Malang adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Timur yang familiar sebagai kota pelajar
Malang adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Timur yang familiar sebagai kota pelajar

Malang adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Timur yang familiar sebagai kota pelajar

Posted on

Malang adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Timur yang familiar sebagai kota pelajar. Tak hanya sebagai kota pelajar maupun kota pendidikan, Malang juga kerap dijuluki sebagai kota kuliner. Terdapat banyak sekali jajanan khas Malang yang dapat Anda beli disini. Rasanya pun unik dan lezat, disertai tampilannya yang menggugah selera.

Di samping terletak di lokasi yang strategis, Kota Malang pun berada di dataran tinggi, sampai-sampai mempunyai hawa sejuk yang menciptakan orang kerasan di sana. Tak heran andai para penduduk dan wisatawan tak bosan-bosannya memilih Kota Malang sebagai tujuan liburan mereka.

Bersebelahan dengan Surabaya, Malang pun terkenal dengan objek wisatanya yang banyak dan bagus. Bahkan beberapa masih belum terjamah manusia, yang menciptakan para pengembara suka hadir untuk explore daerah-daerah tersebut. Namun, Anda sebagai wisatawan tak butuh bersusah-susah guna mengexplore tempat Paket Wisata Malang itu. Karena tidak sedikit sekali tempat-tempat wisata terindah yang telah tertata cantik guna Anda kunjungi ketika Anda sedang di Kota Malang.

 

Kawasan Malang Raya bisa menjadi opsi tepat guna quality time bareng keluarga. Dari Kota Malang, Kabupaten Malang, hingga Kota Batu menyuguhkan lokasi wisata family dengan pelbagai keistimewaan masing-masing. Mulai dari dusun tematik, taman hiburan instagenic, sampai tujuan bernuansa alam. Berikut lokasi wisata family di Malang yang dapat masuk itinerary weekend-mu.

 

Kota Warna – warni Jodipan

 

Kota Malang memiliki 3 dusun tematik yang bertempat di satu kawasan. Salah satunya Kampung Warna-warni Jodipan, semua aspek di lokasi ini disulap menjadi berwarna. Mulai dari lokasi tinggal sampai jalanannya, dilengkapi pula dengan pernak-pernik warna-warni. Puaskan berswafoto di masing-masing sudut tujuan ini, dapat juga sekalian melalui jembatan kaca. Tiket Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) Rp 3.000-an dapat digunakan seharian (bisa masuk-keluar tanpa bayar lagi) dan parkir motor Rp 5.000-an. Tempat wisata ini buka pukul 07.00-18.00. KWJ beralamat di Kelurahan Jodipan, kurang lebih 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

 

Kampung Biru arema

Bila anda pernah memahami Santorini alias blue city di Yunani atau Chefchaouen di Maroko, maka Kota Malang punya Kampung Biru Arema. Tempat wisata family di Kota Malang ini terletak di seberang Kampung Warna-warni Jodipan. Tiket masuknya Rp 3.000-an, parkir motor Rp 2.000-an. Bukan melulu kampung yang diselimuti warna biru, di sini anda dapat memahami sejarah Arema FC (klub sepak bola Malang) melewati display berisi artikel dan logo Arema FC.

 

Alun-alun Kota malang

Alun-alun Kota Malang pun dapat menjadi destinasi berwisata bareng keluarga. Masuk ke sini tak diambil biaya. Di sini kamu dapat bersantai di lokasi duduk yang tersebar ke penjuru alun-alun. Ada pula arena bermain anak dan air mancur. Penjual street food pun lumayan banyak, sebut saja cilok, bakso, soto, dan es degan. Di Alun-alun Kota malang terdapat pelbagai wisata tempat ibadah diantaranya  Masjid Jami’, GPIB Immanuel, Toko Oen, hingga Pasar Besar.

Hawai Waterpark

Sesuai dengan namanya, anda dan keluarga bisa merasakan pelbagai wahana bernuansa air di Hawai Waterpark. Seperti Waikiki Beach (kolam tsunami), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House (aneka permainan anak ember air raksasa). Tempat wisata family di Malang ini buka masing-masing setiap hari pukul 09.00-16.30. Tarif masuk Rp 75.000-an ketika weekday dan Rp 110.000-an saat weekend. Hawai Waterpark berlokasi di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Berbatasan langsung dengan Kota Malang, perjalanan 10 menit berkendara dari Terminal Arjosari.

