Cara Menjalankan SEO Bagi E-commerce

Cara Menjalankan SEO Bagi E-commerce

Posted on

Salah satu tujuan menjalankan SEO (Search Engine Optimization) untuk pemilik bisnis e-commerce adalah supaya mendapatkan kunjungan yang besar dan nantinya akan di konversi menjadi pembeli. Ini adalah cara yang sangat efektif dan tercapai untuk menemukan traffik, akan tetapi sayangnya pembaruan algoritma yang sering dilakukan oleh search engine seperti Google, sering membuat bingung dan tidak paham untuk menjalankan SEO untuk bisnis e-commerce tersebut.

 

Dalam tulisan belajar digital marketing ini kami akan membicarakan tentang bagaimana menjalankan SEO untuk e-commerce, akan tetapi untuk kita yang pemula ada baiknya terlebih dahulu memahami apa itu SEO?

 

SEO adalah cara yang dipakai untuk mengoptimasi search engine (Goolge, Bing, dan Yahoo), yang bertujuan agar supaya menghasilkan kunjungan pengunjung yang banyak secara organik. Dengan cara ketika orang mencari sesuatu di search engine seperti Google dengan kata kunci tertentu, situs Anda sedang di peringkat Google sangat atas.

 

Jadi, bagaimana cara supaya mendapat peringkat dalam mesin pencari, terutama untuk Google ini? Berikut ini belajar digital marketing yang dapat Anda ikuti untuk menjalankan SEO untuk e-commerce, yaitu:

 

Langkah Pertama: Keyword Research

 

Dikarenakan tujuan utama anda untuk memakai SEO adalah untuk mendapatkan kunjungan pengunjung di mesin pencari. Seperti yang tertulis di atas untuk mendapatkan kunjungan itu, anda harus sedang di peringkat pertama search engine dengan memakai keyword. Jadi, tahapan pertama yang harus Anda kerjakan untuk belajar digital marketing mengenai SEO ini merupakan kegiatan kata kunci research. Anda harus mencari dan memahami keyword-keyword apa saja yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda sudah pernah menyimak panduan mengenai SEO tentang kata kunci yang mengandalkan short term. Tidak. Sekarang bukan zamannya kata kunci yang singkat, namun sudah kembali menjadi long term. Jadi, orang-orang akan mencari dengan kata kunci yang panjang dan jelas. Maka Anda harus bisa mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis kita dan tidak terpaku dengan short term saja, Anda harus memakai long term juga. Untuk website e-commerce peduli dengan keyword yang komersial atau memasarkan dimana hal ini mengindikasikan niat dari pembeli.

 

Bagaimana cara mengetahui mencari kata kunci yang tepat? Salah satu tools yang kami rekomendasikan adalah SEM Rush. Ini adalah tools yang bisa membantu kita mencari keyword yang tepat sesuai dengan bisnis.

 

Dengan tools ada beberapa faktor yang bisa Anda gunakan untuk memilih keyword yang tepat untuk bisnis. Berikut beberapa faktor keyword yang harus kita perhatikan, yaitu:

  1. Volume, perlu anda ketahui bahwa saat semakin tinggi sebuah pencarian, berarti akan banyak potensi kunjungan yang akan datang ke situs Anda. SEMRush itu akan memberi Anda suatu data volume, tidak hanya itu SEMRush juga memberi kita tools seperti Google Keyword Planner.
  2. Persaingan, perlu anda ketahui bahwa sebuah keyword yang tinggi seringkali memiliki banyak persaingan. Jadi semakin rendah persaingan keyword itu, maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan peringkat keyword dari Google. SEMRush nantinya akan memberi Anda suatu nilai dari persaingan dari keyword. Anda bisa menambahkan tools seperti MozBar yang bisa digunakan untuk kompetisi itu.

3.Relevansi, hal ini bisa menjadi pertanyaan untuk Anda lakukan seberapa relevan halaman produk atau kelompok yang dipunyai dengan penelusuran pada Google? Faktor ini adalah salah satu hal besar yang paling sering dilupakan oleh orang-orang. Perlu kita ingat, bahwa ada baiknya kita tetap konsisten pada kata kunci yang bisa meningkatkan penjualan produk Anda. Jadi, ada baiknya coba-coba untuk menipu Google.

