5 Contoh Alat Kesehatan Elektromedik Dan Penjelasannya

Posted on

Contoh alat Elektromedik cukup banyak, namun pada kesempatan kali ini kita coba sebutkan 5 macam alat yang digunakan di rumah sakit ataupun klinik dengan fungi masing – masing. Namun sebelumnya, sudah tahukah anda apa yang dimaksud dengan alat Elektromedik ?

contoh alat elektromedik

Mengenal Pengertian Alat Elektromedik

Alat Elektromedik bisa kita definisikan dari kata penyusunya, yaitu Elektro dan Medic. Yang berarti alat – alat kesehatan yang berhubungan dengan listrik atau bisa juga alat – alat medis yang bersifat elektronik. Dimana salah satu cirinya adalah hanya dapat bekerja jika menggunakan tegangan listrik.

Contoh Alat Elektromedik

1. Lampu Operasi

Salah satu contoh alat Elekteromedik yang selalu kita temui di rumah sakit atau klinik yaitu Lampu Operasi atau lampu periksa. Lampu ini berfungsi sebagai alat penerangan yang optimal ketika dokter sedang melakukan operasi pasien atau sedang melakukan pemeriksaan pada pasien.

2. EKG (Elektrokardiograf)

Alat ini disebut juga denga alat rekam jantung. Hal ini karena fungsi alat ini adalah untuk merekam aktifitas otot jantung. Hasilnya berupa grafik kelistrikan jantung, dimana dengan grafik tersebut seseorang dapat didiagnosa apakah terdapat kelainan pada aritma jantungnya. EKG termasuk alat Elektromedik karena hampir seluruh komponen di dalamnya bersifat elektrik.

3. Alat Kejut Jantung

Pernahkah anda melihat seorang dokter memegang alat medis yang berbentuk seperti setrika pada kedua tangannya dan menempelkan pada dada pasien ? Itulah alat kejut jantung atau sering disebut dengan Defibrillator. Alat ini berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal atau henti jantung. Pada saat tersebut, jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Alat ini bekerja dengan memberikan stimulus energi listrik dalam jumlah tertentu

4. Pasien Monitor

Alat yang satu ini sering kita lihat di ruang ICU. Pasien monitor berfungsi untuk memantau kondisi fisiologis kesehatan pasien seperti tekanan darah, irama jantung, aritma jantung (ekg), saturasi oksigen (SpO2) dan lain sebagainya. Jika kita melihat alat ini sudah jelas didalamnya terdapat banyak komponen elektronik yang membuat pasien monitor dapat digunakan untuk hal itu.

5. Tensimeter Digital

Tensimeter merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Seiring perkembangan zaman, tensimeter berubah dari teknologi manual ke teknologi digital dengan menggunakan sistem elektronik. Lebih praktis namun dari sisi keakuratan sedikit kurang, karena murni hansilnya ditentukan oleh kinerja alat. Tanpa analisa dokter.