Kiat Sukses Menetapkan Pesta Pernikahan Akhir Tahun

Kiat Sukses Menetapkan Pesta Pernikahan Akhir Tahun

Posted on

Antoniaroseprinting.com Pesta pernikahan yang bisa dilangsungkan dengan meriah tentunya butuh persiapan dan perencanaan yang matang. Namun, bagaimana jadinya jika kita melakukan pesta pernikahan diakhir tahun? Sebagaimana yang kita ketahui akhir tahun merupakan momen dimana semuanya menjadi langka, mahal dan waktu yang super sibuk. Bagaimana tidak, banyak orang yang merencanakan untuk pergi liburan dan semua hal seru lainnya.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa merencanakan pernikahan diakhir tahun. Kita tentunya tetap bisa menggelar acara pernikahan akhir tahun ini dengan tips dan trik agar pesta tersebut tetap berlangsung dengan meriah, hemat dan berkesan.  Berikut penjelasan secara lebih detail.

1. Tentukan Tempat dan Tanggal

Sebelum memutuskan untuk menggelar acara pernikahan akhir tahun, maka tentukan terlebih dahulu dimana dan kapan acara tersebut akan diselenggarakan? Apakah akan diselenggarakan disebuah gedung? Jika iya, maka pastikan kita masih bisa melakukan pemesanan untuk mendapatkan tempat disela-sela jadwal kosong. Jangan sampai ketika mendekati hari-H kita malah masih sibuk mencari tempat.

Ingatlah, bahwa ini adalah jadwal sibuk yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya kita yang mungkin ingin menggelar pesta di akhir tahun. Jadi, jangan sampai salah dalam perhitungan waktu yang ditentukan dengan perkiraan tempat yang bisa digunakan. Pastikan juga penetapan tanggalnya sudah sangat bagus. Karena, jika salah maka kita bisa saja merusak suasana pesta tersebut nantinya.

2. Perhitungan Biaya

Jangan sampai kita kehabisan dana hanya karena lalai dalam menghitung biaya pernikahan yang mungkin akan dihabiskan. Sebagai seorang calon pengantin, jangan sungkan untuk menanyakan masalah anggaran biaya pernikahan ini kepada pihak keluarga, teman atau rekan kerja. Karena, perhitungan masalah biaya pernikahan ini adalah masalah yang sensitif. Hal ini nantinya bisa menjadi tolak ukur lancar atau tidaknya pesta yang akan diselenggarakan.

Untuk bisa mencapai suasana pernikahan yang sakral dan meriah, maka kedua belah pihak keluarga harus saling melengkapi dan terbuka. Misalnya kita menanyakan berapa kesanggupan dari pihak pasangan untuk saling bahu-membahu membiayai pesta pernikahan tersebut nantinya. Dan, jika misalkan dana pernikahan masih dirasa kurang cukup, maka kita bisa mensiasatinya. Entah itu dengan mengurangi biaya dengan menghematnya atau menambah tabungan yang akan dipergunakan nantinya.

3. Pendaftaran Pernikahan

Melakukan tahapan pra pernikahan ini sangat penting. Apalagi jika dilakukan jauh lebih awal sebelum acara pesta akan digelar. Kenapa? Karena hal seperti ini akan membutuhkan banyak waktu, tenaga dan fikiran. Pastinya ada banyak sekali syarat dan persiapan penting terkait pendaftaran pernikahan yang harus diurus. Jadi, jika kita mengurusnya jauh lebih awal maka lebih bisa terfokus kepada acara tersebut dengan mudah.

Kita tidak lagi terburu-buru untuk menyiapkan segala keperluan pernikahan termasuk masalah pendaftaran pernikahan ini sebelum hari yang ditentukan. Karena, kita harus ingat bahwasanya ada banyak halangan yang mungkin saja terjadi. Misalnya saja banyak hari libur terkait akhir tahun, kemacetan dimana-mana hingga pencaharian berkas-berkas dokumen yang penting untuk dikumpulkan.

4. Pembuatan Daftar Tamu

Jangan lupa untuk menentukan seberapa banyak nantinya daftar tamu undangan yang akan dijamu? Mendata daftar tamu sebelum pesta pastinya akan sangat membantu. Karena, kita akan teralihkan fokus keberbagai hal penting lainnya jika sudah menjelang pesta pernikahan. Tak jarang juga bahkan kita melupakan saudara dan teman terdekat sendiri untuk dijadikan sebagai daftar tamu tersebut.

Bayangkan saja bagaimana sibuknya dan stresnya calon pengantin menjelang pernikahan mereka. Jadi, bukan hal yang aneh jika melupakan beberapa daftar tamu yang seharusnya hadir untuk diundang di pesta tersebut. Sehingga, sangat disarankan menulis daftar tamu jauh-jauh hari sebelum melangsungkan pesta pernikahan.

5. Pemilihan Vendor

Baik berupa wedding organizer maupun catering wedding, harus dipilih dengan benar sebelum melangsungkan sebuah pesta. Seperti ketika memilih salah satu WO terbaik. Dimana nantinya mereka adalah vendor yang akan mewujudkan pesta pernikahan impian sesuai dengan tema dan bugdet yang telah disepakati.

Begitu juga halnya dengan catering wedding ini. Dimana kita harus benar-benar memilih pilihan vendor yang tepat. Karena tidak jarang kesalahan dalam pemilihan jasa catering wedding akan berujung pada makanan yang kurang enak, jumlah porsi sedikit atau bahkan menu yang tidak sesuai dengan pesanan.

6. Menyiapkan Kartu Undangan

Kartu undangan juga merupakan hal penting untuk sebuah pesta pernikahan. Walaupun mungkin masih ada yang menggunakan layanan medsos untuk menyebarkan dan memberitahukan hari bersejarah tersebut. Namun, tetap saja, undangan akan terasa lebih resmi dan formal. Sehingga, sangat disarankan memilih dan menggunakan jasa cetak undangan jauh hari sebelum akhir tahun.

Baca Juga : Indahnya Sebuah Pernikahan

Ini akan menghindari kesalahan di dalam percetakan undangan. Entah itu kesalahan dalam nama, gelar dan bahkan tema yang digunakan. Jika sudah memesan jauh-jauh hari sebelum pesta, maka setiap kesalahan masih bisa diperbaiki ulan. Namun, bayangkan jika waktunya sudha mepet? Pastinya akan sangat suli, bukan?

Karena biasanya pengiriman akhir tahun akan mengalami masalah overload. Pastinya kita tidak ingin pesta pernikahan tertunda atau bahkan kacau hanya karena masalah hasil cetak undangan tidak datang tepat waktu, bukan? Nah, demikianlah trik dan tips menyiapkan pesta pernikahan diakhir tahun. Tidak terlalu sulit, kan?

Sumber : Catering Surabaya