Beberapa Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

Posted on

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan banyak biaya, terutama ketika biaya kuliah semakin meroket setiap tahun. Sayangnya, uang tidak tumbuh di pohon dan banyak mahasiswa harus bekerja paruh waktu. Tetapi dengan jadwal kelas yang padat sepanjang hari, mendapatkan pekerjaan paruh waktu bisa jadi hal yang sulit. Inilah sebabnya mengapa banyak mahasiswa beralih untuk mendirikan bisnis mereka sendiri yang sesuai dengan jadwal yang sibuk dan keahlian mereka.

Secara realistis, tidak banyak jenis bisnis yang dapat Anda mulai jika Anda masih mahasiswa. Waktu dan perhatian Anda terbatas, jadi menjalankan bisnis skala besar seperti kafe mungkin tidak mungkin pada saat ini. Namun, beberapa bisnis tertentu dapat bekerja dapat bekerja dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa ide bisnis dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan saat Anda masih menjadi seorang mahasiswa.

Menjalankan bisnis fotografi

Apakah Anda memiliki bakat untuk mengambil foto yang menarik di Instagram? Mengapa tidak mengubah hobi Anda menjadi sumber penghasilan?

Memulai bisnis fotografi membutuhkan sedikit modal atau bahkan tanpa uang sama sekali. Anda bahkan tidak memerlukan kamera DSLR yang mahal untuk memulainya. Jika Anda yakin dengan keterampilan fotografi Anda, Anda dapat memamerkan gambar Anda di media sosial. Poskan secara teratur untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda menawarkan jasa Anda tersebut. Semakin banyak orang melihat konten Anda, semakin banyak peluang bagi Anda untuk memanfaatkan hal tersebut. Dan tentu saja, jangan pernah menentukan tingkat keterampilan dan pengalaman Anda saat ini,  berfokuslah untuk mempelajari hal-hal baru dan meningkatkannya seiring berjalannya waktu.

Membuka bimbingan belajar

Seorang mahasiswa dengan jiwa pebisnis pastinya paham dalam menggunakan keahlian unik mereka untuk meluncurkan sebuah bisnis. Jika Anda seorang yang ahli dalam bidang studi tertentu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengajar siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ini adalah cara sederhana dan mudah untuk mendapatkan uang dan karena tidak memerlukan banyak modal, sebagian besar penghasilan Anda pasti akan menguntungkan. Anda hanya perlu menginvestasikan sedikit waktu dan energi Anda.

Sementara banyak universitas atau sekolah lain menawarkan les gratis, kemungkinan mereka hanya akan ditawarkan untuk waktu yang terbatas. Di sisi lain, jika Anda memulai bisnis les Anda sendiri, Anda dapat menawarkan layanan Anda di malam hari ketika sebagian besar mahasiswa sedang sibuk, atau di waktu Anda sendiri.

Pendidikan adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, dan seorang tutor akan selalu dibutuhkan. Pastikan untuk memanfaatkan hal ini. Setelah bisnis Anda dijalankan, Anda dapat menargetkan audiens yang lebih luas. Misalnya, jika Anda tinggal di kampus atau di kota yang memiliki banyak perguruan tinggi, Anda dapat memposting selebaran di perpustakaan sekolah. Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda secara online melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter atau bahkan Youtube.

Menjadi seorang penulis lepas

Apakah Anda memiliki bakat untuk menulis? Menjadi seorang freelancer dapat menawarkan peluang besar bagi Anda untuk membantu orang lain dan menghasilkan uang dengan cepatm melalui kenyamanan kamar Anda sendiri dan di waktu Anda sendiri.

Internet adalah tempat yang luas, berbasis konten, dan ada kebutuhan konstan untuk konten segar setiap harinya. Mengapa tidak memanfaatkan hal ini dan menawarkan keahlian Anda kepada banyak klien potensial? Anda bahkan dapat menawarkan layanan Anda kepada sesama mahasiswa yang mungkin membutuhkan kemampuan Anda. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak website yang dapat Anda manfaatkan dapat membantu Anda dalam mencari calon pelanggan potensial, seperti Projects.co.id, Freelancer Indonesia, Goban, dan masih banyak lagi.

Menjalankan jasa pembuatan website dan desain website

Saat ini, terdapat permintaan yang tinggi untuk pembuatan dan desain website, tetapi jarang dilakukan dengan benar. Tidak banyak pemilik bisnis yang dapat mendedikasikan waktu mereka untuk mempelajari dasar-dasar pengembangan dan desain website, sehingga mereka sering mempekerjakan orang lain untuk membuat bisnis mereka tampak hebat melalui website yang dirancang dengan baik.

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang ini, sekarang mungkin adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Cari calon klien dan lakukan riset sebelum menghubungi mereka dan menawarkan layanan Anda. Buat mereka mengerti bagaimana layanan Anda dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah yang dihadapi, atau meningkatkan cara mereka melakukan bisnis.

Selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengikuti perkembangan tren serta teknologi terbaru dalam pengembangan dan desain website. Selain itu, Anda juga dapat mengkhususkan diri dalam elemen spesifik pemasaran digital dan membuatnya menjadi “ciri khas” bisnis Anda. Ini adalah titik penjualan yang bagus untuk bisnis kecil Anda tersebut. Tak hanya itu, Anda juga dapat belajar bisnis ini dengan mengunjungi perusahaan penyedia jasa pembuatan website professional yang ada di dekat kampus Anda.

Jasa pengiriman

Pada umumnya, di dunia ini hanya ada dua tipe orang: Yang malas dan yang rajin. Dengan menjalankan bisnis layanan atau jasa pengiriman, Anda dapat menawarkan jasa Anda tersebut – dan mendapatkan penghasilan tambahan – untuk individu yang sibuk atau mereka yang tidak ingin keluar dari rumah mereka. Ini bisa berupa apa saja dari membeli bahan makanan atau mengambil laundry.

Salah satu layanan pengiriman makanan populer, yaitu Go-Food dan Grab-Food, menghasilkan banyak uang dengan melakukan tugas untuk orang lain. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan memulai dari yang kecil, misalnya, di kota atau wilayah sekolah Anda sendiri di mana layanan pengiriman belum tersedia. Untuk menghasilkan pendapatan, Anda dapat menambahkan sebanyak 30% biaya layanan ke total biaya pesanan yang telah Anda selesaikan.

Menyiapkan bisnis jenis ini tidak memerlukan banyak modal. Anda dapat membangun website tempat orang dapat memesan. Jika Anda benar-benar kekurangan modal, Anda dapat mengiklankan layanan Anda di media sosial atau dari mulut ke mulut.

Akhir kata, terdapat banyak ide bisnis hebat di luar sana, tetapi hanya beberapa yang benar-benar dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Jika Anda mengambil pendekatan cerdas dan memberi diri Anda peluang terbaik untuk berhasil, Anda akan segera menyadari bahwa tidak ada yang berbuah dan memuaskan seperti menjadi seorang pebisnis saat masih kuliah. Semoga ide-ide ini dapat membantu membuat ide bisnis Anda mengalir dan mengarahkan Anda ke jalur yang benar untuk menuju kesuksesan bisnis di masa depan.