Ingin Menjadi Seorang Detektif? Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki

Posted on

Tak harus menggunakan jasanya, Anda pun bisa tergabung didalamnya menjadi seorang detektif swasta. Pastikan memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan berikut ini, ya.

Pernahkah terfikirkan sebelumnya bahwa Anda akan tergabung kedalam anggota suatu agen mata-mata? Jika sebelumnya Anda menganggap bahwa pekerjaan tersebut hanya ditujukan pada mereka yang bekerja di bawah naungan instansi pemerintahan. Ternyata salah besar, karena kini sudah banyak jasa detektif yang bekerja secara mandiri atau swasta. Sebelum bergabung, pastikan untuk memenuhi beberapa kriteria khusus berikut ini.

Kemampuan Khusus yang Harus Dimiliki Seorang Detektif Swasta

Untuk bisa tergabung ke dalam jaringan agen mata-mata swasta, ada beberapa skill yang harus dikuasai. Berikut adalah 5 kemampuan khusus yang membedakannya dengan jenis pekerjaan lainnya.

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Seorang detektif swasta setidaknya harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini didasarkan pada jobdesk yang nantinya akan diemban, dimana dirinya harus bisa mendapatkan informasi sedetail mungkin. Hal ini tentu lengkap dengan risiko yang harus ditanggungnya, sehingga diharuskan anggota agen harus kritis dan memiliki rasa ingin tahu tinggi.

2. Komunikator yang Handal

Masih sejalan dengan poin pertama, kemampuan yang selanjutnya adalah seorang komunikan handal. Ketika menjalankan misi, seorang intelijen swasta harus bisa mewawancarai orang sekitar tanpa menumbuhkan kecurigaan yang mendalam. Untuk mencapainya tentu harus dilandasi oleh kemampuan komunikasi yang handal.

3. Memiliki Fisik Tangguh

Mengarungi medan yang tak mudah, seorang agen mata-mata harus memiliki fisik yang tangguh. Hal ini akan berpengaruh pada kecepatan proses serta efektivitas dan efisiensi penyelidikan suatu kasus.

4. Paham Dasar-Dasar Intelijen

Tak hanya seputar fisik, seorang yang ingin tergabung dalam agen khusus tersebut pun harus paham betul dasar-dasar intelijen. Ketika menjalankan misi, kode antar anggota harus dikuasai agar proses penyelidikan dapat berjalan dengan lancar.

5. Kemampuan Menggali Informasi

Jasa detektif swasta kini banyak digunakan daripada mempercayakan suatu kasus pada polisi. Hal ini didasarkan pada kemampuan menggali informasi agen yang setara atau bahkan bisa melebihi intelijen dibawah naungan pemerintah. Selain itu, kecepatan proses pun mendukung tingginya kepercayaan masyarakat pada agen tersebut.

 Aneka penjelasan seputar kemampuan khusus anggota yang tergabung dalam jasa detektif tersebut semoga dapat membantu Anda. Selain hal tersebut, kredibilitas suatu agen juga harus Anda perhatikan dengan baik agar bisa memperoleh kesejahteraan.