Jenis Tas Yang Cocok Untuk Bekerja

Posted on

Akhir-akhir ini, banyak konveksi tas Jogja yang membuat beragam tas untuk kerja baik untuk wanita mapupun untuk pria. Karena tas merupakan salah satu hal yang penting saat Kita bekerja. Banyak yang membeli tas orang menggunakan backpack atau ransel punggung sebagai tas kerja. Backpack digemari oleh pria dan wanita karena sederhana dan mampu menampung banyak barang. Saat ini, telah dijual beragam jenis backpack yang cocok untuk bekerja ataupun perjalanan bisnis. Tampilannya pun modis dengan harga bersaing.

Cara memilih backpack untuk kerja
Dalam memilih backpack untuk bekerja, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, seperti kompartemen penyimpanan, kemudahan untuk dibawa, dan fitur berguna lainnya. Kami akan menjelaskan secara mendetail di bawah ini khusus untuk Anda.

Pilihlah kapasitas dan ukuran yang tepat
Pada umumnya, backpack untuk bekerja dirancang dengan kapasitas yang cukup untuk memuat dokumen berukuran A4. Dengan demikian, map dokumen kantor Anda bisa masuk ke dalamnya. Untuk membawa dokumen dan files biasa, backpack berukuran A4 adalah pilihan yang sesuai. Namun, jika Anda sering membawa banyak barang atau barang besar seperti amplop, pilihlah backpack berukuran B4.

Akan tetapi, meskipun backpack tersebut cukup untuk menampung dokumen A4 dan B4, bagian tepi dokumen atau amplop bisa saja tertekuk apabila backpack berbentuk oval. Jika Anda ingin membawa dokumen penting tanpa tertekuk atau terlipat, pilihlah backpack berbentuk kotak atau persegi.

Cek letak, jumlah kantong, dan kompartemen penyimpanan khusus
Anda juga perlu memilih backpack yang dilengkapi dengan kompartemen atau kantong penyimpanan yang baik. Sesuaikanlah jumlah kantong dan kapasitas kompartemen berdasarkan jenis barang yang akan Anda bawa.

Untuk laptop, pilih backpack dengan kompartemen khusus laptop
Hampir semua orang yang bekerja kantoran ataupun pribadi mengandalkan laptop sebagai sarana bekerja sehari-hari. Untuk menyimpan dan melindungi laptop Anda dari benturan, pilihlah backpack yang sudah dilengkapi dengan kompartemen atau kantong berbantalan (padded sleeve) khusus laptop. Pastikan pula bahan kantongnya ringan dan lembut, serta dirancang agar tidak menggores permukaan laptop Anda.

Selain itu, periksa juga ukuran laptop Anda. Backpack dengan tempat penyimpanan laptop memiliki ukuran yang beragam, tetapi kebanyakan didesain untuk menampung laptop 15 inci. Jadi, sesuaikanlah dengan ukuran laptop Anda sebelum membeli.

Pastikan Anda mudah menata barang di kantong bagian dalam
Jika Anda memasukkan barang kecil di dalam backpack begitu saja, Anda pasti akan kesulitan mencari dan mengambil barang tersebut saat dibutuhkan. Jika backpack Anda dilengkapi dengan kantong kecil atau besar di dalam kompartemen utamanya, Anda jadi lebih mudah menata barang.

Dengan kantong khusus gadget, barang seperti tablet, pemutar musik, dan charger bisa disimpan secara rapi tanpa terbelit di dalam backpack. Jika terdapat kantong untuk menyimpan peralatan menulis seperti pulpen atau buku, Anda pun lebih mudah mengambilnya saat diperlukan.

Perhatikanlah baik-baik jumlah dan penempatan kantong di dalam backpack yang hendak Anda beli. Pastikan kantong-kantong tersebut sesuai untuk menampung jenis barang bawaan Anda. Dengan begitu, barang Anda akan lebih mudah diatur dan diambil dari dalam backpack.

Pastikan terdapat kantong luar agar mudah mengambil barang
Bagi sebagian orang, kantong bagian dalam adalah fitur yang wajib ada untuk sebuah backpack. Padahal, kantong bagian luar juga tidak kalah pentingnya. Kantong di bagian luar penting untuk menaruh barang-barang yang sering Anda ambil seperti dompet atau kunci. Dengan adanya kantong di bagian luar, Anda tidak perlu lagi repot-repot menurunkan dan membuka backpack. Anda bisa mengakses barang-barang tersebut secara lebih mudah dan cepat.

