panel cubicle

Cara Melakukan Maintenance Pada Panel Cubicle

Posted on

Panel Cubicle mungkin menjadi hal yang tidak asing bagi anda yang bergelut di bidang kelistrikan. Panel Cubicle ini menjadi salah satu komponen yang penting pada bidang kelistrikan. Hal ini berbeda dengan masyarakat awam yang mungkin belum pernah mendengar mengenai panel cubicle dan tentunya tidak mengerti cara melakukan maintenance pada panel cubicle.

Panel cubicle sendiri merupakan panel yang bertegangan dari 1kV hingga 35kV, maka dari itu panel ini masuk pada golongan tegangan menengah. Cubicle sendiri merupakan istilah yang digunakan karena bagian – bagian atau komponen – komponen yang ada pada panel ini diletakkan pada box yang berbentuk menyerupai lemari. Selain itu, box tersebut juga dilengkapi dengan pintu agar sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Panel cubicle ini berfungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik bertegangan menengah. Selain itu, panel ini juga berfungsi untuk melengkapi beban dari trafo distribusi, pengaman sistem penyalur tenaga listrik menuju pusat beban, serta sebagai alat ukur tegangan, arus, dan daya listrik.

 

Maintenance Panel Cubicle

panel cubicle

Maintenance pada panel cubicle perlu dilakukan untuk mempertahankan atau mengembalikan fungsi fundamental dari panel cubicle tersebut sehingga dapat digunakan secara optimal. Selain itu, dengan adanya perawatan, usia panel cubicle akan semakin panjang dan sebagai pencegahan kerusakan yang dapat terjadi pada panel cubicle. Panel cubicle yang dirawat dengan baik akan menjamin jalannya arus listrik dan juga dapat diandalkan sebagai pengaman. Apabila panel cubicle tidak dirawat dengan baik, maka kerugian yang jauh lebih besar dapat terjadi. Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan maintenance pada panel cubicle. Langkah – langkah maintenance ini dibagi menjadi 3 fase, diantaranya :

  • Fase Rutin

Fase pertama adalah fase rutin. Fase rutin ini pemeriksaan dapat dilakukan terbagi pada kategori waktu, yaitu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Beberapa hal yang perlu di cek saat pemeriksaan pada fase rutin pada kategori waktu harian diantaranya :

  • Level minyak PMT
  • Lampu – lampu indikator
  • Alat ukur
  • Kelainan aroma atau suara yang tidak biasa

Sedangkan pada pemeriksaan mingguan anda perlu melakukan pengawasan pada kondisi switchgear, apakah alat tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Dan pada pemeriksaan bulanan, anda perlu melakukan pemeriksaan PMS (pembersihan sambungan dan isolator), kekencangan baut, keoptimalan rel, set baterai yang digunakan, dan pemeriksaan pada hal – hal detail lainnya. Pada pemeriksaan tahunan, anda perlu memeriksa trafo, mulai dari membersihkan hingga mengukur hal – hal yang perlu diukur.

  • Fase Korektif

Fase selanjutnya adalah fase korektif. Fase ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan alat – alat agar dapat flexible ketika akan ditingkatkan. 

  • Fase Emergency

Fase terakhir adalah fase emergency atau darurat. Pemeliharan yang satu ini dilakukan pada kondisi – kondisi tertentu saja, contohnya saja seperti saat terjadi masalah pada peralatan. Pemeliharaan pada fase emergency ini lebih baik dilakukan dengan mematikan terlebih dahulu semua operasi yang sedang dilakukan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Walaupun hanya kesalahan pada komponen kecil saja, tetapi hal tersebut kemudian dapat menjalar menjadi masalah yang besar. Maka dari itu, lebih baik semua operasi yang sedang dilakukan dihentikan terlebih dahulu.

 

Itulah beberapa fase pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk maintenance panel cubicle. Selain melakukan maintenance pada panel cubicle, kualitas panel cubicle yang anda gunakan juga dapat berpengaruh pada awet atau tidaknya panel cubicle ketika digunakan. Untuk mendapatkan panel cubicle dengan kualitas terbaik, Galleoncy dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Galleoncy menjual panel cubicle dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Selain itu, Galleoncy juga menyediakan alat – alat lain yang dapat menunjang bidang kelistrikan. Informasi lengkapnya dapat anda lihat pada halaman website berikut https://galleoncy.com/ .