Pertimbangan Beli Domba Aqiqah di Bandung Agar Tidak Keliru

Posted on

Beli Domba Aqiqah di Bandung – tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi bukan dengan aqiqah? Yuph, aqiqah merupakan salah satu ibadah sebagai wujud syukur atas karunia anak yang telah diberikan oleh Allah SWT. Aqiqah sendiri merupakan ibadah yang ada tuntunannya, termasuk waktu pelaksanaanya yang mana boleh hari ketujuh, ke-empatbelas, atau hari ke duapuluhsatu pasca kelahiran.

Persiapan aqiqah pun juga cukup banyak dan salah satunya ialah mencari domba aqiqah di Bandung yang memenuhi syarat sahnya aqiqah.  Membeli domba aqiqah ini bukan perkara yang mudah namun tidak juga sulit. Hanya perlu membutuhkan kehatia-hatian serta ketelitian agar mendapatkan domba aqiqah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan pastinya juga budget yang anda siapkan.

Di Bandung dan sekitarnya sendiri, mencari domba aqiqah juga tidak terlalu sulit. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pasar hewan, peternak serta jasa aqiqah yang siap memberikan domba terbaik untuk aqiqah anda. hanya saja dalam memilih domba juga perlu teliti dan berikut ini kami berikan pertimbangan dalam memilih domba aqiqah.

Pertimbangan Pilih Domba Aqiqah di Bandung

Sederhananya, dalam memilih domba aqiqah harus memenuhi syarat syariatnya serta dari sisi kesehatan kambing, untuk memudahkan anda, berikut ialah penjelasan singkatnya.

1.      Pastikan jenis domba yang akan dibeli

Domba di Bandung ada beberapa pilihan, diantaranya ialah domba gembel, domba jawa atau yang lainnya. Tentukan terlebih dulu, anda ingin memilih domba yang mana, pastikans sesuai dengan kebutuhan anda dan budget yang telah disiapkan.

Begitu juga anda juga harus menentukan jenis kelamin domba yang akan anda beli, apakah jantan atau betina.

2.      Kondisi domba Sehat

Selain jenis domba, kondisi domba juga harus mendapatkan perhatian khusus. Pastikan anda memilih domba yang kondisinya sehat. itu bisa dibuktikan dengan gerakannya yang lincah, mata yang cerah, nafsu makan yang baik, serta postur tubuh yang normal dan kaki yang kokoh.

Biasanya domba yang sehat ini juga diikuti dengan bobotnya yang cukup berat dan besar.

3.      Umur Cukup

Salah satu syarat sah-nya domba apakah sah buat aqiqah atau tidak ialah domba yang digunakan harus cukup umurnya. Jika berbicara umur ini memang ada beberapa pendapat, ada yang mengatakan harus lebih dari 1 tahun umurnya, namun ada juga yang yang mengatakan boleh lebih dari 6 bulan.

Para ahli sepakat memang dianjurkan memilih domba yang berumur lebih dari 1 tahun, hal tersebut berkaitan dengan besar domba yang sudah cukupan dan besar sehingga bisa dibagikan ke lebih banyak orang.

4.      Harga Domba Aqiqah Bandung Terjangkau

Terakhir namun bukan yang paling akhir ialah pertimbangkan harga domba. Pastikan anda memilih domba yang harganya terjangkau. Boleh saja sih memilih harga yang terjangkau, selama domba tersebut berkualitas dan sehat.

Namun jangan sekali-kali pilih domba aqiqah di Bandung yang penting murah, dan mengabaikan kondisi dombanya. Bisa-bisa aqiqah anda tersebut tidak sah karena tidak memenuhi syarat sahnya domba aqiqah.

Itulah setidaknya 4 pertimbangan dalam beli domba Aqiqah di Bandung yang bisa anda ketahui. Dengan menerapkan pertimbangan di atas, diharapkan anda akan mendapatkan domba yang sesuai dengan kebutuhan anda dengan budget yang pas. Jika anda tidak ingin repot, percayakan saja kebutuhan domba aqiqah anda kepada Assabiqaqiqah.com, dijamin puas.

baca juga rumah aqiqah cimahi