Cara Memilih Jangka Waktu Pinjaman Online

Posted on

 Masa tenor atau jangka waktu merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam kredit. Jika salah memilih masa tenor, Anda malah tidak sanggup membayar cicilan sehingga terlilit hutang. Padahal jangka waktu yang diberikan oleh penyedia kredit sangat berpengaruh pada kemampuan Anda membayar cicilan hingga lunas. Tenor yang Anda pilih bisa tenor jangka panjang ataupun jangka pendek. Yang terpenting harus disesuaikan dengan kemampuan dan kesanggupan Anda. 

Berikut ini cara memilih jangka waktu untuk pinjaman yang Anda ajukan. 

Perhatikan Kemampuan Keuangan

Pertama, Anda harus mengukur kemampuan Anda dalam membayar cicilan kredit. Sesuaikan dengan penghasilan atau gaji Anda tiap bulannya. Pada umumnya perhitungan cicilan ialah 30 persen dari gaji. Dengan begitu Anda tetap bisa mengontrol keuangan Anda untuk kebutuhan yang lainnya. Jangan sampai gaji dari sebulan habis hanya untuk membayar cicilan kredit tersebut. 

Cek Aset yang Dimiliki

Saat akan mengambil pinjaman online, Anda harus mengecek kembali aset yang dimiliki untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti ketidaksanggupan membayar tunggakan cicilan. Sehingga ketika mengalami tunggakan hutang yang tidak terbayar, Anda bisa dengan segera menjual aset tersebut agar cicilan bisa cepat dilunasi.

Perhatikan Adanya Biaya Denda Pelunasan di Awal

Anda jangan terburu-buru membayar semua cicilan. Ada biaya denda pelunasan di awal jika Anda melunasinya lebih cepat. Biaya tersebut mulai dari 1% hingga 5% dari jumlah sisa cicilan. Perhatikan juga ketentuan dan syarat yang berlaku ketika Anda mengajukan pinjaman agar bisa mengetahui secara pasti ada biaya-biaya apa saja yang akan dikenakan kepadamu.  

Hitung Jumlah Bunga

Jumlah bunga juga perlu Anda perhatikan saat memilih jangka waktu untuk kredit yang Anda ajukan. Jika bunganya terlalu tinggi, Anda bisa memilih jangka waktu yang sanggup Anda jalankan. Jangan sampai Anda memilih jangka waktu yang salah sehingga Anda justru tidak mampu membayar cicilan karena jumlahnya sangat tinggi akibat jumlah bunga yang terus bertambah.

Itulah cara memilih jangka waktu pinjaman online yang bisa Anda pilih. Pilihlah dengan cermat agar Anda tidak banyak mengalami kerugian.