Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite dan Contohnya

Posted on

Aplikasi adalah bagian integral dari smartphone. Tanpa aplikasi, tampaknya smartphone tidak akan ada gunanya. Aplikasi memungkinkan smartphone untuk melakukan banyak hal, tergantung pada fungsi aplikasi yang digunakan.

Nah, seiring perkembangannya, berbagai jenis aplikasi muncul. Mulai dari aplikasi hybrid, aplikasi Web, hingga aplikasi Lite. Salah satu hal yang dikembangkan oleh pengembang adalah aplikasi Lite.

Selain mengembangkan aplikasi utama, para pengembang juga mengembangkan versi aplikasi ringan yang ditujukan untuk pengguna smartphone dengan spesifikasi terbatas dan Internet tidak terlalu cepat.

Apa aplikasi Lite?

Aplikasi Lite adalah aplikasi yang hanya membawa fungsionalitas dasar dari aplikasi utama. Jika aplikasi utama memiliki semua fitur, aplikasi Lite hanya memiliki fitur utama.

Contohnya adalah aplikasi Twitter Lite. Aplikasi ini hanya “mengkonsumsi” data Internet lebih sedikit daripada aplikasi utama. Penampilannya juga dibuat berbeda, semakin sederhana.

Mengapa Anda harus menggunakan aplikasi Lite?

Aplikasi Lite dikembangkan dengan tujuan membantu pengguna smartphone yang tidak terlalu canggih. Artinya, smartphone dengan spesifikasi dasar.

Sebab, sebagian besar aplikasi akan cukup berat jika dijalankan di smartphone dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Oleh karena itu, selain menangani pengguna smartphone terbaru, pengembang aplikasi terus tertarik pada pengguna dengan spesifikasi smartphone yang biasa-biasa saja dengan mengembangkan aplikasi lite.

Contoh aplikasi lite

Saat ini, banyak pengembang aplikasi populer telah mulai mengembangkan aplikasi Lite. Contohnya adalah Facebook. Facebook sedang mengembangkan aplikasi untuk Facebook Lite dan Messenger Lite.

Kedua aplikasi dapat bekerja dengan ringan dan “memakan” hanya beberapa data. Cocok untuk pengguna smartphone dengan spesifikasi biasa-biasa saja.

Ada juga Twitter Lite, Skype Lite dan LINE Lite, Shazam Lite. Untuk menggunakan versi aplikasi lite, Anda dapat mencari nama aplikasi diikuti dengan kata “lite” di bidang pencarian Google Play.

Jika pengembang aplikasi telah mengembangkan aplikasi Lite, maka Anda akan menemukan aplikasi Lite yang Anda cari. Jika tidak, Anda harus bersabar. Mungkin di masa depan pengembang aplikasi yang akan Anda gunakan akan mengembangkan versi lite aplikasi.

Facebook adalah contoh aplikasi lite:

Facebook Lite

Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook utama. Sebagian besar fitur Facebook ada di sini, bahkan dengan pengguna Facebook Lite masih dapat menggunakan layanan Messenger tanpa harus mengunduh aplikasi secara terpisah. Berbeda dengan aplikasi Facebook utama yang tidak lagi menyediakan fitur ini.

Jika ini pertama kalinya Anda beralih ke Facebook Lite, sebenarnya ada beberapa perbedaan. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda mengidentifikasi lebih banyak di perut Facebook Lite. facebok lite mod

Nonaktifkan status obrolan

Secara default, fitur obrolan yang tersedia di Facebook Lite aktif. Jadi, jika Anda ingin mematikan status ini, ketuk menu pengaturan – obrolan, lalu beralih dari Aktif ke Tidak Aktif.

Temukan momen pada hari-hari tertentu

Fungsionalitas hari ini juga tersedia di Facebook Lite. Fungsi ini berguna jika Anda ingin menemukan momen penting di masa lalu yang terjadi hari itu. Misalnya saat persahabatan. Klik tombol menu – Pada hari ini, lalu temukan momen penting yang ingin Anda ingat.

Matikan pemutaran video otomatis

Sebagai aplikasi Facebook utama, dalam versi ringan ini video juga diputar secara otomatis. Akibatnya, penggunaan data berpotensi mengembang. Untuk menonaktifkannya, Anda perlu mengatur ulang secara manual. Ketuk menu Pengaturan – Pengaturan akun, lalu aktifkan opsi pemutaran video Otomatis pada WiFi.

Batasan penggunaan data

Sesuai dengan konsep dasarnya, Facebook Lite dilengkapi dengan alat khusus yang dirancang untuk menghemat penggunaan data. Buka menu Pengaturan – Pengaturan akun – Umum – Penggunaan data.

Pilih salah satu dari tiga opsi, Kurang, Normal, atau lebih. Untuk pengaturan termurah, pilih Minus. Tetapi jika Anda ingin menikmati gambar yang lebih baik, pilih Lainnya dengan konsekuensi penggunaan data Anda akan jauh lebih besar.

Lindungi privasi Anda

Privasi tidak kalah penting di Facebook Lite. Untuk menjaga privasi akun Anda, kami sarankan Anda untuk mengatur sehingga riwayat dapat diakses dan dianimasikan hanya oleh teman yang dikenal. Untuk ini, buat pengaturan sedemikian rupa melalui alat yang telah disediakan.

Sumber : apk pure