Beberapa Hal Yang Mesti Kamu Perhatikan Sebelum Liburan Ke Papua

Posted on

Keindahan Indonesia bagian timur membuat Anda jatuh cinta. Tidak hanya alam, budaya yang unik dan masakan spesial yang selalu menarik perhatian. Namun, banyak tantangan untuk bisa menikmati liburan yang diinginkan. Untuk teman bepergian yang ingin berlibur ke Papua untuk pertama kalinya merupakan human rights hak asasi setiap manusia untuk maksimal dalam berlibur bukan?

Papua banyak digunakan

Apakah Anda tahu ukuran provinsi Papua dan Papua Barat? Tiga kali lebih besar dari Jawa! Bisakah Anda bayangkan lebarnya? Sebagai contoh, Kabupaten Raja Ampat, yang terkenal dengan keindahan lautnya, adalah wilayah yang sama dengan provinsi Jawa Timur. Di Jayapura, ada sebuah kabupaten bernama Muara Tami yang dua kali lebih besar dari provinsi DKI Jakarta. Dua kali. Jadi, sebelum pergi ke Papua, pastikan dulu daerah mana yang menjadi tujuan Traveler Traveler.

Papua bukan hanya laut dan pantai

Teman-teman wisatawan pasti tahu nama terkenal Raja Ampat. Mengingat popularitasnya, ini tidak berarti bahwa Papua hanyalah laut dan pantai. Wilayah ini memiliki hampir semua wisata alam yang menjanjikan. Laut dan pantai benar-benar luar biasa indah, terutama dalam jumlah besar. Raja Ampat hanyalah salah satu garis keindahan laut dan pantai pulau Papua. Baik di Papua Barat maupun di provinsi Papua sendiri.

Tetapi sekali lagi, Papua tidak hanya itu. Gunung-gunung di Papua tidak kalah indahnya. Jika Friends Traveler memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke dataran tinggi tengah Papua seperti Wamena, lanskap yang didominasi oleh pohon-pohon hijau akan menjadi pemandangan yang fantastis. Atau seperti wisata budaya? Papua memiliki beragam budaya yang sangat menarik. Ada banyak festival budaya, seperti festival Raja Ampat, festival danau Sentani, festival budaya Asmat atau festival paling terkenal di lembah Baliem.

Kenangan yang bisa dibawa pulang

Di mana saja liburan terasa kurang jika Anda belum membawa oleh-oleh? Begitu juga saat berlibur di Papua. Variasi yang dapat dibeli adalah banyak variasi. Teman seorang musafir dapat membawa pulang gantungan kunci dalam bentuk honai atau miniatur koteka (pakaian khas pria suku Papua). Apakah Anda menginginkan sesuatu yang berbeda? Teman seorang musafir bisa mengenakan patung khas Asmat atau noken yang merupakan tas khas untuk wanita Papua.

Akses selalu sulit

Meskipun potensi wisata di Papua sangat penting, tidak mudah untuk sampai ke sana. Beberapa daerah sangat sulit dijangkau. Terutama di pegunungan tengah Papua. Jangan membayangkan bahwa akan ada angkutan umum seperti bus jarak jauh di Jawa misalnya, atau bahkan kereta api. Ini bukan hal yang dapat ditemukan di Papua.

Tidak mudah untuk mengatasi kondisi alam yang serius, akses antara kota-kota bupati atau tempat-tempat indah. Masih ada banyak jalan yang tidak beraspal, atau bahkan jika kita diaspal, kita harus menggunakan mobil penumpang atau mobil sewaan. Dan itu bukan hanya kendaraan biasa, tetapi sekelas mobil berat Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero atau Ford Ranger. Wilayah-wilayah tertentu di Papua hanya dapat diakses dengan pesawat atau helikopter! Salah satunya seperti di Kabupaten pegunungan Bintang.

Mahal

Akses tidak mudah, pada akhirnya biaya pergi ke tempat-tempat eksotis di Papua mahal. Selain itu, tidak ada angkutan umum, harga bensin di wilayah tertentu Papua benar-benar mahal. Di Asmat, misalnya, harga bensin bisa mencapai Rp 20.000 / liter, dan di Kabupaten Gunung Bintang, bahkan mencapai harga Rp 50.000 / liter. Bukankah itu mahal?

Akses yang sulit dan tingginya biaya bahan bakar yang juga mendorong bahan pokok. Harga ayam dari kabupaten Lanny Jaya diperkirakan 1 juta rupee. Sementara harga seekor babi besar bisa mencapai Rp 30 juta / ekor. Babi adalah hewan yang dipelihara dengan sangat baik.

Meski beberapa daerah sulit dijangkau dan mahal, Papua tetap layak dikunjungi. Keindahan dan keunikan budayanya merupakan daya tarik yang sulit ditolak. Nah, sebelum liburan Papua, Anda harus lebih dulu menabung. Juga cari informasi tentang tujuan liburan Anda agar tidak menambah anggaran.