Jenis masalah pada sofa

Kenali 5 Jenis Masalah pada Sofa Ini Sebelum Mengatasinya

Posted on

Jenis masalah pada sofa bukan sekadar noda dan kutu. Perabot ini rentan mengalami kerusakan seperti halnya meja, kursi, lemari, maupun tempat tidur. Akan tetapi, beberapa orang mengabaikan perawatan berkala untuk sofa hanya karena fungsinya yang terkesan sepele.

Ya, sofa punya fungsi utama sebagai tempat duduk. Namun, apa Anda pernah memikirkan kotoran apa saja yang menempel di permukaannya? Selain itu, masing-masing material yang dipakai untuk sofa mempuyai ketahanan berbeda. Ada yang membutuhkan perawatan berkala, ada pula yang bisa Anda bersihkan sendiri.

baca juga jasa cuci sofa tangerang

Untuk lebih jelasnya, berikut ini lima jenis masalah pada sofa yang sebaiknya Anda waspadai:

  1. Warna berubah atau memudar

Meski masalah ini tak serta merta mengganggu fungsi sofa, perubahan warna akan membuat penampilannya kurang kinclong. Dari segi estetika pun akan mengurangi keselarasan pada ruangan tempat sofa ditaruh. Umur sofa, cara penempatan, dan jenis kotoran yang  menumpuk adalah tiga faktor utama yang membuat warnanya berubah atau memudar.

  1. Permukaan pecah atau mengelupas

Jika perubahan warna masih bisa diakali dengan mengganti posisi, maka permukaan sofa yang pecah dan mengelupas membutuhkan perbaikan yang lebih serius. Namun, Anda harus periksa dulu faktor penyebabnya. Pasalnya ada beberapa sofa yang permukaannya pecah atau mengelupas karena produksi. Dalam hal ini, Anda bisa meminta ganti rugi dari produsen.

  1. Tumbuhnya jamur pada sofa

Bukan cuma tembok, jamur juga jadi jenis masalah pada sofa yang tak boleh Anda abaikan. Faktor pemicunya pun masih berkaitan dengan tingkat kelembapan dan curah hujan tinggi. Jika jamur yang muncul belum terlalu banyak, Anda masih bisa membersihkannya sendiri, lalu tempatkan di titik ruangan yang lebih hangat.

baca juga cuci sofa tangerang

  1. Menguarkan bau tak sedap

Apa belakangan Anda mencium bau tak sedap dari sofa? Penyebabnya ternyata masih berhubungan dengan jamur. Meningkatnya tingkat kelembapan dan curah hujan kian menyuburkan pertumbuhan jamur yang kemudian memicu keluarnya bau apak. Anda bisa mengatasinya dengan menyemprotkan pewangi atau langsung mencucinya menggunakan sabun mandi bayi.

  1. Robekan di beberapa bagian sofa

Jenis masalah pada sofa yang satu ini pasti membuat Anda kesal. Selain tak sedap dipandang mata, Anda juga harus mengeluarkan bujet lebih untuk mengembalikan penampilannya. Robekan yang tak terlalu besar mungkin bisa ditangani sendiri, hanya saja hasilnya akan terlihat. Jangan sungkan untuk meminta bantuan profesional untuk menambalnya.

Pemeliharaan rutin adalah langkah mudah yang sebenarnya bisa membantu Anda mencegah masalah-masalah di atas. Menggunakan jasa pembersih sofa dapat menjadi opsi yang menunjang Anda dalam pemeliharaan perabot. Pasalnya, penyedia jasa akan memeriksa dulu jenis masalah pada sofa sebelum mengaplikasikan solusi agar fungsinya kembali dan nyaman ditempati.