Menghindari dan Mengatasi TORCH

Posted on

generasimaju.com – Tahukah Mama Papa, setiap tahunnya, 1 dari 33 bayi mengidap kelainan bawaan? Sebanyak 3—4% bayi lahir dengan kelainan bawaan berat; 270 ribu bayi baru lahir meninggal dalam 28 hari pertama akibat kelainan bawaan; dan 3,2 juta anak mengidap cacat akibat kelainan bawaan. Mengerikan dan menyedihkan, memang! Namun demikian, Mama Papa hendaknya jangan berkecil hati dahulu. Tidak semua kelainan bawaan tak dapat dicegah ataupun diobati, seperti kelainan bawaan akibat infeksi kongenital, sesungguhnya dapat dicegah dan diobati. Infeksi kongenital adalah infeksi yang dapat bergerak melalui plasenta untuk menginfeksi janin.

Banyak mikroba infeksius penyebab infeksi kongenital yang bisa menimbulkan gangguan perkembangan dan bahkan kematian janin. Contohnya, TORCH, singkatan dari Toxoplasma, Other infections, Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan Herpes simplex virus. Nah, dalam buku ini dibahas tuntas mengenai penyebab, cara penularan, gejala, risikonya pada janin/bayi yang dilahirkan, diagnosis, pengobatan, dan pencegahannya. Meski ditulis oleh seorang dokter spesialis mikrobiologi klinik, namun jangan bayangkan buku ini akan dipenuhi berbagai istilah kedokteran dengan gaya bahasa yang serius layaknya buku kuliah. Enggak, kok! Justru setiap bab dibahas secara ringkas namun padat dan jelas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh awam. Itulah mengapa, buku ini layak dijadikan bacaan wajib bagi para calon Mama juga calon Papa tentu yang sedang mempersiapkan kehamilan.

National Geographic Kids: Hewan Menakjubkan

Buku ini menyajikan 10 hewan yang paling menakjubkan versi NG Kids. Hewan-hewan itu adalah lumba-lumba hidung botol, citah, gajah, panda raksasa, katak pohon, singa, penyu, serigala penguin, dan koala. Masing-masing hewan dijelaskan karakteristiknya, makanannya apa, tinggal di belahan bumi sebelah mana, serta caranya berkembang biak. Beberapa di antaranya sudah mendekati kepunahan sehingga dijelaskan pula aksi-aksi para penyayang binatang untuk menyelamatkannya.

Ada juga informasi fakta aneh tapi nyata tentang hewan-hewan tersebut yang akan membuat pembaca cilik terkejut. Misalnya, penguin ternyata juga suka mengadopsi anak penguin yang sudah tak berayah-ibu. Seperti manusia, ya! Buku ini juga dilengkapi dengan permainan-permainan edukatif yang seru serta poster-poster binatang yang indah dan colorfull. Anak-anak bisa menghiasi kamarnya dengan poster tersebut. Satu hal lagi, dengan membaca buku ini, anak-anak menjadi paham pentingnya menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan menjaga kelangsungan hidup hewan-hewan yang ada di dunia.