Domba Aqiqah Bandung

Jenis-Jenis Domba Aqiqah Bandung dan Syarat-Syaratnya

Posted on

Domba aqiqah Bandung: Apakah anda ingin aqiqah? Ya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui kaitannya dengan aqiqah, utamanya ialah kambing yang akan disembelih. Jika berbicara mengenai kambing yang biasanya digunakan untuk aqiqah maupun kurban, memang ada beberapa jenis yang sering dipilih. Nah, anda yang mau ber-aqiqah pun perlu tahu kaitannya dengan jenis kambingnya serta tanda-tanda kambing yang memenuhi syariat. Khususnya bagi anda yang berada di Bandung, perhatikan dengan teliti jenis domba aqiqah Bandung yang akan dipilih serta syarat-syarat syari nya.

Jenis-jenis Domba Aqiqah Bandung yang banyak diminati

Ada beberapa jenis domba yang banyak dibudidayakan di peternakan kambing Indonesia. Hanya saja  jenis domba yang sering digunakan untuk aqiqah dan banyak permintaannya ialah ada dua yakni domba  Jawa dan Domba gembel atau kambing gembel. Mengapa kedua domba tersebut banyak peminatnya? Simak ulasannya sebagai berikut.

baca juga rumah aqiqah bandung

Domba Jawa atau Kacang

Ini salah satu jenis domba yang banyak diminati untuk aqiqah. Di Bandung dan juga wilayah yang lain, masih banyak yang menyediakan domba ini. Salah satu alasan mengapa domba ini diminati karena ukuran domba yang tidak terlalu besar sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Harga domba aqiqah Bandung jenis ini juga bervariatif, ada yang harganya mulai dari satu jutaan hingga yang paling ekslusif. Range harga yang terjangkau tersebut tentunya juga menarik minat banyak masyarakat yang ingin ber-aqiqah.  Daging domba jenis ini juga terkenal empuk dan lezat untuk dimasak dengan varian masakan yang berbeda, apakah itu gulai, sate atau santapan yang lainnya.

Ciri-ciri domba jawa ialah bulunya khas halus dan warnanya biasanya coklat, ada yang perpaduan coklat tua dengan hitam serta ada juga perpaduan antara hitam dan putih. Postur domba ini pun juga lumayan tinggi jika dibandingkan dengan domba-domba yang lainnya.

Domba Gembel

jenis domba aqiqah Bandung selanjutnya yang banyak digunakan untuk aqiqah selanjutnya ialah kambing gembel. Salah satu keunggulan domba ini ialah karena domba ini mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang beragam. Begitu juga dengan perubahan cuaca, domba ini pun cukup mudah beradaptasi. Hal tersebut tentu memudahkan peternak untuk membudidayakan domba gembel ini.

Selain itu, daging yang dihasilkan oleh domba ini pun juga empuk dan sangat lezat diolah dengan berbagai jenis masakan. Ukuran kambing juga tidak terlalu besar dan banyak pilihan ukuran. Hal tersebut juga berimbas kepada harga jual yang variatif, mulai dari satu jutaan. Makanya tidak mengherankan jika kambing ini banyak digunakan sebagai domba aqiqah Bandung yang banyak diminati oleh banyak jasa pelayanan Aqiqah terbaik.

Ciri-ciri kambing ini ialah mempunyai bulu yang tebal serta warnanya biasanya putih. Di bebepara daerah kambing ini dinamakan gibas, mempunyai ciri yang sama dengan kambing gembel namun ekornya lebih lebar dan bulunya lebih halus. Ada juga yang jenis kambing yang mirip yakni kambing taksel, hanya saja bulunya lebih keriting.

baca juga paket aqiqah bandung

Itulah dua jenis domba aqiqah Bandung yang sering diminati untuk aqiqah di Bandung dan wilayah-wilayah yang lainnya. Mana yang terbaik? Tentu semuanya baik selama domba yang dipilih tersebut sehat dan memenuhi syarat-syarat syarinya. Nah, apa saja syarat-syarat syari untuk kambing aqiqah? Berikut penjelasannya.

Syarat-Syarat Syari Domba Aqiqah

Aqiqah termasuk dalam ibadah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Tentunya dalam pemilihan kambing, penyembelihan hingga penyajian masakan harus sesuai dengan adab-adabnya. Nah, salah satunya ialah yang harus memilih domba yang memenuhi syariat.  Berikut ialah kriteria domba aqiqah yang memenuhi syariat.

  • Jenis Kelamin dan Jumlah

Untuk jenis kelamin yang digunakan untuk aqiqah belum ada aturan khususnya. Intinya boleh menggunakan domba jantan atau domba betina. Hanya saja dalam hal jumlah, ada perbedaan antara bayi laki-laki dengan bayi perempuan. Untuk bayi perempuan, jumlah domba yang disembelih satu sementara untuk anak laki-laki dua. Namun demikian, ada keringanan atau runsah bagi bayi laki-laki boleh satu jika memang kemampuan baru satu kambing.

  • Usia Hewan

Kecukupan umur hewan atau musinnah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Umur hewan yang sesuai paling amannya ialah satu tahun. Namun tetap ada keringanan jika memang sulit untuk mendapatkan domba yang berumur. Bisa menggunakan domba yang berumur kurang dari satu tahun atau lebih dari enam bulan.

  • Ciri Fisik

Ciri fisik yang bisa anda pilih untuk kambing atau domba aqiqah ialah mempunyai berat badan yang bagus, tidak cacat serta sehat. Boleh mengajak ahli kambing untuk memilih kambing yang sehat atau menggunakan jasa aqiqah terbaik di Bandung, As-Sabiq Aqiqah.

Itulah jenis-jenis domba aqiqah Bandung serta syarat-syarat syari yang bisa anda ketahui. Jika ingin aqiqah yang mudah dan murah, maka serahkan saja pada ahlinya, As-Sabiq Aqiqah.