Sebelum beli, kenali dulu perbedaan ac low watt, standard dan inverter ini

Posted on

Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak konsumen karena ketidak tahuan mereka telah salah memilih ac yang dia beli . Ketidak tepatan ini tentu menyebab kan kerugian bagi mereka sendiri . Untuk itu pada artikel kali ini penulis akan mencoba membagikan info dasar yang harus sobat ketahui ketika hendak membeli sebuah ac .

Punya ac rusak ? benerin saja di service ac semarang 24 jam

Apa sih ac standar low watt iverter itu ?

AC standar 

Gambaran gampang nya seperti ini , ibarat nya ac standar 1 pk itu 900 watt , ketika ac itu dinyalakan ” outdoor dan indoor nyala ”. Ketika start pertama tarikan nya misal 1 pk itu 900 watt , dia bakal naik 900 watt terus perlahan sampai dimana titik dingin ( dalam ruangan yang diingin kan ) tercapai .

Misal dalam ruang A kita sett suhu 25% , maka sampai pada suhu 25% baru outdoor nya bakal mati .

 

Ac low watt

Untuk ac low watt pada dasar nya cara kerja nya tidak lah terlalu berbeda dengan ac standard . cuma perbedaan nya pada ac low watt misal dengan PK yang sama , ac lowatt memiliki pk yang lebih kecil . Ibarat nya ac standard sekitar 900 watt maka ac low watt cma berada di 510 watt . Jadi ketika di nyalakan ac low watt memakan daya lebih kecil .

 

Ac inverter

Untuk ac inverter ini sedikit berbeda dengan 2 diatas ,  bisa dibilang lebih istimewa sebab ac inverter ini memiliki tarikan watt awal lebih kencang ( lebih gede watt nya ) , akan tetapi ketika telah menapai titik dingin ang diingin kan maka ac inverter ini akan menurun kan watt nya .

Jika case ac low watt dan standard out door nya akan mati ketika titik dingin yang diinginkan telah tercapai , maka berbeda dengan ac inverter ini , karena ia akan tetap menyala dengan konsumsi watt lebih kecil .

 

Scara garis besar nya , berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing masing 3 tipe ac diatas :

  1. Waktu yang digunakan untuk mendinginkan ruangan pada ac standar dan low watt hampir sama ( jauh lebih lama ketimbang ac inverter )
  2. Tarikan listrik awal , untuk ac low watt memiliki tarikan awal jauh lebih kecil ketimbang ac standar . Sedangkan ac inverter tarikan awal nya jauh lebih besar ketimbang 2 jenis ac tersebut .
  3. Faktor ifisiensi listrik , jika yang ditanya mana diantara 3 jenis ac ini yang paling hemat , jawaban nya adalah ac inverter . Penyebab nya , memang ac inverter ini memiliki tarikan awal paling besar , namun ketika suhu yang diingin kan sudah tercapai ia akan menurunkan watt nya , sehingga penggunaan nya sangat kecil . Sehingga penggunaan ac inverter ini akan sangat cocok dipakai pada ruangan tertutup yang jarang sekali di buka .  Untuk yang paling hemat nomor dua adalah ac low watt , Kenapa ? . Sebab walaupun pk sama tetapi dibanding dengan ac standar watt nya lebih kecil .
  4. Faktor fitur nya , untuk masalah fitur ac inverter bisa dianggap yang paling banyak memiliki fitur tambahan .  Hal ini wajar sih , karena dilihat dari harga juga ac ini jauh lebih mahal sedikit ketimbang yang lain .

 

Diatas adalah 4 gambaran umum dari perbedaan antara ac standar , ac low wat dan ac inverter . Bagi anda yang berencana membeli ac , saran saya beli lah dengan menyesuaikan isi kantong anda , yang jelas beli lah ac dengan merk samsung, sharp dan LG yang memang sudah terbukti kualifikasi nya.