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul wisata one-stop entertainment yang dikelilingi sawah. Ada pusat kuliner, belanja, hingga atraksi unik seperti naik kuda. Kamu hanya merogoh kocek Rp 5.000-an per orang sebagai tarif masuk. Nantinya tiket masuk di gerbang utama dapat Anda tukarkan dengan tiket masuk ke wahana-wahana yang terdapat di area ini. Kamu dapat mencoba pelbagai kuliner di Cafe Sawah yang berada di ujung Desa Wisata Pujon Kidul. Ada pelbagai makanan, mulai dari nasi jagung, olahan ikan, dan ragam sayur. Sistemnya prasmanan, setelah anda ambil makanan, langsung mengarah ke kasir. Harga makanan di sini mulai dari Rp 5.000-an. Kalau kamu hendak masak di rumah, bisa melakukan pembelian sayuran segar yang seringkali baru dipanen oleh petani setempat. Biasanya satu kantong sayur (setara 1 kilogram) dijual dengan harga Rp 10.000-an.

Monumen Juang

Monumen Juang ialah salah satu lokasi wisata yang bisa Anda nikmati di depan stasiun kereta api Malang. Patung yang mempunyai tinggi 5 meter ini di dirikan menurut perjuangan penduduk Kota Malang melawan penjajah. Dihiasi dengan pagar yang mengelilingi monumen tersebut, ada pula kutipan proklamasi di depan patungnya.

Anda dapat merasakan betapa megahnya monumen-monumen tersebut dengan mendatanginya saja. Pintu masuknya dari Stasiun Kereta Api Kota Baru, menjadikan monumen ini sebagai lokasi wisata pertama yang mesti dikunjungi

Candi Badut

Candi Badut merupakan candi tertua di Jawa Timur. Dengan berkunjung ke sana, Anda dapat memperoleh keindahan dari candi ini. Biasanya Candi Badut digunakan untuk upacara keagamaan Hindu.

Memang benar, tidak ada penarikan tarif untuk para pengunjung, melainkan Anda cukup memasukkan uang seikhlasnya untuk menjaga dan melestarikan tempat wisata tersebut. Dengan taman yang bersih dan rapi, pengunjung dapat menikmati panorama alam di sekitar Candi Badut.

Pantai Balaikambang

Tempat wisata berikutnya adalah Pantai Balekambang yang terletak di selatan Kota Malang. Berjarak 65 km dari pusat kota, pantai ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan. Pasalnya, tempat ini mempunyai bentuk seperti Tanah Lot di Kota Bali. Tentu saja keindahan pantainya tak perlu diragukan lagi.

Tempat ini mempunyai ombak yang indah dengan suaranya yang sangat menenangkan. Anda dapat menikmati omba di sepanjang bibir pantai yang terbentang sepanjang 2 km tersebut.

Selecta

Destinas wisata berikutnya adalah Selecta yang merupakan taman bunga yang sangat indah. Tak hanya taman bunga saja, pemandangan sepanjang jalan menuju Selecta pun sangat menawan. Tempat ini benar-nbenar cocok untuk Anda yang sedang ingin mengusir penat di kepala Anda. Karena Anda akan disuguhkan pemandangan khas Malang yang berpadu dengan udara yang sangat fresh.

Tak hanya pemandangan saja, terdapat pula wahana yang disediakan untuk pengujung. Seperti berkendara dengan kuda, sepeda angin, kolam renang, dan lain sebagainya. Hanya dikenakan biaya masuk kurang lebih Rp 17.000 Anda sudah dapat menikmati indahnya Selecta.

Batu Night Spectacular

Tempat wisata berikutnya adalah Batu Night Spectacular atau yang biasa disebut sebagai BNS. Buka pada malam hari, BNS mempunyai banyak lampu-lampu yang unik dan juga cantik. Anda dapat menjadikannya spot berfoto selfie karena bentuk lampunya yang lucu. Tak hanya itu saja, BNS juga mempunya berbagai wahana yang seru.

