wisata-citumang-pangandaran

Pesona Alam Wisata Citumang Pangandaran

Posted on

Wisata Citumang Pangandaran adalah salah satu tujuan wisata yang ada di Pangandaran. Saat ini objek wisata Pangandaran di Citumang dikunjungi oleh wisatawan yang tidak hanya lokal tetapi juga memiliki banyak kunjungan wisatawan dari luar negeri sehingga kini berganti nama menjadi Green Valley Citumang menjadi lebih global.

Citumang sendiri adalah objek wisata alam dimana wisatawan dapat menemukan sungai dengan air jernih biru dikelilingi oleh pepohonan rindang, udara sejuk, suara binatang hutan yang tidak pernah sepi dan suasana alam terasa pas saat dijadikan tempat bersantai, kelelahan dan kehidupan suasana sibuk daerah perkotaan. Tidak hanya itu Citumang juga menawarkan wisata arung jeram badan air di mana wisatawan berenang di sepanjang perairan jernih menggunakan sabuk pengaman dengan durasi 3-4 jam.

Untuk dapat mencapai lokasi wisata Citumang Pangandaran ini selain menggunakan kendaraan pribadi dapat dilalui dengan beberapa cara, para wisatawan pertama dapat menggunakan transportasi umum dari jurusan Pangandaran Cigugur melanjutkan dengan ojek dalam jarak 4 km dari jalan raya Cijulang-Pangandaran.

Baik bagi wisatawan yang bepergian ke Pangandaran dengan berlibur dapat menyewa terminal transportasi umum di Pangandaran untuk kondisi jalan kecil Bus Wisata tidak bisa sampai di sana. Dari taman, para wisatawan masih melanjutkan perjalanan ke pintu masuk taman di antara warga dengan jarak 400 meter. Setelah pintu masuk perjalanan dilanjutkan ke titik tujuan di hulu sepanjang perjalanan wisata akan disajikan pepohonan yang teduh.

Review sedikit tentang wisata Citumang Pangandaran, nama Citumang berasal dari legenda tentang tunggul buaya, Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk terhadap keberadaan buaya tunggul sehingga yang melekat kuat sampai sekarang meninggalkan nama Anda menjadi nama sungai. Versi lain dari cerita Citumang, berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang penumpang (cai penumpang) dikaitkan dengan air sungai yang mengalir di bawah tanah yang secara bertahap berganti nama menjadi Citumang. Lima ratus meter dari lokasi pemandian hulu, ditemukan pesona alam berupa sungai Citumang yang masuk ke perut bumi dan keluar lagi ke arah hilir. Sungai yang masuk ke dalam gua bernama Goa Taringgul itu kemudian diberi nama baru sebagai Trance Tikoro (Batara Throat).

Tips Mengunjungi Ke Citumang

  1. Lebih disukai berkunjunglah pada musim kemarau karena pada musim kemarau aliran air di wisata Citumang Pangandaran normal sehingga pengunjung dapat berkunjung dengan memuaskan.
  2. Untuk melakukan perjalanan di Citumang nyama yang aman mintalah seorang Pemandu untuk menemani perjalanan Wisatawan, Seorang Pemandu biasanya tidak menetapkan berapa harga yang harus dibayar karena bersifat sukarela.
  3. Bagi yang ingin melakukan body rafting di Citumang jaga barang-barang berharga tetap digunakan dan pergi begitu saja ketika turis parkir.
  4. Waktu yang baik untuk mengunjungi Citumang adalah dari pagi sampai siang, jangan memaksakan kunjungan jika hari ini akan terlambat.