Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 45001

Posted on

Mengapa Sertifikasi ISO 45001 ialah ide yang bagus untuk organisasi Anda?

Tidak ada keraguan bahwa penerapan Sertifikasi ISO 45001 membawa banyak manfaat untuk organisasi. Jumlah organisasi yang telah merealisasikan OHSAS 18001 (pendahulu ISO 45001) sudah banyak dan masih terus bertambah. ISO 45001 membawa semua untuk yang diberikan OHSAS 18001 dengan sejumlah penambahan yang baru. Berikut beberapa diantaranya:

  • Meningkatkan citra dan kredibilitas. Dengan meyakinkan pelanggan bahwa kita mempunyai komitmen untuk membina dan merawat sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, kita dapat menambah citra dan pangsa pasar kita dengan meminimalisir jumlah insiden kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S) di lokasi kerja dan mengirim pesan yang jelas bahwa organisasi kita mengurus semua karyawan.
  • Meningkatkan kontrol biaya. Satu perbaikan yang ditelusuri oleh seluruh organisasi adalah pengurangan biaya. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSMS) dapat menolong hal ini dengan mengurangi ongkos asuransi dan mengurangi insiden kesehatan dan keselamatan kerja yang bisa mengakibatkan tuntutan hukum dan penurunan citra organisasi.
  • Pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan meyakinkan bahwa Anda memakai data yang akurat untuk menciptakan keputusan, kita bisa menambah peluang keberhasilan dan meminimalisir risiko upaya yang gagal. Dengan memakai data untuk melacak kemajuan, kita bisa merealisasikan inisiatif perbaikan yang bisa menghemat ongkos dan waktu.
  • Menciptakan kebiasaan perbaikan berkelanjutan. Dengan penambahan berkelanjutan, Anda bisa bekerja mengarah ke proses yang lebih baik dan meminimalisir bahaya kesehatan dan keselamatan kerja dengan cara yang sistematis. Ketika kebiasaan perbaikan diciptakan, orang sering kali mencari cara untuk menciptakan proses mereka lebih baik, yang menciptakan pemeliharaan OHSMS lebih mudah.
  • Melibatkan orang-orang (karyawan). Jika harus memilih antara bekerja untuk perusahaan yang mengindikasikan kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan kerja atau yang tidak, banyak sekali orang akan  memilih opsi pertama. Dengan melibatkan karyawan dalam penerapan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan retensi mereka.

Selain untuk yang dijelaskan di atas, transisi dari OHSAS 18001 ke ISO 45001 membawa:

  • kejelasan lebih lanjut mengenai masalah OHSMS
  • meningkatkan keterlibatan kepemimpinan dan partisipasi pekerja di OHSMS
  • pemikiran berbasis risiko untuk OHSMS
  • penyelarasan kepandaian dan destinasi Kesehatan dan Keselamatan Kerjadengan arah strategis organisasi
  • integrasi OHSMS ke dalam proses bisnis organisasi
  • bahasa yang disederhanakan, struktur umum dan istilah.

Apa langkah-langkah praktis guna menjadi organisasi bersertifikat ISO 45001 ?

Apa dengan kata lain sertifikasi ISO 45001? Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada jenis sertifikat yang ingin Anda capai. Organisasi bisa mendapat  sertifikasi atas Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja mereka dengan disertifikasi oleh badan sertifikasi. Sementara pribadi bisa mendapat  sertifikasi perorangan, misalnya, sebagai auditor internal dan lead auditor ISO 45001.

Untuk menemukan sertifikasi, organisasi perlu merealisasikan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja cocok dengan persyaratan ISO 45001. Setelah sistem berlangsung organisasi dapat memakai jasa badan sertifikasi untuk mengerjakan audit sertifikasi untuk menilai apakah organisasi sudah mematuhi standar. Setelah audit yang berhasil, mereka akan menyerahkan sertifikat yang memperlihatkan kepatuhan organisasi terhadap persyaratan standar.

Menerapkan standar ISO 45001 adalah tugas yang menantang dan tahapan pertama adalah mendapatkan dukungan manajemen untuk upaya tersebut. Dengan keikutsertaan manajemen puncak, Anda bisa mulai mengidentifikasi persyaratan hukum tentang kesehatan dan keselamatan kerja, menilai ruang lingkup, kepandaian dan sasaran, mengidentifikasi risiko, kesempatan dan bahaya serta menilai pengendalian operasional. Ada sejumlah proses  yang harus dimasukkan, dan proses lainnya harus ditambahkan jika organisasi memandangnya perlu.

Sebagai unsur dari memastikan konsistensi OHSMS, Anda perlu mendokumentasikan banyak prosedur dan kepandaian serta mengomunikasikan untuk karyawan apa yang kita harapkan dari mereka berkaitan dengan OHSMS. Dokumen-dokumen dapat diciptakan secara internal, atau Anda bisa mencari pertolongan eksternal dalam format template arsip atau konsultan.