 

Langkah Kedua: Struktur Website E-commerce

 

Tanpa anda sadari ternyata struktur dari sebuah webstie e-commerce sangat dominan terhadap peringkat kita dari Google. Ketika Anda ingin belajar digital marketing, cari tahulah apa yang menyebabkan struktur situs e-commerce sangat dominan terhadap peringkat Anda. Akan tetapi, kami akan memberi tahu disini untuk membuat Anda mempelajari digital marketing lebih mudah lagi.

 

Pada dasarnya mmeperbaiki struktur pada situs ini selain supaya Google bisa meihat adalah agar pengunjung kita nyaman ketika berselancar ke website Anda, saat mencari dagangan atau produk yang mereka mau di toko Anda. Jadi, bisa dikatakan bahwa ini memprovokasi user experience (UX) Anda.

 

Kami menyarankan untuk Anda saat menambahkan atau menghapus sebuah produk atau kategori, struktur dari situs bisa menjadi rumit dan cepat. Apabila Anda bisa mendapatkan ini semenjak awal, maka kita akan bisa menghemat banyak waktu seiring kita menjalankan website.

 

Ada baiknya struktur dari situs Anda sederhana, sebab tujuan kita adalah agar pengunjung tetap sedang di website, sehingga menghasilkan klik untuk Anda dan dikonversi menjadi pembelian.

 

Untuk belajar digital marketing ini, kami sarankan saat memperbaiki situs Anda, buatlah prinsip permintaan dan penawaran dalam mengindentifikasi suatu tingkat struktur dari website web yang pantas untuk diindeks atau optimalkan disebabkan telah mengisi permintaan penonton yang sebenarnya. Sebagai informasi untuk Anda indeks adalah nama lain untuk database yang dipakai oleh mesin pencari. Jadi, supaya halaman bisa diindeks maka harus ditambahkan ke halaman database. Setelah itu, Google bisa menemukan halaman yang baru kita tambahkan itu.

 

Anda pun membutuhkan kanonisasi yang adalah sebuah teknik untuk memberi tahu Google atau search engine bahwa url yang diciptakan adalah“versi utama” dari yang hendak Anda tampilkan dalam hasil pencarian. Hal ini sangat menolong Anda dalam situasi salinan konten sebab Google tentu akan melihatnya. Ada beberapa hal yang barangkali terjadi jika tanpa tag kanonik, yaitu:

. Bisa akan sangat rindu dengan konten yang unik, sebab ada banyak  konten salinan di setiap website.

. Rangking kita tidak stabil

. Akan salah ketika memilih “versi master” untuk Anda

 

Langkah Ketiga: SEO On-page Bagi E-commerce

 

Ketika Anda telah menilai kata kunci dan membetulkan struktur dari website, sekarang untuk belajar digital marketing selanjutnya bagi SEO Anda harus bisa mengoptimalkan dua halaman tertinggi kepunyaan Anda, yaitu:

Halaman kelompok untuk produk

Halaman produk

Berikut sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan pada SEO On-page Anda, yaitu:

  1. Pilihlah URL yang tepat

Berdasarkan info dari MOZ, ada beberapa panduan yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan peringkat, yaitu:

– URL Anda harus mudah, orang membaca URL dan konten yang kita sajikan karena menurut aksesibilitas penting dari Google.

– Menggunakan kata kunci Anda di URL masih sangat disarankan karena URL akan keluar pada hasil pencarian.

– URL yang pendek akan lebih baik dari URL yang panjang. Kami sarankan untuk Anda ada baiknya URL itu dari 50-60 karakter, ada baiknya juga sesuai dengan judul pada halaman Anda.

  1. Kurangi halaman konten yang sedikit, akan namun dengan pemaparan produk yang panjang

Seperti yang sudah disebutkan diatas sebelumnya, bahwa Google dan search engine lainnya memakai konten pada halaman untuk menyimpulkan mana keyword yang bisa menilai peringkat halaman kita pada search engine dan juga seberapa tinggi peringkat halaman kita untuk setiap mesin pencari.

Jika laman produk kita mempunyai sedikit uraian, maka Google tidak akan banyak untuk melihat itu. Sebenarnya, semakin banyak  Anda mencatat berarti Google akan semakin akurat untuk memberi rangking untuk Anda. Di samping itu, akan semakin banyak kesempatan untuk menggunakan keyword yang lebih banyak.

 

Jadi, perkiraan itu dia belajar digital marketing yang harus kita ketahui kali ini untuk menjalankan SEO bagi e-commerce. Selamat mencoba, semoga kita berhasil.

 

Sumber : Ways to Boost e-Commerce Sales Using SEO