Pengertian, Tata Nama, dan Klasifikasi Enzim

Pengertian, Tata Nama, dan Klasifikasi Enzim

Posted on

Pengertian, tata nama, dan Klasifikasi Enzim – Pembaca sekalian. Hari ini kita akan membahas tentang suatu senyawa yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Hari ini kita akan membahas tentang enzim.

Pembaca tentu pernah mendengar kata enzim bukan? Senyawa ini sangat penting sekali dalam kehidupan kita. Senyawa ini bisa ditemukan dimana saja. Bahkan di dalam tubuh kita pun memproduksi enzim – enzim tertentu untuk menjaga kelangsungan hidup kita. Sebelumnya mari kita bahas dahulu pengertian tentang enzim.

Nah Enzim itu sendiri merupakan molekul protein yang berfungsi mempercepat jalannya reaksi kimia pada mahkluk hidup. Nah di dalam tubuh kita sendiri, terdapat sekitar 3.000 enzim yang terus melindungi tubuh kita dari hal – hal yang sifatnya merugikan. Seiring dengan kemajuan medis , enzim sendiri sudah bisa didapatkan di apotek – apotek terdekat untuk keperluan medis.

Tata Nama Enzim

Dalam tata nama enzim sendiri sudah diresmikan menurut persetujuan internasional agar tata penaam enzim menjadi lebih mudah dan memiliki aturan yang baku. Ini bisa terjadi berkat bantuan “Comission on Enzymes of the International Union of Biochemistry”. Gampangnya, tata nama penaaman ini dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan substratnya, dan berdasarkan tipe reaksinya :

  1. Berdasarkan substratnya.

Enzim yang dinamakan berdasarkan substrat akan menggunakan akhiran –ase dan hanya bisa digunakan bagi enzim tunggal. Misalnya, nama substratnya adalah protein, maka nama enzimnya adalah proteinase . Kemudian nama substratnya adalah Lipid, maka nama enzimnya adalah Lipase. Ataupun Maltosa, maka enzimnya bernama Maltase.

  1. Berdasarkan tipe reaksinya

Untuk penamaan suatu kompleks yang terdiri dari beberapa enzim berdasarkan reaksi yang dikatalis akan menggunakan kata system.

Misalnya, adanya reaksi pelepasan hidrogren, maka nama ezimnya adalah dehydrogenase. Ataupaun adanya reaksi oksidasi, maka akan dinamakan Oksidase.

Klasifikasi Enzim

Nah Enzim sendiri diklasifikasikan menjadi 6 kelompok berdasarkan reaksinya dalam melakukan proses katalis. Yaitu Oksidoreduktase, Transferase, Hidrolase,Liases,Isomearses, dan Ligases.:

  • Oksidoreduktase

Ini adalah enzim yang mengkatalisis reaksi oksidasi – reduksi. Enzim ini sangat penting karena proses dari enzim ini erat kaitannya dalam memproduksi panas dan energi. Artinya, proses ini sangat kaitannya dalam sumber energi makhluk hidup

  • Transferase

Transferase adalah suatu enzim yang mampu mengkatalisis reaksi transfer gugus fungsional antara dua substrat yang sedang berlangung.

  • Hidrolase

Enzim ini mengkatalisis reaksi hidrolisis karbohidrat, ester, dan protein.

  • Isomerase

Isomerase merupakan enzim yang mengkatalisis reaksi di mana interkonvensi isomer cis-trans yang terlibat.

  • Liases

Liases adalah suatu enzim yang mampu mengkatalisis reaksi yang melibatkan reaksi penghapusan kelompok dari substrat dengan melalui suatu  proses selain hidrolisis oleh pembentukan ikatan ganda.

  • Ligase

Enzim yang juga dikenal juga sebagai Sintase, yaitu enzim yang mengkatalisis reaksi 2 senyawa yang terlibat dengan memecah ikatan pirofosfat.

Setelah belajar tata nama dan klasifikasi enzim, dapat kita ketahui bahwa enzim ini banyak sekali jenisnya dan sangat bermanfaat untuk kehidupan. Seperti bagi manusia, untuk bisa mencerna maka dibutuhkan enzim. Hal ini dimulai dari mulut, apabila kita mengunyah lebih dari 3 menit maka kita akan merasakan rasa manis.

Hal tersebut karena adanya enzim amylase,kemudian menuju ke lambung, kemudian menuju usus halus untuk membantu menyerap sari – sari dari makanan yang kita makan, masuk ke pancreas, lalu akhirnya menuju ke usus besar dan akhirnya sisa – sisa dikeluarkan melalui kotoran ataupun urin.

Bagaimana pembaca, menarik bukan apabila kita mengetahui pentingnya enzim dalam tubuh kita? Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan badan kita agar tubuh mampu memproduksi enzim yang berguna bagi tubuh kita.

Sumber : Agroteknologi