Terdapat juga tempat berbelanja oleh-oleh yang disediakan untuk Anda yang ingin memberi buah tangan kepada keluarga di rumah. Dengan tiket masuk Rp 20.000-Rp 30.000, Anda sudah dapat masuk ke BNS. Namun jika Anda ingin mencoba wahana, Anda harus membayar Rp 15.000 per wahana.

Pemandian Kalireco

Bila Anda berkunjung ke Malang dan ingin menikmati sebuah pemandian yang menyuguhkan panorama alam, Pemandian Kalireco adalah opsi yang sangat tepat. Pemandian ini terletak di kecamatan Lawang. Tempat wisata ini bisa dibilang cukup baru untuk dikadikan tempat pariwisata.

Dengan sumber air mata alami dan dikelilingi beberapa pepohonan yang rindang, menjadikan Pemandian Kalireco salah satu tempat untuk menghilangkan rasa penat. Selain dijadikan tempat berenang, pemandian ini banyak digunakan oleh para wisatawan untuk berfoto. Tidak ada tarif untuk pengunjung yang datang.

Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling berada di Jalan Raya Mulyoagung Nomor 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Kota Malang dengan Kota Batu. Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB. Tiket masuk ke sini kira-kira Rp 30.000-an, bisa mengakses semua wahana kecuali Kolam Pesona Primitif. Terdapat beragam kolam renang dan wahana permainan mulai dari komidi putar sampai sepeda air. Tak perlu bingung kelaparan, tinggal mampir Sengkaling Kuliner (food court) yang berada di dekat gerbang masuk. Buka setiap hari pukul 10.00-23.00 WIB. Di sini ada pula coffee shop bernama Ruang Coffee.

The Bagong Adventure

The Bagong Adventure Museum Tubuh berada satu kawasan dengan Jatim Park 1, tepatnya di seberang loket. Tempat wisata di Batu ini buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tarif masuk sekitar Rp 55.000-an saat weekday, untuk weekend Rp 120.000-an. Menjelajahi Museum Tubuh, seolah masuk ke dalam tubuh manusia sungguhan. Ada replika pembuluh darah, kulit, sampai organ. Kamu juga bisa berlagak sebagai dokter gigi maupun pasiennya dengan berswafoto di zona gigi. Tersedia juga layanan pemeriksaan medis gratis. Bahkan kamu akan menemukan ruang kadaver, berisi jenazah yang sudah diawetkan untuk dijadikan media pembelajaran. Dikatakan hanya orang dewasa yang boleh masuk ke sini dan pengunjung tak boleh mengabadikan ruangan ini dengan kamera maupun handphone.

The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort memberikan pengalaman liburan seolah sedang berada di Jepang. Pengunjung tak perlu menginap di sini untuk bisa berfoto-foto. Cukup membayar tiket masuk Rp 50.000-an. Kamu bisa menjelajahi taman khas Negeri Sakura, dilengkapi dengan taman, jembatan, dan Torii Gate (gerbang merah khas Kuil Shinto). Biar lebih terasa seperti di Jepang, kamu bisa sewa yukata dengan tarif Rp 150.000-an untuk perempuan, Rp 100.000-an untuk pria dan anak-anak. Tempat wisata ala Jepang di Malang ini berlokasi di Jalan Arumdalu Nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu. Rasakan sensasi berendam di Genki Onsen dengan tarif sekitar Rp 150.000 per orang. Jam operasional pemandian air panas ini pukul 14.00-17.00 WIB.

Jatim Park 1

Jawa Timur Park atau biasa disebut sebagai Jatim Park merupakan sebuah sarana rekreasi sekaligus belajar. Jatim Park sendiri merupakan ikon dari jawa Timur dengan 56 wahana permainan seperti kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lain-lain. Wahana-wahana menarik yang terdapat di tempat wisata ini di antaranya Volcano, Galeri Nusantara, Science Center, Flumride and Mythologies, dan miniatur beragam candi di Indonesia. Jatim Park dinobatkan sebagai juara 1 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional. Harga tiket masuk Jatim Park untuk weekday 55.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 75.000 Rupiah.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 terdiri dari Secret Zoo, Museum Satwa, dan Hotel Pohon Inn. Museum Satwa sendiri merupakan sebuah museum yang berisi satwa-satwa yang diawetkan dan juga fosil binatang purba yang didatangkan dari berbagai belahan dunia. Jika Anda sudah puas melihat satwa yang diawetkan, selanjutnya Anda dapat melihat beragam binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo sendiri menawarkan konsep kebun binatang modern, di mana terdapat berbagai macam koleksi satwa dari beragam belahan dunia yang ditempatkan di dalam kandang yang dibuat menyerupai habitat aslinya.

