Pengertian Integrasi Nasional

Pengertian Integrasi Nasional

Posted on

Dibawah ini kita akan menjelaskan beberapa penjelasan tentang pegertian integrasi nasional karena banyak sekali pertanyaan tentang pengertian integrasi nasional kita kali ini akan membahas itu seperti referensi dari kuliahpendidikan.com simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Integrasi Nasional

Baik dalam sosiologi dan analisis struktural, integrasi sistem yang berbeda pada dasarnya memiliki tiga sifat:

  • Integrasi regulasi

Integrasi normatif adalah hubungan sosial yang dihasilkan dari kesepakatan (konsensus) pada nilai-nilai dan norma-norma dasar (nilai-nilai dan norma-norma dasar). Dimensi integrasi ini dapat disebut integrasi budaya.

  • Integrasi fungsi

Integrasi fungsional, hubungan sosial berdasarkan situasi saling ketergantungan fungsional antar elemen. Integrasi ini memiliki dimensi ekonomi yang lebih luas.

  • Integrasi secara paksa

Integrasi paksa, ikatan sosial yang diciptakan oleh kekerasan. Integrasi ini dapat dimasukkan dalam dimensi politik.

Definisi integrasi nasional menurut pendapat ahli

Pendapat para ahli tentang konsep integrasi nasional tercantum di bawah ini dengan penjelasannya.

  • Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Integrasi nasional adalah proses menyatukan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupan, yaitu aspek politik, sosial, ekonomi dan budaya.

Howard Wriggins

Integrasi nasional adalah penyatuan bagian masyarakat yang terpisah menjadi semua / semua yang lebih utuh atau mengintegrasikan semua komunitas kecil, yang jumlahnya banyak, ke dalam unit nasional.

  • Myron Weiner

Integrasi nasional adalah proses berbagai kelompok sosial dan budaya di suatu daerah untuk membentuk identitas nasional.

  • J. Soedjati Djiwandono

Integrasi nasional adalah cara merekonsiliasi keberlanjutan dalam arti luas dengan hak untuk menentukan nasib sendiri.

  • Safaredin Bahar

Integrasi nasional berarti integrasi dengan mengumpulkan atau menyempurnakan berbagai elemen bangsa yang pada awalnya terfragmentasi.

Contoh integrasi nasional Indonesia

Berikut ini adalah contoh integrasi nasional di negara kita, Indonesia, yang belum tentu terjadi di negara lain. Berikut ini sebuah contoh.

  • Kolaborasi Kolaborasi bersama

Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat tinggi. Saling bekerja sama dalam masyarakat menyebabkan banyak perbedaan dalam pencapaian tujuan bersama. Saling bekerja sama membuat masalah lebih mudah dan lebih mudah. Dia membawa beban yang sama. Dia membawa berat yang sama.

  • Saling menghormati

Saling menghormati dan menghormati adalah bentuk integrasi nasional. Ini sangat penting dalam masyarakat majemuk seperti negara kita. Karena saling menghormati dan menghormati antara orang yang berbeda budaya, suku, adat, ras dan agama. Sikap ini memungkinkan orang untuk hidup dalam kedamaian dan harmoni.

  • Pengaturan berbagi bersama

Indonesia selalu dikenal karena keramahannya. Sikap sopan ini berjalan seiring dengan sikap timbal balik. Sikap ini berkembang sejak usia dini sehingga orang Indonesia yang memegang pancasila sebagai cara hidup ingin memperlakukan orang lain dengan simpati dan kepekaan. Sikap berbagi untuk menghindari sikap egois.

demikianlah penjelasan tentang pengertian integrasi nasional diatas semoga dapat membantu teman teman dalam mengerjakan tugas tugas kalian, bermanfaat dan berguna untuk teman teman sekalian. Terima Kasih