Membuat Pondasi Rumah Sederhana Namun Kuat

Posted on

Jasa Arsitek – Kesempatan ini kita akan belajar mengenai langkah membuat fondasi rumah dengan benar dan baik. Arah pengerjaan artikel ini untuk menolong Anda membuat fondasi rumah supaya meminimalkan berlangsungnya kekeliruan yang membuat kerugian serta kekurangan di fondasi rumah Anda.

Ada beberapa jenis langkah yang bisa kita kerjakan dalam membuat fondasi ini. Tetapi di sini saya tidak diulas semua. Berikut selintas tentang beberapa jenis langkah membuat fondasi rumah.

 

Biasanya ada dua tipe fondasi yang bisa Anda pakai jadi penopang bangunan Anda yakni: fondasi dalam serta fondasi dangkal. Mengenai pemahaman kedua-duanya ialah seperti berikut :

1. Fondasi Dalam
Tipe fondasi dalam biasa dipakai untuk beberapa jenis rumah eksklusif yang mempunyai mode kontruksi bangunan bertingkat. Fondasi dalam ini mempunyai beberapa jenis tipe salah satunya fondasi pondasi tiang pancang, sumur serta tipe fondasi yang lain.

2. Fondasi Dangkal
Fondasi dangkal adalah tipe fondasi yang pas serta biasa dipakai digunakan jadi penopang bangunan berbentuk simpel. Tentunya ini harus dikuasai keadaan struktur tanah yang padat serta keras.

Kenapa demikian? Sebab tanah itu bisa meredam beban yang berat dari fondasi yang dangkal itu.

Lantas, apa bahan material yang pas untuk tipe fondasi dangkal ini? Anda dapat memakai material fondasi dangkal ini seperti batu bata batu kali atau batako yang keras, disamping itu juga bisa fondasi pelat ditempat serta fondasi jalan (beton).

Langkah Membuat Fondasi Dangkal
Hal yang penting Anda lihat dalam membuat fondasi rumah yang benar dengan fondasi dangkal ialah seperti berikut :

1. Tentukan ukuran serta denah rumah yang akan Anda bangun.
Ini ialah langkah awal sebagai dasar fundamen dalam membuat suatu rumah. Disamping itu gambarlah Sketsa fundamen yang memperlihatkan bangunan rumah Anda dari atas supaya mempermudah dalam membuat rumah nanti.

2. Membuat bowplank
Ini mempunyai tujuan untuk dasar dalam pembuatan fondasi itu. Tentukan titik tengah kolom dan tempat dinding serta dari bowplank ini kita bisa membuat dinding sikut dengan pojok 90 derajat.

Bowpank adalah referensi yang perlu dibikin sesuai denah rumah hingga Anda harus betul-betul membuat titik kolomnya

3. Menggali Fondasi
Kedalaman yang diperlukan untuk bikin fondasi rumah simpel kira-kira 40 sampai 50 cm.
Dalam ini dikuasai oleh struktur tanah di wilayah yang ingin Anda bangun itu.

Bila tanah itu mempunyai struktur yang keras karena itu ukuran tadi disebut lumayan memadai, bila susunan tanah sebaliknya remah/lembut? karena itu penggaliannya harus dikerjakan lebih dalam serta ditambah lagi terucut pada selama garis pondasinya.

4. Menempatkan fondasi
Sesudah anda usai menggali lubang barusan. saat ini waktunya anda menempatkan tipe fondasi yang diambil.
Jadi contoh saya akan mengambil memakai batu kali atau batu bata merah. Pemakaian tipe bahan baku ini tentu saja harus sesuai dari kontruksi tanah di wilayah Anda pun.

– Setelah itu pemasangan batu bata untuk fondasi sesuai titik bowpank tadi sudah dibikin. Biasanya mempunyai ukuran kedalaman sampai 4 lapis bata merah.

– Teknik pemasangan batu bata ini juga harus dikerjakan dengan jeli. Fondasi yang berupa segitiga dengan susunan paling bawah melebar, sedang yang ke atas pasangan satu batu bata yang mempunyai ukuran seputar 20 cm.

– Sesudah usai, setelah itu kita teruskan dengan menempatkan besi yang sudah dianyam dengan kawat ikat. Semasing dari ujung besi itu dibengkokan atau dihak serta semua dihubungkan dengan besi fondasi pelat ditempat atau yang dapat disebutkan tiang kolom.

– Setelah itu jika menempatkan begisting untuk sloof memakai tipe papan yang memiliki ukuran kira-kira 400 cm x 20 cm x 2 cm. Pemasangan ini harus dikerjakan dengan rapi serta kuat ini mempunyai tujuan supaya tidak ada kerusakan atau bobol saat proses pengecoran.

Kemungkinan telah sedikit ada deskripsi sesudah Anda membaca artikel mengenai langkah membuat fondasi rumah ini. Tetapi, Anda butuh belajar dengan ahlinya sebab kadang pembangunan fondasi rumah ini memakan waktu yang banyak supaya didapat hasil fondasi rumah yang benar sesuai kontruksi tanah.

Bila Anda membutuhkan beberapa info penting tentang baja, silahkan bertandang ke Baja Mudah Indonesia untuk memperoleh artikel berkaitan sekitar baja.