Persyaratan Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan

Posted on

Peminjaman uang secara online memiliki berbagai keunggulan diantaranya mudah, cepat cair, dan syaratnya lebih mudah. Tak heran maka kredit jenis ini banyak diminati banyak orang. 

Pinjam uang yang cepat saat ini menjadi solusi bagi orang-orang yang membutuhkan dana mendesak karena persyaratannya yang mudah. Lalu, syarat apa saja yang perlu dipenuhi ketika mengajukan kredit secara online? Simak daftarnya dalam ulasan berikut: 

Kartu Tanda Penduduk (KTP) 

Syarat yang paling umum dan utama untuk mengajukan pinjaman online adalah KTP. Sedikit informasi bagi Anda, ada beberapa penyedia kredit yang hanya memperbolehkan Warga Negara Indonesia (WNI) saja untuk mengajukan kredit. Nah, untuk proses pengajuan bagi WNA, biasanya harus disertai dengan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) sebagai dokumen pengganti KTP. 

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 

Syarat selanjutnya adalah kepemilikan NPWP sebagai acuan bagi penyedia pinjaman untuk memastikan berapa nominal penghasilan Anda setiap bulannya. Selain itu, NPWP juga dijadikan referensi untuk melihat riwayat pembayaran pajak penghasilan Anda. Melalui NPWP, penyedia pinjaman dana akan mengetahui kemampuan Anda membayar cicilan hutang. 

Slip Gaji 

Selanjutnya, persyaratan pinjaman secara online adalah slip gaji. Dokumen ini digunakan sebagai bukti berapa nominal penghasilan Anda setiap bulannya. Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki slip gaji? Jangan khawatir karena Anda masih mengajukan kredit dengan menyertakan surat keterangan penghasilan sebagai pengganti slip gaji. 

Selain itu, bagi Anda yang bekerja sebagai profesional dapat menyertakan Surat Izin Praktek, dan bagi Anda yang bekerja sebagai pengusaha dapat menyertakan Surat Izin Usaha. 

Rekening Bank Milik Pribadi 

Syarat selanjutnya adalah rekening bank pribadi. Hal ini dibutuhkan agar pihak penyedia pinjaman online dapat dengan mudah melakukan sinkronasi antara nama Anda pada KTP, NPWP, dan slip gaji. Selain itu, dana nantinya juga akan dicairkan melalui rekening bank, sehingga Anda tak mungkin bisa menggunakan rekening bank milik orang lain. 

Nah, itu dia persyaratan umum yang biasanya diminta pihak peminjam ketika Anda meminjam secara online. Ingat hati-hati dan cermat memilih penyedia pinjaman, pilihlah yang benar-benar terpercaya dan terawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), semoga bermanfaat!