sumber : tenda-balon.blogspot.com

Pertama Kali Buka Booth ? Nggak Perlu Bingung, Cari Tahu Tipsnya !

Posted on

Anda mungkin mengenal bazar sebagai pasar amal yang hanya dilangsungkan selama waktu – waktu tertentu saja. Anda tidak salah, bazar memang biasanya diselenggarakan pada waktu tertentu saja. Namun, bazar kini tidak lagi identik dengan tujuan sosial – dimana hasil penjualannya akan disumbangkan untuk kegiatan amal.

Hari ini, bazar cenderung dijadikan sebagai ajang bagi pebisnis muda untuk mengadu nasib dengan menjajakan berbagai produk untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi bagi pemula, membuka booth di acara bazar adalah suatu hal yang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, misalnya seperti harga sewa booth, properti, dan lain sebagainya.

Membuka booth di kawasan mall memang salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk  anda, namun untuk melakukannya diperlukan biaya yang cukup besar. Jika anda terbentur soal pendanaan, maka membuka booth di luar bazar adalah solusinya. Bagaimana caranya ?

Berikut ini adalah langkah – langkah membuka booth di luar acara bazar yang bisa anda coba bersama rekan – rekan anda.

 

Tips membuka booth tanpa bergabung di acara bazar besar

sumber : tenda-balon.blogspot.com

Pilih lokasi yang strategis

Jika anda tidak tertarik untuk bergabung di acara bazaar yang diadakan di mall – mall besar, anda  bisa membuka booth sendiri di halaman minimarket, ruang terbuka hijau (seperti, taman, alun – alun, dsb) atau lahan kosong lainnya.

Membuka booth di luar kawasan mall tentu akan jauh lebih murah dan hemat. Tidak percaya ? Untuk bisa menyewa booth di bazar yang diadakan di mall – mall besar setidaknya anda harus menyiapkan dana sekitar Rp. 2.5 juta (per 2 hari). Sementara, jika anda membuka booth di luar mall, anda bisa mendapatkan lokasi dengan harga sewa yang jauh lebih murah, bahkan gratis.

Untuk memperbesar peluang mendapatkan pembeli, sebaiknya anda memilih lokasi yang sering disinggahi orang – orang. Selain itu, lokasi yang dipilih juga sebaiknya berada di pinggir jalan raya untuk memudahkan calon pembeli dalam mengakses booth anda. Dengan demikian, pembeli bisa mengunjungi booth anda tanpa perlu meninggalkan kendaraannya.

 

Siapkan tenda dan kebutuhan lainnya

Berbeda dengan bazar terorganisir yang diadakan di mall – mall besar, anda perlu mempersiapkan keperluan booth anda sendiri, mulai dari tenda, properti dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan jasa sewa tenda terdekat untuk mendapatkan tenda dengan ukuran dan model  yang anda inginkan.

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan jasa Sewa Tenda Makassar untuk menemukan tenda yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Umumnya, ukuran tenda yang digunakan untuk membuka booth ialah sekitar 2 x 2 meter hingga 6 x 6 meter.

Setelah itu, lengkapi booth anda dengan properti – properti penting seperti meja, kayu, karpet, dan lain sebagainya untuk memaksimalkan peletakan produk agar menjadi lebih rapi. Tentu anda tidak mau kan kalau booth anda sampai dianggap tidak menarik hanya karena tampilannya “berantakan” ?

 

Atur dekorasi

Meski hanya berukuran 2 x 2 meter, booth tetap perlu dipercantik dengan berbagai ornamen – ornamen ikonik untuk menambah daya tarik di mata konsumen. Untuk itu, penting bagi anda untuk mendesain booth secantik mungkin agar tampilannya menjadi lebih eyecatchy dan menarik. Misalnya anda bisa menambahkan untaian bunga pada kaki – kaki booth atau menambahkan aksen pita warna warni untuk membuat booth anda terlihat lebih mencolok.

Jangan lupa untuk mempersiapkan sistem pencahayaan yang baik. Jika tidak mendapatkan aliran listrik, anda bisa menggunakan lampu portable untuk menerangi booth anda. Biasanya, pengunjung akan lebih tertarik untuk mampir ke booth yang pencahayaannya memadai ketika hari sudah mulai gelap.

Itulah deretan tips membuka booth bagi pemula. Selamat mencoba !