cara mencuci karpet bulu domba

Cara Praktis Mencuci Karpet Bulu Domba agar Tidak Bau

Posted on

Cara membersihkan karpet bulu domba—Karpet bulu domba adalah karpet dengan tampilan fisik yang sangat menarik dan tampak hangat. Teksturnya tebal dan tentunya membutuhkan cara perawatan yang intens. Cara mencuci karpet bulu domba tidaklah sama dengan cara membersihkan karpet jenis lain yang secara tampilan lebih tipis. Karpet yang cocok sekali menghias ruang tamu, dan mengisi masjid ini perlu Anda perhatikan bagaimana cara merawatnya, diantara beberapa cara praktisnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penempatan karpet bulu yang tepat

Langkah pertama adalah memilih lokasi karpet bulu yang tepat. Biasanya, karpet bulu sering kali diletakkan sebagai alas bermain anak, untuk menghias ruang tamu, sebagai alas rebahan, dan masih banyak lagi fungsinya karena memang secara tampilan fisik karpet ini memiliki tampilan yang menarik dibandingkan dengan jenis karpet yang lain. Untuk alasan tersebut, penting bagi Anda untuk memperhatikan lokasi peletakan karpet. Karpet bulu adalah jenis karpet yang rawan debu sehingga harus diletakkan pada posisi yang jauh dari jendela dan pintu atau lubang yang lain yang sekiranya menjadikan karpet semakin berdebu. Letakkan karpet sedikit agak jauh dari sumber debu di atas.

baca juga cuci karpet bandung

  1. Menjaga kebersihan karpet bulu 

Langkah kedua adalah dengan menjaga kebersihan karpet bulu. Caranya adalah dengan memasang kaset pada posisi yang menuju ke arah karpet bulu, membiasakan melepas alas kaki saat akan menginjakkan kaki pada karpet bulu. Karpet bulu adalah jenis karpet yang rentan terhadap bau-bauan yang tidak sedap. Untuk itu, cobalah untuk tidak merokok saat berada di atas karpet bulu sebab mengundang bau membandel. Meski tampaknya sepele, namun memperhatikan hal tersebut sangatlah penting jika tidak ingin karpet bulu Anda kotor. Atau, gunakan mesin penyedot debu secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada karpet bulu tersebut. Tapi ingat ya, jangan sampai bulu karpet bulu tersebut tercerabut.

baca juga cuci karpet di bandung

  1. Ketahui apakah karpet bulu tersebut dapat dicuci atau tidak

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apakah jenis karpet bulu tersebut bisa dicuci atau sebaliknya. Cara penanganannya biasanya adalah dengan memasukkannya ke dalam kain katun sebelum dibasahi dengan tujuan agar bulu tidak rontok. Setelah itu, pastikan karpet dalam kondisi kering total agar tidak menyebabkan jamur dan bau. Demikian cara mencuci karpet bulu domba agar tidak bau dan tetap bersih.