Cara Membedakan Cotton Combed dan Cotton Carded

Posted on

Sering kali orang lupa mengenai cara membedakan cotton combed dan cotton carded. Hal ini dikarenakan mereka menganggap kedua jenis bahan cotton ini sama. Semua jenis bahan katun di mata masyarakat dianggap sama karena kurangnya informasi dengan baik mengenai kedua bahan ini.

Cara Membedakan Cotton Combed dan Cotton Carded

Katun memang lebih sering direkomendasikan sebagai bahan baku pakaian, terutama pada kaos. Pasalnya, pakaian ini bisa membuat para penggunanya nyaman dan juga bisa menyesuaikan suhu luar dan suhu dalam badan. Sayangnya, masih sedikit yang mengetahui, jangan-jangan kamu merupakan salah satu orang yang membeli katun yang murah dengan harga yang mahal.

Ada baiknya jika kamu mengetahui perbedaan dari kedua jenis bahan baku kaos ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membedakan cotton combed dan cotton carded. Tapi sebelumnya, kita mengetahui dulu masing-masing dari jenis katun ini.

Karakteristik Cotton Combed

Jenis katun yang pertama adalah cotton combed. Jenis katun yang satu ini sering sekali ditemukan dipasaran, seperti yang digunakan di grosir kaos distro murah. Tahukah anda, apa yang membuat bahan katun ini disebut sebagai cotton combed? Alasannya adalah karena bahan katun dibuat dengan menggunakan mesin yang dinamakan mesin combing.

Mesin ini akan mengambil serat kapas yang panjang kemudian diubah menjadi kain dan yang pendek akan menjadi benang. Dan yang dihasilkan adalah bahan katu yang sangat halus teksturnya. Selanjutnya anda bisa mengetahui informasi selanjutnya mengenauk cotton combed dibawah ini.

– Serat dari bahan cotton combed lebih halus
– Kain yang dihasilakn terasa nyaman ketika digunakan dan lembut di kulit
– Daya serap yang sangat tinggi sangat bagus digunakan di musim panas
– Tidak mudah rusak ketika dicuci
– Tidak mudah berbulu walaupun sering dicuci
– Bahan digunakan sebagai kaos distro
– Harga lumayan mahal dibanding jenis katun lainnya.

Karektiristik Cotton Carded

Selain cotton combed, ada jenis bahan lainnya yaitu cotton carded. Jenis bahan yang satu ini masih masuk kedalam keluarga katun, hanya saja proses pembuatannya berbeda dan tidak menggunakan mesin combing. Benang yang digunakan pun berasal dari proses mesin carding.

Mesin ini akan memisahkan kapas dengan cara digaruk dan menysakan serta kapas pada ujungnya. Hal inilah yang membuat bahan cotton carded ini tidak sehalus cotton combed. Untuk mengenali bahan cotton carded, anda bisa menyimaknya dibawah ini.

– Serat yang dihasilkan oleh cotton carded tidak sehalus cotton combed. Ini dikarenakan sisa proses penggarukan mesing carding
– Kain yang dihasilkan sama-sama nyaman dan merupakan 100% katun, hanya saja tidak sehalus cotton combed
– Untuk daya serap masih tergolong baik, sama halnya dengan bahan katun lainnya
– Kain yang dihasilkan mudah robek, karena rajutan tidak rapat dan lentur
– Mudah rusak ketika dicuci
– Mudah menyusut ketika sering dicuci
– Harga tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan katun lainnya.

Diatas tadi merupaka cara membedakan cotton combed dan cotton carded. Setelah mengetahui artikel ini, anda bisa membedakan antara jenis katun yang digunakan pada kaos. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.