cara membuat keripik apel

cara membuat keripik apel

Posted on

Apa yang terngiang di kepalamu ketika membayangkan keripik buah Apel? rasa renyah kriuk manis yang bertemu menjadi satu benar benar menyenangkan rasa.

selain kita dibuat terngiang ngiang dengan rasanya, keunikan lain dari keripik buah ini adalah cara pengemasannya yang baik sehingga fleksibel jika ingin dibawa ke mana mana. Bahkan saat ini Keripi buah apel menjadi buah tangan khas kota batu, malang.

Mengingat dibuat dari bahan dasar buah buahan yang manis, maka rasa keripik ini cenderung manis, tidak gurih seperti keripik pada umumnya. keripik buah juga mampu mengeluarkan aroma yang khas seperti belum diolah, itulah yang membuat orang banyak suka dengan keripik buah apel.

Nah, rahasia apa yang ada dibalik keripik buah apel kenapa bisa seenak itu? jawabannya karena pengolahan keripik apel menggunakan mesin vacuum frying.

Lalu, bagaimana cara membuat keripik apel? simak langkah langkahnya dibawah ini.

Cara membuat Keripik Apel

Bahan

  1. apel yang sudah dikupas dan diiris tipis
  2. Minyak Goreng 1-2 liter

Cara Membuat Keripik Apel

  1. Jika apel yang disiapkan belum dikupas, kupas dulu pakai pisau sampai bersih. atau boleh juga menggunakan alat khusus pengupas apel supaya lebih cepat.
  2. Cuci apel yang sudah dikupas menggunakan air bersih mengalir.
  3. Iris tipis apelnya seperti membuat keripik, karena kita akan membuat keripik apel. kalau gamau ribet bisa pakai alat pengiris buah supaya pengerjaan jadi lebih cepat.
  4. Rendam apel yang sudah diiris tadi kedalam air bersih dengan kurun waktu 30 menit.
  5. Setelah direndam dan warna coklat yang menempel apel memudar, angkat dan tiriskan irisan apelnya.
  6. Masukkan apel kedalam wajan penggorengan kurang lebih 1 jam. kalau hasilnya mau lebih baik ya pakai mesin vacuum frying.
  7. Angkat dan tiriskan apel yang tadi sudah di goreng. dinginkan keripik dengan suhu ruangan.
  8. Keripik apel sudah jadi siap untuk disantap bersama dengan keluarga.
  9. upaya kerenyahannya terjaga, jika sedang tidak dimakan, taruh keripik didalam toples atau tempat kedap udara.

Manfaat Mengonsumsi Apel

1. Mampu Mencegah Penyakit Stroke

Siapa yang mengira jika apel ternyata bisa digunakan sebagai penangkal stroke. menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, dalam jurnalnya menyebutkan buah apel dengan warna putih berkhasiat menurunkan resiko stroke.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan kandungan serat dan mineral yang cuku tinggi, membuat orang yang sudah mengonsumsi apel merasakan lebih kenyang dibandingkan hanya mengonsumsi jus apel maupun makanan dari apel lainnya.

Studi lain mengungkapkan, bagi wanita yang makan apel selama sedang melakukan diet dengan kurun waktu 10 minggu, berhasil menurunkan bobot 1 Kg. Hal ini menunjukkan bahwa apel bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang menjalani program diet.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Serat apel yang mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah, bagus untuk kardiovaskular juga, sehingga mengonsumsi apel secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan jantung setiap hari.

senyawa antioksidan dan polifenol yang ada di dalam buah apel mampu menurunkan tekanan darah, yang juga akan berpengaruh pada menurunnya rasio kemungkinan terkena penyakit stroke sampai 20% lebih rendah.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Penelitian Experimental Biology and Medicine dalam jurnalnya pada tahun 2006 menyebutkan bahwa salah satu zat antioksidan yang melimpah di apel, kuersin adalah salah satu senyawa yang mampu mengurangi sel yang mati, penyebab penurunan kinerja otak. dengan rutin mengonsumsi apel, maka kinerja otak akan tetap terjaga.