Jangan Meremehkan Manfaat Air Minum

Posted on

Manfaat air minum tampaknya tidak sepele, seperti yang dipikirkan banyak orang. Manfaat air minum adalah mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan persendian.

Jenis minuman lain, seperti soda, tinggi gula dan kalori sehingga Anda bisa menambah berat badan. Minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan karena mengandung gula dan kafein. Begitu pula dengan jus buah botol, selalu perhatikan label produknya sebelum mengkonsumsinya.

Pentingnya AIR

Kalori dan air bebas gula adalah pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh tetap memiliki cukup cairan, sambil mengatasi kehausan setiap saat. Selain itu, manfaat air minum juga dinikmati oleh berbagai fungsi tubuh, termasuk:

Pertahankan kadar cairan tubuh atau hindari dehidrasi sehingga tubuh tidak mengalami gangguan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting untuk menjaga suhu tubuh normal.
Membantu memberi energi pada otot dan melumasi sendi agar tetap fleksibel. Ketidakseimbangan cairan dapat menyebabkan kelelahan otot.

Selain minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan bagi tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan makanan diperoleh terutama dari buah-buahan dan sayuran, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, ada beberapa ketentuan air minum yang sesuai dan aman untuk dikonsumsi, yaitu air yang hambar, tidak berbau, dan tidak berwarna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia di luar batas yang diizinkan.

Jangan lupa juga memastikan bahwa air minum tersebut layak untuk dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan, agar terhindar dari penyakit akibat konsumsi air mineral yang terkontaminasi. Dapatkan manfaat air minum untuk kesehatan dengan mengonsumsi air secara teratur setiap hari dan tambahkan dengan gaya hidup sehat.