macam alat sterilisasi

Mengenal Beberapa Macam Alat Sterilisasi

Posted on

Alat sterilisasi umumnya disesuaikan degan metode sterilisasi yang digunakan, ataukah menggunakan metode fisik, kimiawi atau menggunakan metode yang lainnya. Dalam dunia medis, alat sterilisasi yang digunakan umumnya ada beberapa jenis. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang macam alat sterilisasi kesehatan maka baca terus artikel ini hingga akhir. Kita akan bahas secara singkat, padat dan jealas.

Macam Alat Sterilisasi kesehatan

Sebagaimana kita ketahui, sterilisasi adalah proses menghilangkan mikroba yang menempel pada satu media atau alat tertentu dengan menggunakan metode tertentu. Dalam dunia medis sterilisasi benar – benar sesuai dengan yang diharapkan dalam pengertiannya. Yakni menghilangkan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penularan penyakit dari satu pasien ke pasien lainnya. Berikut ini macam alat sterilisasi yang digunakan dalam dunia medis.

# Autoclave

Anda yang bekerja di instansi kesehatan tentunya sudah sangat familiar dengan alat ini. Autoclave merupakan alat sterilisasi dalam dunia medis yang bekerja dengan menggunakan panas uap bertekanan. Autoclave ini digunakan dalam sterilisasi menggunakan metode fisik. Alat ini memiliki efektifitas paling tinggi diantara jenis lainnya karena menggabungkan antara panas dan tekanan tinggi. Sehingga autoclave dapat mensterilisasi hingga pada tingkat spora

# Sterilisator Kering

Sama – sama sebagai alat sterilisasi dan juga masih termasuk dalam metode fisik dalam dunia sterilisasi medis. Mengapa disebut sterilisator kering, karena panas yang digunakan adalah berupa radiasi dari sumber tertentu. Berbeda dengan autoclave yang menggunakan panas uap, yang disebut juga sterilisasi basah. Sterilisator kering dilengkapi dengan elemen pemanas yang dapat memancarkan sinar inframerah dengan suhu tinggi. Panas inilah yang akan digunakan untuk membasmi mikroorganisme patogen secara oksidasi.

# Lampu UV sterilisasi

Alat sterilisasi kesehatan yang lainnya yaitu lampu uv sterilisasi. Apa itu ? Sebuah alat yang didesain khusus menggunakan lampu UV degan energi tinggi sehingga dapat menghancurkan mikroba tak kasat mata. Alat ini secara khusus digunakan untuk mensterilkan partikel bakteri dan virus yang ada di udara bebas dalam satu ruang tertentu. Sterilisasi ruangan rumah sakit dilakukan secara berkala, mingguan, bulanan dan juga dalam kondisi khusus misalnya terjadi wabah yang berbahaya.

Ada satu lagi alat sterilisasi medis yang juga digunakan di rumah sakit ataupun klinik yaitu cairan yang bersifat desinfektan. Itulah beberapa macam alat sterilisasi kesehatan yang umumnya digunakan di rumah sakit & klinik. Sekian, semoga bermanfaat