Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Posted on

Contoh teks editorial – Teks editorial (opini) adalah artikel yang mewakili opini surat kabar tentang masalah tertentu. Pendapat yang diungkapkan adalah suara terbanyak dari staf editorial, yaitu pemimpin dan editor surat kabar.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh teks editorial, karena surat kabar tidak lagi menjadi objek langka. Apalagi dengan perkembangan teknologi internet seperti sekarang ini. Yang sedang berkata, contoh teks editorial seperti seorang pengacara mengembangkan argumen untuk mempengaruhi pikiran pembaca.

Karena itu bertujuan untuk mempengaruhi opini publik, menyebarkan pemahaman, dan kadang-kadang bahkan dapat mendorong orang ke masalah tertentu. Dengan kata lain, teks editorial ini adalah berita yang memiliki opini tentang opini tertentu.

Jenis dan contoh teks editorial
Ada berbagai jenis teks editorial yang berbeda sesuai dengan niat penulis dalam menulis artikel. Ada empat jenis contoh teks editorial yang diketahui, sebagai berikut :

Contoh opini / teks editorial tentang lingkungan

Hutan yang rusak di Samosir

Jambi-Menyadari meningkatnya ancaman kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia saat ini, Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), yang berbasis di kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumatera Utara) terus meningkatkan gerakan pelestarian lingkungan. Gerakan perlindungan lingkungan adalah bentuk dukungan GKPS untuk program konservasi lingkungan regional, nasional dan internasional.

Gerakan perlindungan lingkungan tidak hanya dilakukan dengan membuat daerah-daerah kritis di wilayah Simalungun di Sumatera utara lebih ramah lingkungan, tetapi juga dengan mengorganisir kultus khusus dengan tema-tema lingkungan. Tema khusus lingkungan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan nyata semua orang GKPS dalam pelestarian lingkungan.

Pada kesempatan Hari Bumi Sedunia, Jumat 22 April 2016, GKPS mengadakan pemujaan khusus untuk Hari Bumi Sedunia, Minggu (17/4/2016). Kultus Hari Bumi khusus diadakan secara serentak di 627 gereja dan 31 pos pesan alkitabiah dari GKPS yang tersebar di berbagai wilayah negara. Dalam kebaktian Hari Bumi ini, semua ritual ibadah, baik pengakuan, refleksi dan nyanyian, memiliki tema upaya untuk melestarikan lingkungan.

Ephorus (Kepala Pusat) GKPS, Pdt. Martin Rumanja Purba, MSi dalam surat pastoralnya selama kebaktian khusus Hari Bumi Sedunia 2016 di GKPS Jambi, Minggu (17/4/2016), menyatakan bahwa GKPS sebagai salah satu anggota Gereja di Indonesia selalu dituntut untuk menjaga dan menjaga kelestarian lingkungan. Peran GKPS harus ditingkatkan dalam pelestarian lingkungan karena GKPS juga dipanggil untuk menyelamatkan seluruh ciptaan Tuhan, termasuk flora dan fauna.
“Gereja, termasuk GKPS, tidak hanya dipanggil untuk menyelamatkan umat manusia dari berbagai masalah kehidupan spiritual, ekonomi dan sosial. Gereja juga dipanggil untuk menyelamatkan ciptaan Tuhan lainnya, yaitu tanaman, hewan dan semua sumber daya” Jadi gereja tidak dapat membantu tetapi melihat kerusakan lingkungan, “katanya.

Pada kesempatan itu, Martin Rumanja Purba mengundang semua orang di GKPS untuk mengambil tindakan nyata dalam upaya pelestarian lingkungan. Tindakan nyata ini dapat dicapai melalui gerakan ekologis, mengurangi penggunaan plastik, menghindari pemborosan sumber daya air dan air, mencegah dan mengatasi pencemaran lingkungan dan selalu berdoa dan mendukung program pelestarian lingkungan.

“Melalui ibadah khusus untuk memperingati Hari Bumi 2016, semua anggota GKPS diharuskan menunjukkan tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan di mana pun mereka berada. Karena itu, warga GKPS dapat menjadi model rujukan dalam upaya pelestarian lingkungan bagi masyarakat sekitar,” katanya.
Sementara itu Pastor (Pdt) GKPS Jambi Resort, Pendeta Riando Tondang, STh, selama kebaktian khusus Hari Bumi Sedunia di GKPS Jambi, mengatakan bahwa umat Kristiani harus memberi contoh kepada masyarakat luas dalam pelestarian lingkungan. Karena itu semua orang Kristen, di mana pun mereka berada, harus melakukan pencegahan dan pengendalian kerusakan lingkungan.

“Tindakan yang dapat diambil oleh orang Kristen untuk melestarikan lingkungan termasuk pengurangan penggunaan plastik, pemeliharaan kebersihan lingkungan, penanaman pohon di gereja dan lingkungan rumah dan penolakan berbagai kegiatan yang mencemari lingkungan atau merusak hutan, “katanya. (Warna / Rds).

Itulah contoh teks editorial tentang lingkungan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca . Jangan lupa untuk membuka artikel kami yang lain nya :

Artikel lainnya : https://materibelajar.co.id/