Manga Ubunchu! Serial Komik Yang Menambah Wawasan Kamu Tentang Linux

Posted on

Saat sedang berselancar dibeberapa web yang membahas tentang OS dan Kernel Linux siapa sangka saya malah menemukan Manga yang bisa dibilang sangat unik. Sebuah Manga yang membahas tentang sistem operasi Linux Ubuntu yang berjudul Ubunchu!.

Ubunchu! adalah serial manga Jepang yang menceritakan tentang perjuangan sosialisasi sistem operasi Linux Ubuntu di sebuah klub Sys-Admin.

Manga ini muncul pertama kali di “Kantai Ubuntu” Sebuah majalah yang diterbitkan oleh ASCII MEDIA WORKS Inc. Sekarang telah disebarkan kepada publik oleh Hiroshi Seo, selaku author, dengan persetujuan penerbit.

Lisensi Manga ini adalah Creative Commons: Attribution – NonCommercial license. Artinya, anda bebas untuk mengunduh, menyebarkan, ataupun menerjemahkannya kedalam berbagai bahasa.

Cerita yang disajikan sangat ringan, menghibur, dan penuh edukasi. Di halaman terakhir biasanya sering diberikan beberapa penjelasan-penjelasan singkat mengenai istilah-istilah umum yang ada di di dunia GNU/ Linux, agar pembaca tidak mengalami kebingungan.

Berikut Profile ketiga anggota klub Sys-admin:

  • Kisaragi Akane
    Ketua klub Sys-admin. Memiliki sifat keras kepala, tidak pernah tau tentang Sistem Operasi Berdesktop sebelum masuk SMA. Pengguna sekaligus maniak berat Unix. Tidak menyukai OS Windows dan karena ini dia selalu rusuh dengan Wakil Ketua.
  • Madou Misato
    Wakil Ketua dari klub Sys-admin. Penampilannya seperti cowok nakal keren yang atletis, padahal sebenarnya cuman maniak Eroge. Tidak tertarik dengan yang namanya jaringan atau pemrograman karena merasa Windows sudah superior.
  • Shiina Risa
    Anggota dari klub Sys-admin. Risa sering menjadi tokoh penengah jika terjadi perkelahian antara ketua dan wakil ketua. Risa merupakan pengguna MacOS. Tapi meskipun dia pengguna MacOS dia hanya menggunakannya untuk menggambar fanmade manga. Selain dari itu dia tidak paham apapun.

Nah yang ingin mengenal dunia Open Source & GNU/Linux, khususnya untuk distro ubuntu. Manga ini bisa dijadikan bahan bacaan yang pas untuk mengisi waktu luangmu.

Diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Fumihito Yoshida dan Hajime Mizuno kemudian disempurnakan oleh DoctorMo (Martin Owenns) mengadopsi lisensi Creative Commons dan menyediakan konten dasarnya (source) dalam bentuk blanko gambar tanpa teks.

Terjemahan bahasa indonesianya teambatch sendiri bener-bener bikin ngakak, terselip banyak bahasa daerah jadi tidak terasa kaku, enjoy banget lah pokoknya.