Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Jurus Jitu Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Posted on

Kesulitan umum yang ditemui ketika akan memulai menulis ialah tidak tahu apa akan menulis darimana, bingung menyambungkan antar kalimat atau antar paragraf dan masih banyak lagi. Maka yang perlu dilakukan pertama kali ialah tentukan tema apa yang akan ditulis. kemudian susun kerangka tulisan secara detail sehingga artikel akan terarah. Nah, jika telah menerapkan hal tersebut ialah masuk pada menyusun kata dalam artikel. Agar dapat menulis yang informatif, simaklah jurus jitu cara menulis artikel yang baik dan benar berikut ini.

1. Pembuka yang Lugas dan Jelas

Kata-kata pembuka atau kata pengantar tidak boleh diremehkan karena dari pembuka, pembaca akan tertarik atau justru merasa bosan sehingga akhirnya tidak melanjutkan bacaannya. Berikan pembuka yang singkat namun lugas dan disampaikan secara jelas apa yang hendak diinformasikan. Pastikan pembuka artikel memberikan gambaran awal kebutuhan pembaca. Jika seperti ini, pembaca akan penasaran dengan isi artikel sehingga menamatkan bacaannya. Sebaliknya, jika pembuka artikel terkesan bertele-tele, pembaca akan merasa bosan sehingga informasi tidak tersampaikan.

2. Perpadat Paragraf

Jauhi kalimat bertele-tele yang akan membuat pembaca menghentikan proses membacanya atau mencari info-info pentingnya saja. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin jika pembaca salah tangkap karena informasi yang diperoleh hanya sepotong-sepotong. Paragraf yang padat juga mencerminkan artikel yang komunikatif yang mudah dicerna dan mengandung banyak informasi bukan sekedar basa-basi.

3. Pastikan Banyak Informasi Baru

Jika pembaca merasa mendapatkan informasi baru berarti suatu artikel telah memberikan manfaat dan pembaca pun akan merasa senang. Informasi baru terutama yang membuat pembaca terkejut atau terheran-heran akan membuat si pembaca akan terus menelusuri kalimat demi kalimat hingga selesai. Nah, hal tersebut membuktikan artikel telah menarik pembaca.

4. Baca Ulang Setelah Selesai

Hal ini penting untuk menghindari kalimat-kalimat yang tidak saling terkait, menghindari kesalahan penulisan dan memperbaiki pemilihan kata yang kurang tepat. Membaca ulang artikel akan menyadari apakah suatu tulisan telah enak dibaca sehingga pembaca tidak perlu mengernytikan alis untuk memahami maksud tulisan.

Semua orang dapat menuliskan artikel dengan baik asal terus berlatih. Ala bisa karena biasa, begitulah petuah lama berkata. Cara menulis artikel yang baik dan benar di atas adalah permulaan dan banya cara lain yang lebih mendetail sesuai dengan jenis artikel yang ditulis. Namun, jika tidak memiliki waktu untuk membuat artikel terutama akan menggunakan artikel sebagai media promosi, maka jasa penulis artikel dapat menjadi solusinya. Melalui jasa ini, artikel siap dipost untuk meningkatkan bisnis tanpa membuang waktu.