Mengenal Beberapa Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicau
Mengenal Beberapa Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Mengenal Beberapa Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Posted on

Mengenal Beberapa Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicau – Apakah manfaat dari bawang putih untuk kehidupan manusia sehari – hari ?

Tidak hanya berkhasiat untuk memperlezat masakan yang anda buat di rumah, juga bisa berguna sebagai media untuk menjaga kesehatan tubuh burung ocehan atau burung kicau yang sedang anda pelihara di rumah.

Saat ini sedang sah – sah saja rempah – rempah di dapur selain bermanfaat sebagai bahan pelezat masakan juga memiliki peranan yang sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh burung ocehan yang anda pelihara, mungkin bagi orang awam kurang begitu mengetahui, ternyata menurut beberapa penelitian pakar, bawang putih berkhasiat besar untuk memelihar kesehatan burung kicau / burung ocehan agar tetap riang bermain di dalam sangkarnya setiap hari.

Nah bagi anda yang ingin tahu apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh dan menjaga suara tetap prima pada burung kicau ? Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

5 khasiat dan manfaat bawang putih untuk peternakan burung kicau sebagai peliharaan anda di rumah :

Sebagai media penghangat tubuh, terutama ketika sedang musim dingin dan musim hujan di Indonesia, bawang putih memiliki peranan penting untuk memberikan kehangatan tubuh dari dalam pada hewan unggas peliharaan anda termasuk burung.

Sebagai media mengobati luka, anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan luka pafa salah satu bagian tubuh burung ocehan yang anda pelihara. Bisa juga bermanfaat sebagai terapi herbal untuk menumbuhkan bulu ekor dan sayap serta mempertajam warna mencolok pada burung.

Sebagai media antijamur, manfaat bawang putih dalam hal ini adalah untuk merawat burung kicau atau burung ocehan anda di rumah dari terserang penyakit karena jamur, bisa sebagai media pencegahan atau pengobatan.

Sebagai media antibakteri, bawang putih mempunyai sifat antibakteri yang sangat kuat, dikarenakan kandungan zat alisin terdapat dalam bawang putih ampuh sebagai antibakteri.

Sebagai antiparasit dan antivirus, sejak dulu bawang putih bermanfaat besar untuk pengobatan sakit cacing pada hewan peliharaan berupa unggas termasuk burung. Kandungan zat alisin cukup ampuh melawan jenis parasit yang kerap menyerang burung kicau.

Juga diketahui bahwa kandungan alisin yang terdapat dalam bawang putih mengandung khasiat sebagai antiparasit, ampuh buat menangkal virus penyebab penyakit tertentu dan mencegah burung anda terinfeksi dari serangan virus berbahaya.

Nah setelah anda mengetahui tentang manfaat luarbiasa besar dari bawang putih tersebut di atas, maka selanjutnya anda harus memperhatikan cara pengaplikasiannya sebagai berikut.

Cara Pemberian Bawang Putih Pada Burung Ocehan Dan Jenis Lainnya

Kupas satu siung bawang putih lalu cuci bersih dengan air mengalir,

Selanjutnya hasil tumbukan yang sudah membentuk pasta, dicampur dengan satu gelas air hangat,

Aduk rata lalu diamkan beberapa menit hingga bawang putih benar – benar tercampur dengan air hangat dan tercium aroma pasta bawang putih yang gurih,

Saring dan tamping dalam wadah minum burung ocehan di dalam sarangnya (dalam keadaan dingin), selanjutnya biarkan burung ocehan anda meminumnya atau anda yang menyuapi secara rutin pada waktu pagi atau sore hari dengan rutin hingga terlihat manfaat yang diberikan oleh larutan air pasta bawang putih ini.

Jenis burung ocehan / burung kicau yang cocok melakukan terapi pengobatan dan pemeliharaan kesehatan dengan mengaplikasikan bawang putih tersebut di atas adalah burung Kenari, Merpati, Finch, Montanus dan yang lainnya.

Yang jelas, manfaat bawang putih untuk burung kicau jenis yang kami sebutkan di atas adalah sebagai media penyembuhan dan media pencegahan penyakit dimana pada bawang putih ini diketahui memiliki kandungan zat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan suara burung kicau.

Semoga bermanfaat !