Panduan Cara Membersihkan Karpet Permadani Dengan Mudah

Posted on

Salah satu aksesoris yang ada di rumah adalah karpet. Lazimnya, karpet akan digunakan sebagai alas untuk duduk dan sebagainya. Namun jika tidak dibersihkan, maka akan membuat karpet menjadi kotor. Lalu bagaimana cara membersihkan karpet permadani?

Biasanya karpet diletakkan di ruang tamu sebagai tempat rebahan. Ada pula yang meletakkan karpet di depan TV sebagai alas ketika menonton TV. Penggunaan TV yang terlalu sering tentunya memunculkan banyak noda. Karpet yang kotor akan sangat berbahaya jika tidak dibersihkan.

Bagaimana Cara Membersihkan Karpet Permadani?

Karpet permadani merupakan salah satu jenis karpet yang sudah dimiliki banyak orang. Jenis karpet yang satu ini memang sangat nyaman untuk digunakan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet permadani.

baca juga jasa cuci karpet tangerang

cara membersihkan karpet permadani

  1. Bersihkan Secara Rutin

Salah satu cara untuk membersihkan karpet permadani adalah membersihkan secara rutin. Jika karpet digunakan terlalu sering dan tidak dibersihkan, maka akan berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya adalah berbahaya bagi kesehatan.

Karpet rumah memang diharuskan untuk dibersihkan secara rutin. Apalagi jika pengguna memiliki hewan peliharaan yang juga menginjak-injak karpet. Tentunya karpet akan menjadi sarang bakteri. Cara membersihkan karpet permadani yang satu ini bisa anda lakukan di rumah.

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Selanjutnya adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet permadani. Debu yang menempel pada karpet akan menjadi masalah banyak orang. Cara untuk menghilangkan debu adalah menggunakan vacuum cleaner.

Alat yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Vacuum cleaner atau yang disebut dengan  penyedot debu ini memang wajib dimiliki. Sebab, vacuum cleaner memiliki kemampuan untuk menyedot debu.

Dengan menggunakan vacuum cleaner terbaik, maka karpet yang semula kotor bisa menjadi bersih. Sehingga karpet menjadi lebih nyaman digunakan.

baca juga : cuci karpet tangerang

  1. Menggunakan Baking Soda Sebagai Penghilang Noda

Cara membersihkan karpet permadani yang selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Salah satu fungsi baking soda adalah menghilangkan noda yang membekas pada karpet.

Terkadang secara tidak sengaja terdapat cairan atau makanan yang tumpah diatas karpet. Kebanyakan noda yang tumpah diatas karpet akan meninggalkan noda. Meskipun sudah dibersihkan dengan air, namun tetap saja akan berbekas.

Cara alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan baking soda. Tuangkan baking soda pada noda di bagian karpet. Kemudian biarkan beberapa saat hingga baking soda menyerap noda. Setelah itu, bersihkan dengan vacuum cleaner agar lebih bersih.

  1. Menggunakan Sikat Lembut

Cara selanjutnya adalah menggunakan sikat lembut untuk membersihkan debu dan noda. Sikat lembut juga sangat disarankan untuk digunakan. Jika anda ingin membersihkan karpet dengan air, maka bisa menggunakan sikat lembut untuk menyikat noda.

Cara yang satu ini bisa digunakan untuk perawatan harian. Sikat lembut dapat digunakan untuk menghilangkan debu dan juga noda.

Cara membersihkan karpet permadani diatas bisa dijadikan sebagai referensi. Hal yang terpenting adalah membersihkan dengan hati-hati agar tidak merusak tekstur karpet.