5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Toko Online Bagi Pemula

Posted on

Di era teknologi yang berkembang sekarang ini, konsumen lebih menyukai berbelanja di toko online dibandingkan toko konvensional. Pasalnya, toko online lebih menyediakan banyak barang dengan harga yang terjangkau dan tidak perlu menguras energi untuk datang ke tokonya. Tidak heran jika sekarang banyak orang yang mulai merintis bisnis toko online.

Namun, merintis usaha toko online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi pemula yang seharusnya mengetahui dasar langkah ketika ingin membuat usaha toko online. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menghindari kesalahan ketika mulai merintis usaha toko online. Berikut ini adalah 5 langkah mudah bagi pemula yang ingin memulai bisnis toko online:

1.     Tentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah pertama tentunya mengetahui produk apa yang akan dijual. Usahakan agar mengetahui produk tersebut sedetail-detailnya, mulai dari kualitas produk sampai dengan harga belinya. Selain itu, cari juga produk yang memiliki pangsa pasar yang besar namun masih jarang dijual oleh orang lainnya di toko online.

2.     Analisis Kompetitor

Selanjutnya yang harus dilakukan yaitu riset kompetitor untuk mengetahui keunggulan yang dimiliki namun menjadi kelemahan bagi kompetitor. Kelemahan kompetitor dapat dijadikan patokan agar menghindari permasalahan yang serupa. Selain itu, analisis competitor juga bisa digunakan untuk observasi harga.

3.     Mencari Supplier

Supplier memang harus dicari secara cermat karena tidak semua supplier memiliki kualitas produk yang baik. Agar tidak mengecewakan konsumen dan agar bisnis berjalan optimal, maka carilah supplier yang bertanggung jawab dan memiliki kualitas produk yang baik. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah yang ditawarkan oleh supplier.

4.     Buatlah Brand Identity

Brand identity atau identitas brand adalah elemen yang harus dimiliki oleh hampir semua bisnis. Misalnya yaitu nama brand, logo, dan juga tagline dari brand itu sendiri. Buatlah brand identity yang mudah diingat dan menonjol agar brand tersebut menempel di pikiran konsumen. Setelah itu, buatlah strategi marketing yang bisa menunjukkan brand identity yang telah dibuat.

5.     Lakukanlah Promosi

Ada banyak cara promosi, baik online maupun offline. Namun, yang kini sedang digandrungi adalah secara online, bisa melalui media sosial atau membuat website sendiri. Dengan begitu, perhatikan konten promosi dari tiap-tiap channel promosi yang dipilih. Misalnya jika ingin mempromosikan bisnis melalui website, bisa menggunakan jasa penulis artikel.

Kini, sebagai pemula tidak lagi bingung ketika ingin merintis bisnis toko online. Lakukanlah 5 hal yang telah disebutkan di atas agar tidak salah langkah jika ingin merintis usaha toko online. Cobalah selalu fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis agar hasilnya maksimal.