termometer digital

Manakah Yang Lebih Baik ? Termometer Digital Atau Termometer Air Raksa ?

Posted on

termometer digital

Termometer merupakan salah satu produk home care kesehatan yang berfungsi untuk mengukur temperatur atau suhu. Termometer memiliki berbagai macam kegunaan, mulai dari mengecek temperatur makanan hingga mengecek temperatur tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Termometer sendiri saat ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti termometer digital, termometer air raksa, termometer infrared, dan masih banyak yang lainnya. Ketika kita akan memilih termometer, manakah yang lebih baik, termometer digital atau termometer air raksa ? Jenis termometer yang anda pilih akan memiliki pengaruh signifikan terhadap pembacaan suhu serta keselamatan anda secara menyeluruh, jadi mari kita cermati terlebih dahulu perbandingan antara termometer digital dengan termometer air raksa berikut ini untuk mengetahui termometer mana yang jauh lebih baik untuk digunakan. Simaklah penjelasannya berikut !

Termometer Digital VS Termometer Air Raksa

Termometer air raksa telah ada sejak lama. Namun, akhir – akhir ini termometer digital mulai mengambil alih, yang kemudian membuat kami mulai meneliti manfaat – manfaatnya. Faktanya, termometer digital memiliki berbagai keunggulan dibandingkan termometer air raksa, berikut ini perbandingannya :

 

Keunggulan Termometer Digital

  • Termometer digital memberikan hasil pengukuran lebih cepat

Termometer digital menyediakan hasil pengukuran lebih cepat yang berbanding terbalik dengan termometer air raksa yang melakukan pengukuran suhu lebih lambat. Hal ini mengingat cara pengukuran suhu termometer air raksa yang harus menunggu air raksa untuk memanas terlebih dahulu dan kemudian pelan – pelan naik untuk menampilkan hasil pengukuran. Sedangkan termometer digital di desain dengan menggunakan teknologi terbaru yang memungkinkan alat ini menampilkan hasil pengukuran dengan instan, yang berarti kita tidak perlu menunggu lama untuk dapat melihat hasil pengukuran.

  • Termometer digital menyediakan akurasi yang lebih baik

Selain fakta bahwa termometer menyediakan kemampuan pengukuran suhu dengan cepat, termometer jenis ini juga perlahan – lahan mulai menggantikan termometer air raksa karena mereka dilengkapi dengan berbagai macam teknologi yang menyediakan akurasi lebih baik, yang kemudian membuat mereka menjadi pilihan populer untuk berbagai industri profesional. Bahkan, pada beberapa termometer digital juga menyertakan sensor termokopel pada probe yang telah diukur dan dihitung untuk memberikan akurasi yang sangat tinggi tanpa perlu kalibrasi seperti termometer air raksa.

  • Termometer digital lebih aman untuk digunakan

Alasan lain mengapa termometer digital lebih baik dari termometer air raksa adalah karena termometer jenis ini jauh lebih aman untuk digunakan. Termometer air raksa kebanyakan terbuat dari kaca. Penggunaan kaca ini dapat berbahaya karena dapat mudah pecah. Air raksa sendiri merupakan bahan kimia yang beracun, yang apabila dilepaskan dapat mencemari tubuh dan sekitarnya, sehingga sangat berbahaya. Apabila hal tersebut sampai terjadi, pembersihannya juga tidak mudah. Faktanya, penggunaan termometer air raksa sendiri sedang dihapuskan oleh beberapa negara di seluruh dunia dan tidak diijinkan untuk dijual kepada pelanggan, mengingat bahaya yang akan ditimbulkan. 

Di sisi lain, termometer digital menggunakan komponen logam, sehingga jauh lebih kokoh dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk meningkatkan keamanan dalam penggunaannya. Terdapat juga beberapa model yang dapat digunakan untuk mengukur suhu jauh di bawah titik beku merkuri.