga, mereka didorong untuk tidak membuang-buang waktu dengan sia-sia seperti menonton film dll.

Melalui puasa, Ramadhan mengajarkan Anda kontrol diri dan membuka jalan menuju gaya hidup sehat. Juga selama bulan ini, seorang mukmin didorong untuk lebih berbelas kasih dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang miskin, dan memahami penderitaan mereka yang sebenarnya, dll. Untuk seluruh bulan Ramadhan, kami didorong untuk berjalan dengan sepatu orang yang kurang beruntung dan bersyukur. kepada Allah (SWT) untuk semua yang kita diberkati.

Ramadan: Bulan Memberi

Zakat Al-Fitr adalah amal yang diberikan pada akhir bulan Ramadhan. Diharapkan bahwa melalui kinerja Zakat Al-Fitr, keserakahan dihilangkan dari hati orang-orang beriman dan bantuan keuangan lebih lanjut diberikan kepada orang miskin dan yang membutuhkan. 

Selain itu, beberapa Muslim juga lebih suka memberikan zakat wajib selama bulan ini karena hadiah untuk perbuatan baik lebih besar di bulan ini.

Perayaan

Selama berbuka puasa, umat Islam akan menghiasi meja makan mereka dengan berbagai hidangan dan hidangan untuk mengobati diri mereka sendiri setelah berpuasa sepanjang hari – dari pagi hingga sore. Biasanya seluruh keluarga berkumpul untuk berbuka bersama, yang membuatnya menjadi lebih istimewa dan menyenangkan. Melalui tindakan ini, ikatan yang lebih besar antara anggota keluarga dan teman akan tercapai.

Gathering of Families & Friends

Selama Ramadan, biasanya orang akan mengundang kerabat / teman untuk berbuka puasa. Ini adalah bulan untuk mengampuni dan mencari hadiah; keluarga yang menyimpan dendam sepanjang tahun saling memaafkan demi Allah (SWT) dan saling merangkul dengan cinta. Setelah melakukan sholat isha, akan ada tambahan shalat wajib di bulan Ramadhan, yang dikenal sebagai Tarawwih. Selama shalat Tarrawih, umat Islam terlepas dari semua kelas dan status berdiri bahu membahu dan berdoa bersama.

Kesimpulan

Dari semua bulan, Muslim paling suka Ramadhan terutama karena imbalan yang lebih besar ditemukan di bulan ini. Ketika seseorang tidak makan atau minum sampai senja, dia belajar kelaparan orang miskin dan secara tidak langsung akan terlibat dalam kegiatan amal yang lebih. Akhirnya, ini adalah bulan yang diberkati karena lebih dekat dengan Allah (SWT) dan menghabiskan lebih banyak kegiatan berkumpul dengan keluarga dan teman-teman dan juga Muslim lainnya dengan menunjukkan cinta dan perhatian kepada mereka semua.