Tips Merawat Tanaman Melati agar Berbunga Indah

Posted on

Merawat Bunga Melati

Melati atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama elok Jasmine merupakan jenis tanaman hias yang selalu hijau atau gugur dengan batang yang melilit. Mereka bisa tumbuh dengan mudah saat musim panas atau musim dingin serta berbunga dengan aneka warna putih, kuning, dan terkadang merah dan merah muda.

Semua varietas melati memiliki bunga berbentuk bintang kecil dengan aroma yang manis dan khas. Beberapa tanaman melati lunak dan hanya cocok untuk tumbuh di konservatori atau rumah kaca, tetapi varietas yang lebih keras baik untuk menghijaukan dinding atau pagar, dengan kabel untuk menopangnya. Tanam melati cocok ditempatkan di lokasi yang cerah, hangat dan terlindung. Tanaman ini juga sangat digemari banyak orang sehingga seringkali ditempatkan di dekat area tempat duduk untuk dapat dinikmati aroma bunganya yang khas.

Lokasi Penanaman

Untuk hasil terbaik, tanam melati di dekat dinding atau pagar di tanah yang lembab tetapi berdrainase baik serta di tempat yang terlindung dan cerah. Banyak varietas dapat mentolerir suhu dan kelembaban dalam ruang, tetapi mereka tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh.

Menanam Melati

Pastikan Anda memberikan tongkat miring untuk mendukung pertumbuhan melati dan kawat melilit awal atau terali untuk pertumbuhan selanjutnya. Gali lubang yang luas, tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang sebagai tambahan nutrisi.

Perbanyakan Melati

Tanaman melati dapat diperbanyak dengan cara cangkok atau stek. Varietas luar ruangan paling baik diperbanyak dari potongan kayu keras yang diambil di musim dingin, tetapi varietas lembut dan rumah kaca paling baik dari kayu lunak atau potongan setengah matang yang diambil di musim semi atau musim panas.

Masalah yang sering Dihadapi

Tanaman bunga melati mudah tumbuh tanpa masalah hama dan penyakit serius. Tanaman yang tumbuh di dalam ruangan mungkin rentan terhadap hama rumah kaca seperti kutu putih dan tungau,serta laba-laba mera. Sedangkan kutu daun seringkali menyerang tanaman yang tumbuh di luar ruangan.

Merawat Melati

Pangkas tanaman melati yang berbunga pada musim panas setelah semua bunga mekar, pada akhir musim panas atau awal musim gugur dengan mengeluarkan tunas yang tertua dan terlemah. Ini akan memungkinkan waktu pertumbuhan baru untuk matang dan berbunga awal musim depan.

Melati musim dingin sebaiknya dipangkas segera setelah berbunga di musim semi. Bunga berkembang pada pertumbuhan tahun sebelumnya.

Kedua jenis melati dapat dipangkas kembali dengan keras jika mereka telah melampaui titik tanam aslinya. Carilah pertumbuhan baru yang kuat untuk melatih bentuk dan ruang yang Anda inginkan. Tanaman akan membutuhkan beberapa tahun untuk mulai berbunga lagi.

Nah itu tadi beberapa tips singkat untuk menanam melati di halaman rumah anda. Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa kunjungi website TamanInspirasi.com untuk tips-tips menarik lainnya seputar pertanian, perkebunan dan peternakan.