kucing savannah

Mengenal Lebih Kucing Savannah

Posted on

Jika Anda perhatikan sekilas, kucing savannah ini mirip seperti macan tutul. Kucing savannah merupakan kucing hibrida hasil perkawinan antara kucing serval Afrika dengan kucing domestik. Kucing savannah banyak menjadi incaran para pencinta kucing kelas dunia karena keberadaanya yang terbatas.

Kucing savannah ini sangat istimewa juga karena pernah tercatat dalam rekor Guiness World Records sebagai kucing terpanjang di dunia. Ukuran kucing savannah yang tembus rekor tersebut mencapai sekitar 44 cm. Namun sudah tahukah Anda seperti apa ciri-ciri fisik yang dimiliki kucing savannah? Simak penjelasan berikut ini.

Ciri-Ciri dan Karakter Kucing Savannah

Dilansir dari adhdmalta berikut ini ciri dan karakter yang dimiliki oleh kucing savannah.

1. Telinga

Memiliki telinga yang tegak dan besar bak sonar yang menjadi ciri khas warisan dari nenek moyangnya. Pada bagian belakang telinga kucing savannah terdapat occeli yang menjadi ciri khasnya juga. Occeli ini bentuknya seperti mata yang memiliki garis tepi coklat, hitam, dan abu-abu tua. 

2. Mata

Mata kucing savannah ini tajam dan terlihat ekspresif karena pada bagian atas mata kucing ini tampak seperti bumerang dengan bentuk almond di bawahnya. Kemudian ciri selanjutnya adalah terdapat noda hitam yang menunjukkan ciri khas mata dari kucing ini.

3. Bentuk  Tubuh Atau Pola

Savannah ini memiliki bentuk tubuh besar, panjang, dan juga tinggi, tetapi ramping alias tidak bertubuh gemuk seperti pada kucing anggora dan persia. Kucing savannah memiliki tubuh yang lumayan lentur sehingga kucing ini gesit dalam melakukan gerakan.

Pola pada kucing ini hampir sama seperti macan tutul, yaitu memiliki kulit motif warna hitam tutul, hitam totol, perak tabby tutul, dan coklat tabby tutul.

4. Bangun

Kucing savannah memiliki kepala yang kecil akan tetapi lebar dengan leher yang panjang dan ramping. Kemudian untuk kakinya, kucing savannah memiliki kaki yang jenjang dan panjang, dan pada saat kucing ini berdiri, bahunya akan terlihat menonjol lebih rendah daripada ujung kepalanya. 

Setelah tertulis 4 ciri-ciri dan karakter kucing savannah di atas, Anda sekarang merasa tidak heran lagikan jika kucing savannah ini banyak menjadi primadona masyarakat dunia.