Cara Membuat Kompos Organik Cair

Posted on

Pada artikel ini saya akan berbagi cara membuat kompos organik cair yang mudah dan praktis. Siapa sih yang tidak tahu kompos? Bahan tamabahan yang sangat penting untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Kompas Organik Cair

kompos organik cair adalah pupuk cair yang terbuat dari bahan dasar yang didapat dari alam dengan unsur hara yang terkandung secara alami.

Kompos merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah secara baik, dalam arti ini produk pertanian yang dihasilkan terbebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan sekitar dan kesehatan manusia bila dikonsumsi.

Penggunaan kompos organik cair dapat memudahkan dan menghemat tenaga. Keuntungan kompos organik cair yaitu pengerjaan pemupukan menjadi lebih cepat, penggunaanya sekaligus melakukan perlakuan penyiraman sehingga bisa menjaga kelembaban tanah, penggunaannya bersama pestisida organik berfungsi sebagai pencegah dan pemberantas hama tanaman.

Ada beberapa jenis tanaman hijau yang sering digunakan untuk pembuatan kompos organik cair cair. Contohnya daun johar, gamal, dan lamtorogung.

Kualitas hasil pembuatan kompos organik cair pada prinsipnya ditentukan oleh bahan baku pembuatan, mikroorganisme pengurai, proses pembuatan,bproduk akhir dan pengemasan.

Bahan baku kompos yang masih segar dan semakin beragam jenis mikroorganismenya maka akan membuat kualitas kompos organik cair yang dihasilkan menjadi semakin baik kualitasnya.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai kompos organik salah satunya pada artikel berikut Cara Mengolah Sampah Organik

Cara Membuat Kompos Organik Cair

Berikut ini cara membuat kompos organik cair yang dapat anda praktekan dirumah

Bahan yang Diperlukan :

  • 15 kg sampah organik (sisa sayuran dan buah)
  • 20 kg kotoran ayam
  • Gula merah 100 g
  • 50 ml Em4
  • 50 l air

Peralatan yang Dibutuhkan :

  • 4 buah Parang/pisau
  • 4 buah Talenan
  • 2 Ember volume 100 L
  • 2 Termometer

Proses Pembuatan Kompos Organik Cair

Berikut ini langkah-langkah pembuatan kompos organik cair :

  1. Semua bahan-bahan organik dicincang kecil-kecil. Jika ingin lebih praktis anda dapat menggunakan mesin pencacah kompos. Proses ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi.
  2. Semua bahan organik tadi (15 kg hijauan dan 10 kg kotoran ayam) dimasukkan ke dalam ember dengan perbandingan 2 bagian bahan organik berbanding 1 bagian air.
  3. Selanjutnya, aduk-aduk seluruh bahan hingga merata.
  4. 100 g gula merah dan 50 ml bioaktivator EM4 dilarutkan dalam 5 liter air, lalu aduk hingga merata.
  5. Larutan bioktivator ditambahkan ke dalam ember yang sudah berisi bahan baku kompos organik cair.
  6. Kemudian ember ditutup dengan rapat (tidak boleh ada celah sedikitpun) setiap dua hari sekali harus dibuka dan diaduk untuk mengeluarkan gas selama proses fermentasi agar suhunya dapat terjaga (cara ideal yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan selang aerator). Lalu tutup kembali ember tersebut hingga rapat.
  7. Setelah 14 hari (2minggu) larutan kompos organik cairnya disaring. Bagian cair dapat anda gunakan sebagai pupuk organik cair dan bagian yang kasar dapat anda gunakan untuk kompos organik padat
    kompos organik cair dapat digunakan pada tanaman yang anda miliki.

Berdasarkan cara pembuatan kompos organik cair sendiri tergolong mudah dan praktis. Terdapat dua jenis metode pembuatan kompos organik cair, yaitu dengan metode pelarutan dan metode fermentasi.

Poses pembuatan kompos organik cair yang saya bagikan menggunakan metode fermentasi. Keuntungan dalam pembuatan kompos organik cair dengan cara fermentasi ini tidak mengandung ampas dan bisa disimpan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Jadi kompos organik cair ini selain bermanfaat bagi tanaman juga ramah dikantong bagi para petani atau masyarakat umum yang ingin membuat kompos organik cair sendiri.

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat kompos organik cair. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!