Bagaimana Cara Memulai Membangun Tautan untuk SEO

Posted on

Ketika anda menelusuri informasi tentang SEO, dan Anda akan dengan cepat menemukan tiga tema besar yaitu: konten, pengalaman pengguna, dan tautan. Jika Anda baru memulai SEO, tema terakhir itu tampaknya akan jauh lebih membingungkan dan menantang daripada yang lain. Karena tautan tidak ada dibawah kendali anda.

Berikut gambaran umum singkat tentang dasar-dasar serta tips yang perlu ditindaklanjuti dan dapat membantu anda dalam membangun tautan SEO

search engine optimization

Apa yang dimaksud dengan “Building Links/membangun tautan”?

Pembuatan tautan adalah istilah yang digunakan dalam SEO untuk menggambarkan proses peningkatan jumlah tautan yang baik dari situs web lain ke situs Anda.

Mengapa tautan sangat penting? Mereka adalah salah satu kriteria utama (walaupun bukan satu-satunya!) Yang digunakan Google untuk menentukan kualitas dan kepercayaan halaman. Anda ingin tautan dari situs web terkemuka dan relevan untuk mendukung otoritas situs Anda di mesin pencari.

“Membangun tautan” adalah bahasa SEO umum, tetapi tetap layak dibahas lebih lanjut atau Anda mungkin mendapatkan ide yang salah tentang praktik ini. Google ingin orang-orang menautkan halaman ke luar dari kemauan mereka sendiri, karena mereka menghargai konten pada halaman itu. Google tidak ingin orang-orang menautkan ke halaman karena mereka dibayar atau diberi insentif untuk melakukannya, atau membuat tautan ke situs web mereka sendiri – jenis tautan tersebut harus menggunakan atribut “nofollow”. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pendapat Google tentang tautan dalam pedoman webmaster mereka.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa tautan ke halaman Anda adalah bagian penting dari SEO, tetapi Google tidak ingin Anda membayar atau membuatnya sendiri, jadi praktik “membangun tautan” sebenarnya lebih merupakan proses “menghasilkan tautan”

Bagaimana cara membangun tautan?

Jika Google tidak ingin Anda membuat tautan sendiri atau membayar untuk mereka, bagaimana cara Anda mendapatkannya? Ada banyak metode berbeda, tetapi kami akan mengeksplorasi beberapa dasar-dasarnya.

Analisis kesenjangan tautan

Salah satu metode populer untuk memulai membangun tautan adalah dengan melihat tautan yang dimiliki pesaing Anda tetapi Anda tidak. Ini sering disebut sebagai analisis backlink pesaing atau analisis kesenjangan tautan. Anda dapat melakukan salah satu dari ini menggunakan alat Link Intersect Moz Link Explorer.Link Intersect memberi Anda gambaran tentang strategi tautan pesaing Anda.

Penjangkauan email

Keterampilan yang pasti Anda perlukan untuk membangun tautan adalah penjangkauan email. Ingat, tautan ke situs Anda harus dibuat oleh orang lain, jadi untuk membuatnya terhubung ke konten Anda, Anda harus memberi tahu mereka tentang hal itu! di sini ada beberapa hal yang dapat membantu anda terhubung dengan orang lain

Buat koneksi yang tulus: Orang-orang jauh lebih cenderung membantu Anda jika mereka mengenal Anda. Pertimbangkan untuk terhubung dengan mereka di media sosial dan membangun hubungan sebelum Anda meminta mereka untuk tautan.

Tawarkan sesuatu yang bernilai: Jangan hanya meminta seseorang untuk menautkan Anda – beri tahu mereka bagaimana mereka akan mendapat manfaat!

Jadilah seseorang yang orang ingin tautkan: Sebelum Anda meminta orang lain untuk menautkan ke konten Anda

Kontribusikan keahlian Anda menggunakan layanan seperti HARO

Saat Anda baru memulai, layanan seperti Help a Reporter Out (HARO) sangat bagus. Ketika Anda mendaftar sebagai sumber, Anda akan mulai mendapatkan permintaan dari jurnalis yang membutuhkan penawaran untuk artikel mereka. Tidak semua permintaan relevan dengan Anda, tetapi waspadalah terhadap permintaan yang ada. Jika jurnalis menyukai pitch Anda, mereka dapat menampilkan kutipan Anda di artikel mereka dengan tautan kembali ke situs web Anda.