Pengertian Abseiling, Manfaat Serta Peralatan yang Dibutuhkan

Pengertian Abseiling, Manfaat Serta Peralatan yang Dibutuhkan

Posted on

Abseiling adalah keterampilan dalam menggunakan tali untuk menuruni medan secara vertikal. Dipraktikkan dalam segala hal mulai dari gunung dan jembatan hingga sisi gedung pencakar langit dan bahkan dari helikopter, abseiling memungkinkan Anda turun dari ketinggian dengan kecepatan yang sesuai untuk Anda.

Apa itu Abseiling?

Definisi abseiling cukup sederhana. Istilah ini berasal dari kata Jerman abseilen, yang berarti ‘untuk mengikat’. Abseiling diciptakan oleh Jean Charlet Straton, seorang pemandu gunung dari Chamonix, Prancis. Selama upaya pendakian gunung solo “Petit Dru” setinggi 3.700 meter di French Alps, Straton menyadari bahwa dia membutuhkan cara yang aman untuk turun kembali dengan cara abseiling. Kegiatan sejak itu telah tumbuh besar-besaran, mencakup segala macam pendekatan yang berbeda dan teknik abseiling.

Selain salah satu teknik dalam pendakian, Abseiling juga wajib diketahui bagi seorang canyoner. Apalagi bagi mereka yang menjadi instruktur. Jadi wajar saja jika perusahaan canyoning di Indonesia misalnya canyoning bali dan lombok mewajibkan instrukturnya untuk menguasai teknik ini. Aktifitas adventure sport lainnya seperti rock climbing juga sangat membutuhkan teknik ini untuk menuruni suatu tebing.

Abseiling atau juga dikenal sebagai rappelling adalah keterampilan penting bagi pendaki gunung tetapi juga berguna dalam olahraga lainnya. Snowboarder, pemain ski dan bahkan pengendara sepeda motor gunung sering menggunakan abseiling untuk sampai ke tempat-tempat yang sulit untuk mencapai di bagian atas jalur pedalaman pedalaman epik.

Anda dapat menjelajahi banyak bangunan ikonik di London dan di sekitar Inggris dan di seluruh dunia menawarkan Anda kesempatan untuk turun dari ketinggian yang memusingkan dan mengumpulkan uang untuk tujuan yang baik pada saat yang sama.

Bagaimana Abseiling Bekerja?

Untuk melakukan abseil, hal pertama yang Anda butuhkan adalah tali yang diamankan di bagian atas tempat Anda ingin melakukan abseil dan periksa apakah area di bawah Anda jelas. Tali itu kemudian dijalankan melalui alat gesekan yang melekat pada tali pengikat di sekitar pinggang Anda.

Bit berikutnya adalah bit yang paling sulit, Anda harus bersandar ke belakang di atas tetesan dan perlahan mulai menurunkan diri, menggunakan satu tangan untuk memperlambat dan yang lain untuk memegang tali di atas Anda.

Saat Anda bergerak ke bawah dengan hati-hati, perangkat gesekan memperlambat tali sedikit sehingga lebih mudah untuk mengontrol keturunan Anda, tetapi pada dasarnya Anda berada di bawah kekuatan Anda sendiri, meluncur dengan kecepatan yang Anda rasa nyaman. Namun berhati-hatilah, karena mengacaukan kecepatan dapat membuat Anda terlihat seperti orang bodoh:

Saat Anda turun, Anda harus waspada terhadap apa pun yang muncul dari apa pun yang Anda abseiling agar Anda mungkin tertangkap dan waspada terhadap puing-puing longgar yang mungkin menimpa Anda juga. Anda juga harus terus memeriksa pendaratan untuk memastikan Anda tidak akan mendarat pada siapa pun atau melukai diri sendiri ketika Anda sampai ke bawah.

Abseiling bisa sangat berbahaya jika dilakukan dengan buruk tetapi jika Anda telah melakukan sedikit latihan abseiling dan memiliki pengalaman yang cukup, Anda bisa mulai bersenang-senang seperti ini:

Jika Anda tidak merasa nyaman melakukan abseiling sendiri, Anda juga dapat mencobanya dengan abseiler berpengalaman yang dapat mengontrol keturunan Anda untuk Anda dengan menambat. Ada berbagai macam kursus abseiling di Inggris yang menawarkan peluang untuk melakukan ini.

Ketika Anda sedang ditambatkan, orang lain berdiri, biasanya di bagian bawah keturunan, dengan alat gesek yang terpasang pada harness mereka dan tali diikat ke harness Anda. Belayer Anda kemudian akan memberi makan tali secara bertahap melalui perangkat, mengendalikan kecepatan Anda untuk Anda sehingga yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda tidak terjebak pada apa pun. Membujuk orang lain untuk menunda Anda adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri dalam abseiling dan biasanya cara orang bisa abseil untuk pertama kalinya.

Melakukan abseiling sendiri dan menjadi penambatan adalah dua bentuk abseiling yang paling dasar, tetapi sebenarnya ada banyak teknik abseiling yang berbeda untuk penurun turun curam, termasuk headfirst, tandem, terbalik dan bahkan abseiling tanpa harness.

