Geng Motor Yang Bermanfaat Bagi Lingkungan

Posted on

Geng Motor Yang Bermanfaat Bagi Lingkungan

Biasanya geng motor membuat warga cemas, takut dan khawatir karena konvoi, menarik gas motor dengan terdengar sangat keras. Tidak jarang jatuh korban kepada warga. Sebuah geng motor dari Nusa Tenggara Timur berbeda. Mereka bahkan mengantisipasi kehadirannya. Bagaimana bisa? Berikut ceritanya.

senapananginpedia.com

Geng ini dipimpin oleh tujuh pemuda yang sering mempertanyakan rutinitas kerja mereka sehari-hari. “

Perjuangan yang dimulai pada tahun 2005. Mereka kemudian menemukan ide, membentuk sebuah komunitas kecil dan bertekad praktek Ilmu Hewan diperoleh dari menuntut ilmu di Universitas Nusa Cendana Kupang,NTT. Pilih waktu luang, bersenjata dengan sepeda motor, mereka mengunjungi desa. , Cross river, island atau walk the steep rocky. Inilah masyarakat dan memberikan pendidikan tentang ilmu peternakan.

Dengan demikian lahir geng motor lucu (Aliansi mengurus ternak). Awalnya, hanya 15 orang. Dalam lima tahun, mereka mengunjungi lusinan desa di NTT.

Sekarang para anggota mencapai 500 orang. Namun relawan aktif 150 orang dari berbagai disiplin ilmu, seperti obat, teknik, pembuat video, fotografer, serta tokoh agama. Komunitas ini berubah menjadi mobilisasi inovasi untuk transformasi.

Berkat beberapa inovasi, Geng Motor ini menerima beberapa penghargaan yaitu penghargaan akademisi akademisi NT 2010 dan 103 Inovasi Indonesia dari Kementerian penelitian dan Teknologi, 2011. Kemudian, Empat Pendekar muda Technopreneur penghargaan tahun 2011. Mereka menghadiri beberapa pertemuan inovasi baik di Indonesia dan internasional.

Apa yang telah mereka produksi? Biogas. Mereka membawa ide-ide dan menerapkan dalam masyarakat. Pada tahun 2010, mereka membuat biogas dari beberapa drum minyak bekas, ban dalam mobil bekas dan selang.

Biogas di provinsi ini sangat baik, karena bahan baku adalah kotoran ternak overflow dari babi, unggas, menjadi daging sapi. Kotoran ini, digabungkan dan bercampur dengan air. Keengganan peternak mencampur kotoran dengan tangannya sendiri ditipu menggunakan sepeda statis, pemilik hidup mengayuh.

Mereka juga mengatakan juga kepada kami senapananginpedia.com Pengenalan awal Teknologi biogas, geng ini hanya membuat empat unit sebagai contoh di Kota Kupang. Seiring waktu, penggunaan biogas sudah 43 unit tersebar di beberapa desa. Teknologi ini mereka sebut ‘biogas digester portabel.

Bagaimana membuat biogas cukuplah mudah. Dengan mengumpulkan pupuk ternak, memasukkan ke dalam drum. Pada hari ke-21 sudah menghasilkan gas, tapi masih dicampur dengan udara dan tidak layak digunakan.

Pada hari ke 22, kotoran pada hari itu sudah memunculkan  gas murni dan dapat digunakan memasak selama dua jam penuh. Untuk meningkatkan kekuatan biogas, pemiliknya baru saja menambahkan seember penuh slury (ekstrak kotoran yang telah dibersihkan) ke dalam drum, 2-3 ember dalam dua hari.