Bagaimana Cara Memilih Jam Tangan Yang Sesuai Dengan Ukuran Pergelangan Tangan

Posted on

Ketika seseorang membeli jam tangan, maka hal yang harus diperhatikan adalah tidak semua jam tangan memiliki ukuran yang sama. Meskipun strap jam tangan bisa diatur sesuai dengan ukuran tangan penggunanya namun ada baiknya memiliki ukuran yang pas dengan tangan. Karenanya sebelum membeli ada baiknya seseorang harus mengetahui bagaimana cara memilih jam tangan yang pas dengan ukuran pergelangan tangannya.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus atau perhitungan tertentu dalam mengukur dan menentukan ukuran jam tangan yang pas. Namun, ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh para pembeli pemula untuk mendapatkan jam tangan yang sesuai dan proporsional. Dengan mengikuti tips tersebut bisa menghindarkan para pembeli pemula melakukan kesalahan ketika membeli jam tangan.

Sebagai permulaan, jam tangan yang pas adalah jam tangan yang ketika dipakai tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Kemudian, selain hal tersebut, ada pula beberapa hal yang juga harus diperhatikan seperti ukuran casing, strap jam tangan, dan lainnya. Hal tersebut mungkin terlihat membingungkan, namun sebenarnya menemukan jam tangan yang pas sangat mudah dengan mengikuti hal berikut:

Bagaimana Cara Mengukur Pergelangan Tangan?

Sebelum seseorang bisa menemukan jam tangan yang pas sesuai dengan pergelangan tangannya, dia harus mengetahui ukuran pergelangannya dahulu. Setelah mengetahui ukuran tersebut, seseorang bisa memilih jam tangan yang pas dan sesuai dengan ukuran pergelangan tangannya. Bahkan dengan mengetahui ukuran pergelangan akan lebih memudahkan ketika seseorang membeli jam tangan secara online tanpa harus mencobanya.

Untuk menentukan ukuran atau mengukur ukuran pergelangan tangan, bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa tips berikut. Pertama ambil selotip atau selembar kertas yang flexible, kemudian lilitkan melingkari pergelangan tangan sehingga menjadi seperti strap jam tangan. Setelahnya, lihat dan tandai bagian kertas yang melingkar sesuai dengan ukuran pergelangan tangan dan diukur menggunakan penggaris untuk mengetahui ukurannya.

Memilih Jam Tangan Sesuai Dengan Ukuran Pergelangan Tangan

Melalui proses pengukuran tersebut maka bisa diketahui berapa ukuran jam tangan yang tepat yang sesuai dengan ukuran pergelangannya. Langkah selanjutnya setelah itu adalah menentukan jenis dan ukuran jam tangan yang pas dan sesuai dengan ukuran pergelangan tangan. Ketika menentukan ukuran jam tangan yang pas dan sesuai dengan hasil pengukuran diatas, ada baiknya mengikuti tips berikut ini:

Pergelangan Tangan Yang Sangat Tipis

Jika ukuran pergelangan tangan mempunyai ukuran yang sangat tipis, maka perlu memperhatikan proporsi jam tangan ketika akan membelinya. Sehingga jenis jam tangan dengan desain 38mm adalah pilihan terbaik yang sangat proporsional dengan pergelangan tangan yang sangat tipis.

Pergelangan Tangan Yang Ramping

Ukuran pergelangan tangan yang ramping adalah ukuran yang baik dan tepat untuk memilih jenis jam tangan yang juga berukuran ramping. Biasanya jam tangan dengan desain 40mm sangat cocok dan ideal bagi pemilik pergelangan tangan berukuran ramping.

Pergelangan Tangan Sedang

Bagi pemilik pergelangan tangan berukuran sedang, mereka bisa merasakan sebagai pengguna jam tangan yang paling beruntung. Hal tersebut karena ada banyak pilihan jam tangan yang pas untuk mereka, namun sangat disarankan untuk memilih yang berdesain 42mm.

Pergelangan Tangan Besar

Pergelangan tangan yang berukuran besar tentunya membutuhkan jenis jam tangan yang juga berukuran besar agar sempurna. Pilihan terbaik untuk mereka adalah jam tangan 44-46mm sehingga sesuai dengan proporsi ukuran tangan mereka.

Disamping beberapa tips diatas, hal yang juga mungkin bisa menjadi perhatian adalah pemilihan merk jam tangan yang akan dibeli. Ada berbagai merk jam tangan seperti jam tangan Casio, Seiko, Rolex atau merk lainnya memiliki berbagai pilihan jam tangan. Pilihan tersebut sangat beragam dan tentu saja terdapat pilihan yang sesuai dengan ukuran pergelangan tangan tiap orang.