Peralatan Apa yang Saya Butuhkan Untuk Abseiling?

Tergantung pada lokasi dan jenis abseiling yang Anda lakukan, ada banyak potongan abseiling kit yang mungkin Anda butuhkan, tetapi sebagian besar jenis abseiling memerlukan tiga item utama yang sama.

Pertama-tama tali panjat yang baik sangat penting. Tak perlu dikatakan bahwa ini harus cukup lama untuk benar-benar membuatnya ke bawah di mana Anda ingin turun dan harus dalam kondisi baik.

Tali yang layak dapat membuat Anda kembali lebih dari £ 100 tetapi ketika Anda ingat bahwa Anda benar-benar akan mempercayai hidup Anda untuk itu, itu tidak tampak seperti investasi besar.

Panjat tebing yang kuat juga akan menjadi vital untuk sebagian besar tipe abseiling. Penting untuk dicatat bahwa harness bervariasi tergantung pada ukuran, berat dan jenis kelamin, jadi yang terbaik adalah merobohkan dinding panjat lokal Anda atau toko luar ruangan dan mendapatkan beberapa tips tentang pemasangan yang benar sebelum Anda mengeluarkan uang tunai.

Saat Anda melakukan abseiling, ini akan menunggu sepenuhnya, jadi penting untuk memastikan bahwa aman dan nyaman digunakan. Anda biasanya dapat mengambil starter harness yang baik dengan harga di bawah £ 50.

Final harus memiliki peralatan abseiling adalah perangkat gesekan / penambatan. Potongan logam kecil ini akan membantu Anda mengontrol kecepatan tali saat Anda turun dengan menggunakan gesekan tali pada dirinya sendiri.

Ada berbagai macam perangkat penambatan yang dirancang dengan cerdik di luar sana masing-masing dengan cara khusus mereka sendiri untuk menjaga Anda tetap aman, jadi penting untuk mencoba model yang Anda pilih sebelum memercikkan uang tunai untuk memastikan itu bekerja untuk Anda. Harga untuk perangkat penambatan juga sangat bervariasi tergantung pada kerumitannya tetapi Anda harus dapat mengambil model dasar yang bagus untuk di bawah £ 20.

Di Mana Saya Dapat Belajar Untuk Abseil?

Ada banyak tempat yang menawarkan kursus abseiling di Inggris di mana Anda bisa merasakan olahraga yang pertama. Jika Anda hanya ingin mencobanya pertama kali, sebuah pusat kegiatan luar ruangan terdekat atau kursus tali tinggi mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai tetapi jika Anda ingin belajar abseil untuk diri sendiri maka dinding panjat adalah tempat yang tepat.

Sebagian besar pusat pendakian di seluruh Inggris akan menjalankan beberapa jenis latihan abseiling sebagai bagian dari pelatihan induksi dasar mereka untuk memungkinkan Anda menggunakan dinding mereka. Kursus semacam ini hanya akan mengajarkan Anda dasar-dasar tetapi seringkali cukup murah dan dalam beberapa kasus bahkan gratis. Ini biasanya bukan kualifikasi formal tetapi hanya memungkinkan Anda untuk memanjat di dinding tempat Anda berlatih.

Meskipun sekarang Anda akan tahu bagaimana cara menambat, Anda biasanya harus melakukan tes singkat di setiap dinding baru yang Anda tuju untuk membuktikan bahwa Anda dapat mengikat dengan benar, bersandar di bawah kontrol pada kecepatan yang aman dan memiliki kesadaran yang baik terhadap orang-orang dan bahaya di sekitar kamu.

Ada banyak pusat pendakian dan pendakian yang bagus di Inggris untuk dikunjungi dan kita bahkan dapat membual tentang memiliki menara abseil permanen tertinggi di dunia, berbasis di Abseil Centre nasional di Northampton.

Bagi mereka yang lebih menyukai pemandangan alam yang memukau untuk panjat tebing mereka, panjat luar ruang umumnya tidak diatur. Ada sangat sedikit untuk menghentikan Anda meraih tali dan menuruni tebing di dekatnya tetapi ini adalah ide yang sangat bodoh tanpa pelatihan atau pengalaman abseiling yang tepat.

Banyak orang belajar abseil dan belay dengan pasangan yang sudah tahu apa yang mereka lakukan tetapi masih merupakan ide bagus untuk mendapatkan beberapa latihan dan pelatihan di dinding panjat dengan para profesional sebelum Anda membawanya keluar. Tetapi ketika Anda melakukannya, Anda dapat menikmati keindahan alam tempat-tempat seperti Snowdonia atau Peak District dari sudut pandang baru.

Ada banyak tempat epik bagi Anda untuk menjelajahi seluruh dunia dari orang-orang seperti ArcelorMittal Orbit Tower di Taman Olimpiade London hingga keturunan Table Mountain yang menakjubkan di Afrika Selatan atau sistem gua gila atau Selandia Baru yang ingin Anda dijelajahi.