Secret Zoo menyuguhkan tema yang berbeda di setiap lokasi penempatan satwanya. Mulai dari tema Savana, Kampung Afrika, Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds, Tiger Land, dan lain-lain. Secret Zoo sendiri berhasil meraih penghargaan “Best Winner Traveler Choice 2014”. Harga tiket masuk untuk weekday 70.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 100.000 Rupiah

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan pengembangan dari Jawa Timur Park Group. Sesuai namanya, museum unik ini mempunyai koleksi aneka macam alat transportasi kuno dan modern dari seluruh belahan dunia, baik itu angkutan darat, laut, maupun udara. Museum ini berdiri megah di atas lahan seluas 3,7 hektar. Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona sesuai dengan latar belakang jenis angkutannya, seperti Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Batavia, Zona Inggris, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Italy, Zona Hollywood, Zona Perancis, dan Pasar Apung Nusantara. Bukan hanya kendaraan saja yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia, tetapi Anda juga dapat benar-benar merasakan atmosfer kota-kota besar dunia seperti, London, Amerika, Italia atau Paris. Zona yang paling menarik adalah Zona Gangster and Broadway, di sana Anda akan disuguhi suasana di suatu kota kecil dengan konsep jalanan luar negeri lengkap dengan kantor polisi, gedung bioskop, dan pertokoan. Anda juga akan menjumpai Broadway Theatre sekaligus menikmati film lawas Charlie Caplin.

Eco Green Park

Eco Green Park berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9A, Batu. Setiap harinya, tempat wisata ini buka mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 5.00 sore. Harga tiket masuk ke Eco Green park di hari biasa adalah 40.000 Rupiah per orang dan 60.000 Rupiah per orang pada akhir pekan. Eco green park sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Sedikitnya terdapat lebih dari 10 zona yang antara lain Zona Insectarium, Zona Walking Bird, Zona Music Plaza, Zona Jungle Adventure, Zona Animal Farm, Zona World Parrots, Zona Duck Kingdom, Zona Rumah Terbalik, dan masih banyak lainnya. Ada salah satu zona baru yang ditambahakan di Eco Green Park, yaitu zona memerah susu sapi. Di sini akan ditunjukkan demo memeras sapi perah Friesian Holstein (FH). Dua jenis sapi perah yang ada di zona ini langsung didatangkan dari Australia.

Paralayang & Rumah Pohon

Paralayang dan rumah pohon berada dalam satu area, tepatnya di Gunung Banyak. Di atas Gunung Banyak ini, Anda bisa menikmati pemandangan keseluruhan kota batu. Jika Anda berkunjung saat malam Anda bisa menikmati pemandangan kerlap kerlip kota Batu lengkap dengan gemerlap bintang yang menghiasi langit malam. Anda yang menyukai suasana tenang bisa duduk di bangku-bangku kayu sambil menikmati suasana kota batu dari ketinggian. Sedangkan bagi Anda yang menyukai kegiatan ekstrim penguji adrenalin, bisa mencoba olahraga paralayang. Tak perlu khawatir akan jatuh karena Anda akan terbang didampingi oleh pemandu. Berkunjung ke Paralayang jangan lupa mampir ke rumah pohon. Pernah membayangkan tidur dan menginap di rumah yang serba kayu dengan pemandangan alam yang menyejukkan hati? Anda bisa menginap di Rumah Pohon. Cukup dengan 250.000 – 350.000 Rupiah per malamnya, Anda bisa menghabiskan malam di atas rumah pohon. Jika tidak ingin menginap, Anda bisa melihat-lihat sambil berfoto dengan biaya 5.000 Rupiah saja.