Setelah organisasi memutuskan proses dan informasi yang perlu didokumentasikan, sistem akan perlu beroperasi selama beberapa waktu untuk menilai apakah sistem sudah ditata dengan benar dan apakah sejumlah perubahan diperlukan. Dengan mengoperasikan OHSMS, organisasi akan menghasilkan daftar yang akan mengindikasikan bahwa kegiatan dilaksanakan sesuai rencana. Catatan ini dibutuhkan untuk mengaudit dan meninjau sistem kita dan untuk mendapat  sertifikasi.

Langkah mesti untuk menuntaskan implementasi dan menemukan sertifikasi perusahaan Anda

Mendokumentasikan dan merealisasikan OHSMS belum cukup untuk sertifikasi. Anda juga harus yakin bahwa pekerjaan tersebut sudah efektif dan sesuai dengan standar. Langkah-langkah ini dimaksudkan untuk meyakinkan urusan ini dan menyiapkan organisasi Anda untuk audit sertifikasi:

Audit internal – Tujuan audit internal adalah untuk menilai tingkat kepatuhan OHSMS kita dengan persyaratan standar. Selama audit, auditor internal akan meninjau dokumen, catatan, dan proses untuk mengidentifikasi kekurangan dan menyerahkan informasi mengenai ketidaksesuaian.

Tinjauan manajemen – Ini adalah tinjauan terakhir atas efektivitas OHSMS Anda, manajemen puncak perlu meninjau informasi mengenai kinerja, hasil audit internal, pencapaian destinasi dan evolusi dalam konteks organisasi. Semua informasi ini akan memungkinkan manajemen puncak untuk menciptakan keputusan tentang cara meningkatkan OHSMS yang ada.

Tindakan korektif – Baik audit internal dan tinjauan manajemen memberi kita informasi mengenai apa yang perlu diubah, diperbaiki, dan ditingkatkan. Tindakan korektif ini adalah alat terbaik untuk menangani ketidaksesuaian. Tindakan korektif dilakukan untuk menjangkau kepatuhan sarat dengan standar.

Proses sertifikasi organisasi dipecah menjadi dua tahap:

Tahap Satu (tinjauan dokumentasi). Ini adalah tahap mula audit, auditor akan meninjau dokumen OHSMS Anda untuk mengenal organisasi kita dan prosesnya sebelum audit utama serta untuk meyakinkan dokumen Anda cocok dengan persyaratan ISO 45001.

Tahap Dua (audit utama). Audit utama ialah bagian terpenting dari audit sertifikasi. Selama fase ini, auditor sertifikasi akan mengerjakan wawancara dengan manajemen puncak dan karyawan serta meneliti proses Anda. Tujuan mereka ialah untuk menilai kepatuhan OHSMS Anda, tidak melulu terhadap persyaratan standar, tetapi pun terhadap konten dokumen kita yang telah dicek selama etape kesatu.

Apakah pelatihan dan sertifikasi ISO 45001 terdapat untuk kita sebagai seorang individu?

Lead Auditor Course ISO 45001.

Pelatihan ini memerlukan waktu lima hari dan memberi kita pengetahuan dan pemahaman mengenai persyaratan ISO 45001 serta kiat audit, daftar pengambilan sampel dan menemukan bukti sekitar audit. Pelatihan ini dapat memungkinkan kita untuk mengerjakan audit sertifikasi atas nama lembaga sertifikasi.

Training Internal Auditor ISO 45001.

Pelatihan ini seringkali memakan waktu dua atau tiga hari. Pelatihan ini adalah yang sangat sesuai untuk orang yang ingin melakukan audit internal dalam organisasi mereka sendiri.

Training Awareness and Implementation ISO 45001.

Pelatihan ini menyerahkan pengetahuan mengenai ISO 45001 dan bagaimana menerapkannya. Pelatihan jenis ini bisa bervariasi dalam panjang dan jumlah informasi yang disediakan. Dapat dilangsungkan dari satu sampai lima hari dan mencakup sekian banyak  materi pembelajaran dan cara pengajaran materi. Pelatihan seperti ini adalah yang sangat bermanfaat untuk orang yang ingin mendapatkan cerminan umum ISO 450001, atau mereka yang akan terjun dalam implementasi atau pemeliharaan OHSMS dalam sebuah organisasi. Pelatihan semacam ini dapat lebih efektif dari segi ongkos dibandingkan mengerjakan investasi dalam Lead Auditor Course untuk mereka yang hanya terlibat di level ini.

sumber : https://garudacitizen.com/sertifikat-iso/