Di sisi lain, apabila terdapat lubang untuk menyelipkan kabel charging di bagian samping, Anda juga bisa mengecas ponsel sembari memanggul backpack. Fitur ini akan sangat memudahkan Anda.

Utamakan tas yang mudah dibawa setiap harinya
Tiap-tiap orang mengenakan backpack kerja untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah backpack yang paling mudah dibawa ke mana pun Anda pergi.

Pilih backpack ergonomis jika berjalan kaki atau naik kereta
Jika Anda pergi bekerja dengan kereta atau berjalan kaki, pilihlah desain backpack yang tidak membuat Anda lelah meskipun dipakai dalam waktu lama. Backpack berdesain ringan dan ergonomis biasanya dirancang agar tidak memberatkan punggung dan bahu Anda. Dengan begitu, Anda bisa membawa barang berat seperti laptop dan buku-buku dalam waktu lama tanpa lelah.

Akhir-akhir ini, produsen peralatan outdoor seperti Eiger juga telah banyak memproduksi backpack yang cocok untuk bekerja. Backpack untuk mendaki gunung biasanya memiliki bentuk yang sesuai untuk menampung beban berat. Jika desainnya simpel dan cocok untuk harian, Anda bisa memilihnya sebagai backpack untuk bekerja.

Pilih yang bertali selempang jika berkendara dengan sepeda atau motor
Untuk Anda yang bepergian dengan sepeda atau motor, pilihlah backpack yang dilengkapi dengan tali selempang atau tali bahu. Anda dapat menyelempangkannya di bagian dada sehingga tas Anda aman dan tidak akan terjatuh pada saat berkendara motor. Dengan tali selempang, beban tas akan terasa lebih ringan dari yang seharusnya.

Pilih bahan yang nyaman untuk bagian punggung tas
Untuk mengoptimalkan kenyamanan saat Anda memanggul backpack, bahan punggung bagian belakang tas juga perlu diperhatikan. Bahan mesh atau jaring sangat direkomendasikan. Dengan bahan yang breathable atau bersirkulasi udara yang baik ini, punggung Anda tidak akan terasa gerah.

Selain itu, berhati-hatilah karena bagian belakang backpack akan selalu bersentuhan langsung dengan punggung Anda. Jika bahannya keras dan kasar, setelan kantor atau punggung jas Anda bisa tergores dan koyak. Untuk itu, Anda disarankan memilih bahan yang berbantalan (padding) empuk seperti urethane.

Agar terlindung dari hujan dan cuaca buruk, carilah yang berbahan waterproof
Anda pastinya tidak ingin terjadi drama laptop dan dokumen kantor yang basah kuyup akibat hujan, bukan? Karena itu, pilihlah backpack yang antiair alias waterproof, atau setidaknya terbuat dari bahan yang sangat tahan air.

Namun, meskipun bahan utama backpack sudah waterproof dan tahan air, bisa jadi bagian ritsletingnya tidak tahan air. Nah, bisa gawat jika air hujan menembus masuk melalui celah ritsleting! Jadi, pastikan bagian ritsleting dan kantong luarnya didesain aman dari basah, serta mampu mencegah air masuk ke dalam.

Pilih desain fleksibel yang bisa dipakai untuk berbagai acara
Meskipun backpack yang Anda cari di artikel ini akan digunakan untuk bekerja, tetaplah memilih desain yang fleksibel. Carilah model backpack yang tidak terlalu kasual, tetapi masih cocok digunakan untuk berjalan-jalan selepas Anda dari pulang kantor. Anda juga bisa memilih backpack yang desainnya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sebagai contoh, jika Anda sering bertemu klien, pakailah backpack yang memiliki handel atau tali jinjing agar terlihat lebih elegan. Terkadang, tas model backpack terasa kurang pantas jika dikenakan pada acara tertentu. Solusinya, Anda dapat memilih backpack jenis two-way bag atau three-way bag. Tas backpack jenis ini dapat digunakan sebanyak dua atau tiga cara yakni bisa dikenakan sebagai tas selempang dan tas jinjing. Jadi, Anda pun bebas mengenakan tas tersebut sesuai kebutuhan.