produsen tas ransel

Inilah Proses Pembuatan Tas di Produsen Tas Ransel

Posted on

Produsen tas ransel merupakan tempat pembuatan produk tas khusus jenis tas ransel, namun juga terkadang menerima pesanan untuk jenis tas lainnya. Sekarang sangat mudah untuk ditemukan produsen tas ransel di berbagai tempat.

Jenis tas ransel sendiri merupakan salah satu jenis tas yang paling digemari oleh masyarakat, sebab penggunaanya sangat multifungsi serta sangat nyaman saat dipakai. Dengan ukuran ruang yang besar akan mempermudah membawa barang yang banyak dan berat.

Hal itulah yang menyebabkan banyak orang menggunakan tas ransel untuk berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari sekolah, bekerja, hingga jalan-jalan. Permintaan pemesanan jenis tas ini di produsen tas juga tidak pernah sepi.

Pemesanan di jasa konveksi tas biasanya dalam jumlah besar yang dilakukan oleh sebuah instasi maupun komunitas tertentu. Mungkin diatara kalian juga pernah menggunakan jasa konveksi tas untuk membuat berbagai jenis tas, termasuk tas ransel ini.

Namun pernahkan anda berfikir bagaimana proses pembuatan tas dari bahan baku hingga produk tas sampai ke tangan anda? Nah kali ini kita akan membahas tahapan proses produksi tas di produsen tas ransel dari tahap bahan baku hingga tas sudah siap pakai di tangan anda.

Proses Pembuatan Tas di Produsen Tas Ransel

produsen tas ransel

Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembuatan tas ransel hingga tas siap pakai. Setiap tahapan harus dilakukan sesuai standar yang sudah ditetapkan agar hasil tas ransel memuaskan dan sesuai keinginan pelanggan.

Produsen tas ransel merupakan kategori perusahaan garmen yang mana fokus produksinya berhubungan erat dengan mesin jahit dan bahan kain. Berikut proses tahap pembuatannya.

1. Proses Pembuatan Pola

Hal utama sebelum memulai proses ini adalah menyediakan alat dan bahan berkualitas yang diperlukan. Tentunya bahan dan alat yang dibutuhkan untuk setiap jenis tas ransel tidak selalu sama. Setelah memutuskan model tas ransel seperti apa yang akan dibuat, bahan selanjutnya melalui proses pembuatan pola.

Ini akan menentukan seperti apa bentuknya nanti. Selain itu, polanya membuat tas semakin bagus dan simetris. Jika tas yang dibuat berisi gambar atau teks tertentu, biasanya gambar tersebut dicetak terlebih dahulu sebelum pola dibuat.

2. Pemotongan Bahan

Setelah pola selesai, proses selanjutnya adalah pemotongan bahan. Ini untuk membuat kain lebih mudah dijahit. Mesin yang digunakan untuk memotong adalah gunting atau alat potong canggih. Semakin besar pabriknya, semakin canggih peralatan yang digunakan.

Ini terkait dengan waktu dan efisiensi hasil. Proses pemotongan yang baik akan menentukan perubahan bentuk selanjutnya dan akan memberikan efek yang layak pada bentuk tas yang dihasilkan.

3. Proses Menjahit di Produsen Tas Ransel

produsen tas ransel

Jika bahan tas sudah di gunting polanya. Bahan tersebut kemudian masuk ke proses penyatuan yaitu dengan cara menjahit. Ini membutuhkan keahlian khusus.

Semakin rumit bentuk tasnya, semakin rumit pula metode penjahitannya. Produsen tas ransel sangat berhati-hati dalam membuat tas yang rapi. Menggunakan mesin jahit akan mempercepat produksi tas ransel.

4. Finishing

Ini adalah proses selanjutnya yang dilalui tas setengah jadi. Mengapa tas disebut setenagh jadi? Karena ketiga proses di atas, tas ransel belum bisa digunakan.

Proses finishing ini memperhalus bentuk. Seperti pemasangan resleting dan aksesoris lain yang mungkin dibutuhkan untuk mempermanis tampilan tas ransel. Semua proses berjalan di sini.

5. Kualitas Kontrol

Yang tidak kalah penting dalam proses pembuatan tas di produsen tas ransel ini adalah proses QC atau quality control. Bagian ini meninjau kembali produk tas jadi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tas ransel yang dikirim ke konsumen benar-benar tidak rusak, aman dan siap pakai.

6. Pengemasan Oleh Produsen Tas Ransel

Proses terakhir ini cukup sederhana. Yaitu proses pengemasan yang dilakukan oleh produsen tas ransel. Hal ini dilakukan untuk memastikan untuk menghindari kotoran yang mungkin akan menempel pada tas sebelum sampai ke konsumen

Semakin banyak produk tas ransel yang dibuat semakin lama juga proses pengemasan. Namun akan lebih cepat jika menggunakan mesin pengemasan otomatis. Proses terakhir ini merupakan proses yang harus dilakukan pordusen tas sebelum produk tas  ransel sampai ke tangan pelanggan.

Itulah tahapan yang dilakukan dalam proses pembuatan tas yang dilakukan oleh produsen tas ransel. Setiap tahapan memiliki peran dalam menentukan kualitas tas ransel itu sendiri. Dengan melaksanakan tahapan yang sesuai dan dilakukan dengan baik akan berdampak kepada hasil produk yang dihasilkan. Penting untuk mengetahui setiap tahapan proses pembuatan tas, baik bagi konsumen maupun orang yang ingin terjun ke usaha ini.