Berbagai cara untuk memutihkan gigi

Posted on

Adanya kepercayaan diri adalah dengan putihnya gigi, mengingat noda di gigi merupakan salah satu tidak baiknya kesehatan mulut atau gigi. Sebagai hasilnya memutihkan gigi menjadi salah satu prosedur kosmetik gigi yang paling populer di dunia, sehingga produk pemutih gigi pun banyak bertebaran. Dan pasti ada di tiap rumah. Dibawah ini ada beberapa cara memutihkan gigi yang paling umum, namun sebelumnya kita ketahui dulu penyebab gigi berubah warna ya.

Penyebab gigi bisa berubah warna

Ada banyak faktor yang membuat gigi anda berubah warna. Biasanya meliputi

Usia

Bertambahnya usia, juga bisa menjadikan gigi anda bisa menjadi kuning, Pasalnya lapisan enamel pada gigi yang berwarna putih akan menipis, sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning jadi kian terlihat, Hal ini diperparah jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik.

Asupan makanan dan minuman tertentu

Teh, kopi, minuman bersoda, wine, buah citrus dan makanan yang tinggi glukosa atau tinggi gula bisa menyebabkan pudarnya warna alami gigi anda. Kandungan zat warna (kromogen) dalam makanan dan minuman tersebut dapay menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Tidak hanya itu, tingkat keasaman makanan juga dapat mempengaruhi gigi anda. Gigi juga mempunyai pori pori seperti spons. Apa pun yang anda masukan kedalam mulur anda dan meiliki warna, akan terserap ke dalam pori pori gigi. Penelitian menyebutkan bahwa jika makanan atau minuman tertentu dapat meninggalkan bekas noda di baju, maka hal yang sama juga akan terjadi pada gigi anda.

Merokok

Kebiasaan banyak orang Indonesia adalah merokok. Merokok dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan kehitaman. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau akan menempel pada enamel gigi lami anda memudar.

Kebersihan gigi yang buruk

Jarang merawat mulut atau jarang sikat gigim flissing gigi dan berkumur dengan antiseptic selain bisa menumpuk plak juga dapat memunculkan noda pada gigi, hal inilah yang menjadi penyebab gigi Anda mengalami perubahan warna.

Memiliki gigi putih dan bersih tentunya menjadi impian banyak orang, meskipun gigig kita seiring waktu bisa berubah warna, namun anda bisa membuatnya teteap putih berseri. Beberapa cara memutihkan gigig di bawah ini bisa dengan mudah anda praktekan.

Rajin membersihkan Gigi

Rajin merawat mulut atau menyikat gigi setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari adalah cara memutihkan gigi yang paling mudah untuk anda lakukan. Bahkan tbukan hanya membuat gigi anda putih berseri, cara satu ini juga menjadi kunci untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Berhenti merokok

Meroko memberikan banyak dampak negative terhadap kesehatan, termasuk gigi anda. Kebiasaan buruk yang satu ini dapat menyebabkan gigi anda menguning bahkan menghitam, Semakin lama anda merokok, semakin banyak pula kerusakan gigi yang anda alami. Jika anda memutihkan gigi, maka berusahalah untuk berhenti merokok. cara memutihkan gigi secara alami ini juga akan berdampk langsung pada kesheatan tubuh.

Perhatikan asupan minuman dan makanan anda

Jika anda ingin memiliki gigi putih, kurangi makanan dan minuman yang tinggi gula. Pasalnya makanan dan minuman manis dapat mendukung pertumbuhan bakteri strpotococus mutans, yaitu bakteri yang menyebabkan plak dan penyakit gusi. Sebagai gantinya perbanyaklah makan sayurab dan buag segar karena keduanya dapat meningkatkn produksi air liur.